Kamis, 10 Oktober 2019

4+ Cara Merawat Rantai Motor Dengan Mudah


4+ Cara Merawat Rantai Motor Dengan Mudah

Motor tentu harus dilakukan perawatan dengan rutin termasuk pada bagian rantainya. ini dia cara merawat rantai motor yang bisa anda lakukan.
rantai motor
Foto by yamaha-motor.co.id

Sangat penting bagi para pengguna sepeda motor untuk bisa melakukan perawatan. Rantai motor menjadi salah satu bagian yang memang harus dilakukan perawatan dengan rutin. Karena, merupakan bagian sangat penting untuk laju kendaraan. Jika rantai dalam keadaan buruk, maka berbagai macam persoalan bisa saja terjadi.

Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa perawatan pada rantai itu tidak penting. Selama, motor masih bisa berjalan sebagaimana mestinya. Mungkin, banyak dari anda yang tidak menyadari hal ini. Padahal, perawatan rantai itu penting sebelum terjadinya masalah. Hal ini juga berguna untuk membuat kendaraan berjalan dengan aman. Bagaimana cara merawat rantai motor? Simak ulasan lebih lengkapnya ada pada artikel di bawah ini.

Beberapa Cara Merawat Rantai Motor
Untuk melakukan perawatan pada rantai motor, maka diperlukan beberapa cara. Berikut ini cara yang bisa digunakan:

Bersihkan Rantai
Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan membersihkan rantai. Tidak bisa dipungkiri, jika motor sering dipakai maka dapat menyebabkan berbagai macam kotoran terdapat pada rantai. Untuk itu, diperlukan pembersihan agar rantai nyaman digunakan pada motor. Jika tidak dilakukan pembersihan, bisa menyebabkan rantai menjadi cepat rusak.

Cek bagian dari rantai dengan membuka penutup rantai motor. Hal ini berlaku bukan untuk motor matic. Lalu, bersihkan dengan menggunakan kuas ataupun alat lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan. pastikan tidak ada kotoran yang terdapat pada rantai.

Menggunakan Pelumas Rantai
Agar motor anda tetap nyaman digunakan, maka bisa menggunakan pelumas rantai. Pelumas tersebut memiliki fungsi untuk membantu kinerja dari rantai menjadi lebih baik. Terutama, dalam perputaran pada gear menjadi lebih tepat. Dengan begitu, membuat rantai menjadi lebih kuat dan nyaman digunakan.

Sebaiknya, untuk penggunaan pelumas ini bisa setiap minggu. Terutama, jika motor sering digunakan dalam sehari-hari. Maka, diharuskan untuk melakukan pemberian pelumas secara rutin. Jangan sampai terlambat untuk memberikan pelumas pada rantai!

Kencangkan Rantai
Penting! jika dirasa rantai sudah tidak kencang, maka harus dikencangkan kembali. Rantai yang tidak kencang sangat berbahaya untuk digunakan dalam keperluan berkendara anda. Karena, bisa menyebabkan berbagai persoalan terjadi.

Bahkan, bisa menyebabkan rantai menjadi tidak tepat pada gear. Akibatnya, motor bisa berhenti secara mendadak. Hal seperti ini sangat fatal jika terjadi pada anda. Untuk itu, cek dan lakukan pengecenangan pada rantai sepeda motor anda. Jika diperlukan, bisa membawanya ke bengkel motor untuk lebih pasti dalam memperbaikinya.

Gunakan Rantai Asli
Apakah anda sudah menggunakan rantai yang asli? Jangan pernah gunakan produk yang sembarangan. Karena, belum tentu untuk kualitas yang ditawarkan sesuai pada keperluan motor anda. Disarankan, untuk tetap menggunakan rantai yang asli.

Penggunaan produk yang asli juga membuat posisi dari rantai dan gear menjadi lebih tepat. Perpindahan transisi yang dilakukan semakin lebih aman. Dibandingkan menggunakan produk lainnya yang kurang tepat. Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah, namun kualitasnya bisa saja tidak baik. Lebih baik menggunakan produk asli, meskipun mahal tetapi berkualitas!

Itulah cara merawat rantai motor yang bisa anda gunakan. Tidak sulit untuk merawat rantai dari motor agar tetap baik. Jadi, jangan sampai lupa untuk tidak melakukan perawatan. Dijamin, motor akan tetap nyaman dan aman untuk digunakan!

0 komentar:

Posting Komentar