Minggu, 28 April 2019

Suka Duka Nulis Buku Solo dan Duet, Keren Mana, Sih?


Suka Duka Nulis Buku Solo dan Duet, Keren Mana, Sih?

Di setiap langkah, selalu ada kisah yang bisa ditulis

Itu mungkin pas buatku, nggak tahu untuk yang lain. Masing-masing orang punya cara tersendiri di setiap momen spesial dalam hidupnya. Menjadikannya status, mendiamkannya di hati, membuatnya menjadi novel atau hanya terbuang percuma di pinggir jalan.

Ih, sayang banget kalau hanya berceceran di tempat yang tak semestinya. Salah satu caraku adalah menuliskannya di blog, di akun platform media online yang kusuka, dan mengirimkan ke media masa.  



Cara berikutnya menuliskannya menjadi buku (meskipun bukuku masih beberapa biji, hehe). Nggak sembarangan menulis karena kadang, ada juga yang berhubungan dengan kerjaan atau pesanan tulisan. Ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan dari sananya, hohoho.

Menulis buku, bisa dilakukan sendiri, duet ataupun rame-rame sama teman sekampung, eh sesama penulis lain. Ini seru banget, masing-masing punya keunikannya sendiri-sendiri. Suka dukanya juga banyak banget.

Lalu pertanyaannya, keren mana, nulis solo (sendiri) atau duet?
Ada keluh kesahnya di masing-masing pilihan ini guys. Mau tahu nggak? Meskipun ini versiku, mungkin sebelas duabelas sama yang lain.

1.    Nulis solo/sendirian

Buku gue baru 3 biji, hiks...

Dukanya banyak banget, haha. Nggak juga sih, jangan mikir nggak enaknya dulu. Nulis buku sendiri enaknya kita bisa menuangkan apa yang menjadi ide, konsep, alur, prolog, epilog dan lain sebagainya.

Kita bebas menentukan gimana alur ceritanya. Nama tokohnya, latar belakang, tempatnya juga. Mau lurus saja atau berbelok-belok. Mau jadi kisah yang tragis atau datar saja tapi menyentuh. Bebas jaya suka-suka kita.

Nggak enaknya, saat jenuh menghampiri. Ini sering banget kualami, hikss. Bisa-bisa kita nggak mood melanjutkan nulisnya. Padahal editor sudah mengejar-ngejar biar cepat kelar. Ini berat guys. Butuh ngopi dulu sama Kamu :p ^Sungguh dakuw jadi kangen Kamu ha...

Sebetulnya dengan jadwal yang jelas semua bisa kelar. Apalah artinya buatku yang menjadwal dan melanggarnya sendiri. Salut buat teman-teman yang sangat taat pada jadwal yang dibikinnya sendiri. Kalau aku, terus terang tanpa jadwal. Yang kuingat dan kucatat biasanya dateline-nya saja.

Dengan ingat-ingat si dateline ini mau nggak mau suka nggak suka, mood nggak mood, lagi kedingain atau kepanasan, lagi nggak ada duit atau ada duit, ish ish ish... Pas saatnya kelar, harus kelar! Pakai tanda penthung, penthungan kasti jaman SD haha.

Padahal, biasanya sih saat dateline seperti ini, nggak hanya satu dua dateline, ada dateline lain yang menunggu (walaupun bukan tentang buku semua). Ini sungguh berat, lelah hayati...

Dan menyelesaikan sebuah buku adalah kepuasan tersendiri yang tak bisa diungkapkan.

Asiknya lagi, royalti jadi milik sendiri dan orang lain yang membutuhkan. Bukannya begitu?

2.    Nulis duet

Buku duetku bersama sobat tercinta, Rien Milansi dan Arinda Shafa

Beda nulis sendirian beda lagi nulis duet. Apalagi duet bareng sahabat dekat. Ini sangat mengasikkan. Boleh dibilang nggak ada dukanya.

Ide bisa saling sharing, bisa tukar pendapat. Seharian chat beberapa kali untuk membahas projek menyenangkan ini.

Kalau beda pendapat sih menurutku nggak begitu terjun bebas. Masih bisa disamakan dengan gaya penulisan masing-masing. Asal tema, rangkaian ceritanya sudah ada, beres deh.

Yang paling menyenangkan, saat malas dan seterikaan segunung. Tulisan nggak tergarap maksimal. Malas melanda, acara kondangan bertubi-tubbi, PKK, RT-an dan lain sebagainya urusan emak-emak. Yang nggak bisa diganggu gugat.

Si pahlawan adalah partner duet!

Teman duet bisa jadi penyemangat yang sangat berarti. Pokoknya jadi full power. Begitu pula sebaliknya. Ketika partner lagi bingung apalagi yang mau ditulis, gantian kita yang kasih support dan gula teh ^eh... tiada habisnya.

Kerennya lagi kalau seperti ini, bisa-bisa tulisan cepat kelar hanya dalam hitungan hari. Apalagi dikejar-kejar editor. Wuih, pokoknya bisa gerak cepat trengginas secepat badai. Mbuh deh, pokoknya jadi saja, kalau niatnya sudah di ujung tanduk.

