Selasa, 17 September 2019

Inilah Penyakit Kulit Pada Bayi yang Harus Anda Ketahui


Inilah Penyakit Kulit Pada Bayi yang Harus Anda Ketahui

Bayi sangat rentan sekali mengalami masalah kulit karena kulit bayi masih sangat sensitif. Lantas, apa saja masalah kulit yang terjadi pada bayi yang paling umum, dan bagaimana cara mengatasinya?
 
penyakit kulit pada bayi
Baby Hero


Masalah kulit yang biasa terjadi pada bayi umumnya tidak membahayakan dan mudah ditangani di rumah. Berikut ini ada berbagai masalah kulit pada bayi yang paling umum terjadi.

Ruam Popok
Ruam popok merupakan penyakit kulit pada bayi yang paling umum terjadi. Kondisi seperti ini ditandai dengan iritasi kulit merah mengkilap dan juga terasa gatal di area bokong yang tertutup popok. Penyebabnya yaitu karena popok basah atau jarang ganti popok.

Gesekan antar kulit bayi dan bahan kain popok inilah yang bisa menyebabkan ruam. Ruam popok ini bukanlah sebuah kondisi yang serius. Tapi jangan juga dibiarkan karena bisa berkembang menjadi infeksi jamur ataupun infeksi bakteri.

Cara mengatasinya:
Gunakan krim pelembab ataupun lotion yang mengandung zinc. Hal ini untuk meredakan ruam kulit, serta untuk mencegah iritasi semakin parah.
Pastikan juga Anda menjaga area bokong bayi supaya tetap kering untuk mencegah ruam popok muncul kembali. Biarkan dulu bayi Anda sejenak tanpa menggunakan popok setelah dia bangun tidur.

Jerawat
Penyakit kulit pada bayi berikutnya yaitu jerawat. Jerawat pada bayi biasanya akan muncul di pipi, hidung, atau dahi dalam waktu satu bulan sejak bayi lahir. Jerawat bayi ini bisa hilang dengan sendiri biasanya tiga sampai empat bulan setelah kemunculannya. Jadi, disini Anda tidak perlu khawatir karena jerawat hanya muncul sementara.

Cara mengatasinya:
Cucilah wajah bayi Anda dengan air dan berikan pelembab khusus untuk bisa mengatasi jerawat pada bayi. Hindari pemakaian obat jerawat yang digunakan untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Eksim
Eksim merupakan salah satu masalah kulit pada bayi yang paling sering terjadi. Eksim ini bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering, merah dan juga terasa gatal. Biasanya eksim ini muncul di wajah bayi, siku, dada, ataupun lengan bayi.

Penyakit kulit pada bayi ini umum terjadi karena reaksi alergi terhadap sabun, lotion, atau bahkan deterjen untuk mencuci pakaian bayi Anda.

Cara mengatasinya :
Eksim pada bayi ini tidak ada obatnya. Namun, pada umumnya bisa dikendalikan dengan baik dan akan hilang setelah beberapa bulan atau tahun. Perawatan yang paling efektif yaitu untuk mencegah kulit menjadi kering dan gatal. Serta dengan menghindari pemicu yang menyebabkan kondisi kambuh.

Kulit Kering
Kulit bayi yang kering sampai bersisik merupakan masalah yang cukup umum terjadi. Beberapa bayi bahkan juga bisa sampai kulitnya mengelupas karena terlalu kering. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kulit bayi terlihat kering. Misalnya, suhu lingkungan yang panas kering ataupun justru terlalu dingin sehingga bisa menyebabkan kulitnya kehilangan cairan.

Hal yang paling sering menjadi penyebab penyakit kulit pada bayi, yaitu kulit kering ini karena mandi atau main air terlalu lama. Sabun mandi yang biasadigunakan juga bisa jadi penyebab kulit bayi kering.

Cara mengatasinya :
Jangan mandikan bayi terlalu lama. Setelah memandikan bayi, maka sebaiknya biasakan untuk mengoleskan pelembap untuk bayi agar kelembapan kulitnya terjaga. Pastikan juga kalau si kecil mendapatkan cukup cairan.

Jika masalah penyakit kulit pada bayi ini tidak kunjung hilang dan menetap dalam waktu lama sehingga membuat Anda bisa khawatir. Maka segeralah kunjungi dokter. Dokter bisa mencari tahu apa penyebab pastinya dan juga mencarikan perawatan yang tepat sesuai kondisi anak Anda.

2 komentar:

  1. duh kasian yang klo sampe kena eksim.. agak lama sembuhnya dan gak ada obatnya

    BalasHapus
  2. Penyakiiiiit kulit emang paling ngeselin siiiiih. Untuk bayi apalagi, kebayang risihnya, pasti rewel langsung ._.

    BalasHapus