Dan mampu menyelesaikannya adalah hal terindah guys. Bisa tidur nyenyak semalaman. Sebelum dikejar-kejar yang lain lagi. Tentu, royaltinya dibagi dua juga sama teman duet kita. Perjuangan berdua, sangat layak bukan kalau hasilnya dibagi dua juga?

Di antara keduanya, mana yang keren sih?
Kedua-duanya keren banget.

Mau solo, mau duet sama-sama keren. Menulis duet itu melenyapkan ego yang muncul menjadi sebuah kisah tanpa jarak.

Menulis solo harus bisa menjaga semangat agar tulisan yang dibikin sampai jadi. Sampai tamat dan finish.

Coba cek, berapa tulisanmu yang hanya sampai setengah, satu paragraf atau 3 lembar saja. Banyak, hihihi, sama kok banyak sekali tulisan nggak kelar yang harus coba diselesaikan. Dipaksa untuk kelar. Kalau nggak, sebuah momen hidup mungkin hanya jadi cerita berceceran yang sayang untuk dibuang, disimpan juga menuhin file.

Pertanyaannya sih, berapa file yang hanya jadi file tanpa akhir di laptopmu? Selesaikan yuk hingga tuntas...

Baca juga:

22 komentar:

  1. Aaaihhh jadi semangat nyelesein naskah mbak. Hihi. Apa kabar naskah solo yg mangkrak *heuu kesindir

    BalasHapus
  2. Sudah lama saya pingin buat buku, entah novel, atau perjalanan hidup atau apalah tapi masih belum bisa. Punya solusi enggak buk widya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya langsung ditulis Mas. Jangan hanya pingin, eh ntar kapan jadinya kalau ngak ditulis2, hayo :)

      Hapus
  3. Kebayang sih serunya bikin buku duet, trus seperti di film-film itu, saling berbalas "dialog" di dalam buku. Hehe..

    BalasHapus
  4. Wah.. Pengen bisa nulis buku, tapi kok masih banyak tapinya.. Hihi... Harus banyak belajar dulu nih..

    BalasHapus
  5. Duh, naskah solo ku ada yang belum diteruskan lagi,naskah duet juga mangkrak karena kami sama-sama sok sibuk huhu..

    BalasHapus
  6. Wow, ternyata sudah banyak buku lahir dari tangan dingin kak Wahyu .., sukses ya kak.

    Menurutku, bikin buku secara duet ada sisi untungnya juga ya, dapat nambah kosakata atau juga pengembangan cerita.
    Tapi ya itu .. , kudu sama-sama berkepala dingin membahas dan menyelesaikan finishingnya.

    BalasHapus
  7. Buku solo ku juga baru 3 biji..itupun indie ..hehe.. Antologi ada beberapa tapi blm pernah nulis duet nih.. jadi pengen nyobain.. Duet nulis yuk mba... #eh..hehe..

    BalasHapus
  8. Kereeen bias bikin buku solo....saya juga pengen..:)

    BalasHapus
  9. "tulisan terbaik adalah tulisan yang diselesaikan", katanya sih begitu hihi. ntar kalo ada buku baru, siaran yuk sama aku, mba

    BalasHapus
  10. Waaah mbak wahyu keren..sudah ada 3 biji buku solo dan next project buku duet..semoga dilancarkan prosesnya ya mbak...semangat :)

    BalasHapus
  11. Masyaallah... jadi makin semangat nulis solo nih... meskipun keknya masih terbit indie dulu *tutupmuka*

    AKu pernah mau bikin proyek nulis duet, tapi sampai sekarang belum terlaksana. Rencananya mau nulis tentang perjuangan ngapalin QUran dari temanku dan teman pondoknya.. tapi narsum kebanyakn di Semarang, dan temanku itu sekarang kuliah di Jepang :D Semoga kelak ketemu jalannya buat nulis ;)

    BalasHapus
  12. Mba Wahyu keren loohh produktif gitu. Aku belum punya buku duet mba, apalagi solo. HIhiiii... pengin bisa gitu. Selama ini masih antologian doank dan baru satu buku nulis bertiga dengan Aan dan Wuri.

    BalasHapus
  13. Keren mba Wid, aku kebayang pusing nya kalo dikejar-kejar editor. Dulu aja mundur teratur waktu ditawari bikin naskah sinetron kejar tayang, hahahaa

    BalasHapus
  14. Mba aku jadi pengen duet ama kamu hahaha
    ayok kapan mba, nulis anak ajarin dong hahaha aku bisanya remaja

    BalasHapus
  15. Keren bgtt mba bisa punya buku, nulisnya aja susah blm lg harus nyari penerbit yg mau. Wah salut deh sama mba

    BalasHapus
  16. Keren semua menurutku apalagi aku ga punya nyali jd penulis. Cukup dblog aja dah hihi

    BalasHapus
  17. Pingin konsisten bikin buku Solo masih diawang2. Dulu ditawarin duet sama mbak Dian Kristiani aja aku skip..huhu. takut ga konsisten target...
    Harus banyak belajar dari mbak Wahyu nih..

    BalasHapus
  18. sudah dua tahun off nulis buku, masih tertatih-tatih ngetik buku, banyak gagal fokus juga sih....

    BalasHapus
  19. saya biasanya nulisnya rame2 sama anak2 STM..
    nulisnya di pager rumah orang tapi

    BalasHapus
  20. Salam kunjungan dan follow :)

    BalasHapus