Selasa, 21 April 2020

Tentang Covid-19, Biar Anak Mau Pakai Masker


Tentang Covid-19, Biar Anak Mau Pakai Masker

Awalnya, nggak kupikirin juga nih yang namanya masker. Hawong tinggal pakai saja. Apa sih susahnya, masalahnya apa coba? Hihihi, nggak ada kan, ya? Lagipula masker ini memang wajib dipakai selama pandemi corona masih berlangsung. Ya, tentang covid-19 yang masih gentayangan di sekitar kita. Pakai masker, agar lebih aman.

masker saat covid-19


Nggak Mau Pakai Masker

Tapi ternyata, permasalahan muncul. Nggak mudah juga membuat anak mau pakai masker. Ini aku alami guys. Si covid-19 yang masih merajalela, masker menjadi kebutuhan yang sangat penting. Tentunya sudah tahu kabar masker kesehatan yang mendadak hilang dari peredaran dan langka. Ada juga harganya melambung. Akhirnya, sekarang untuk umum dianjurkan memakai masker kain.

Itu juga yang kulakukan. Masih nyimpen beberapa masker khusus kupakai kalau harus ke rumah sakit antar ortu kontrol. Untuk keseharian, yang kupakai masker kain. Begitu juga yang kubilang sama kedua krucilsku yang lucu.

Si kecil sih manut saja. Karena selalu di rumah, ya masker malah buat mainan. Namanya juga anak-anak, xixixi.

Sedangkan anak mbarep membuatku putar otak supaya mau memakai masker. Sudah kelas 3 SMP kupikir ya nggak masalah hanya untuk memakai masker. Nyatanya malah bikin aku harus tepuk jidat beberapa kali.


Banyak Alasan

Katanya sih:
-       Maskernya nggak enak. Ya kan bukan makanan kalik yeee hihihi.
-       Warnanya norak, Buk, malu, aku kan cowok. Uluh-uluh…
-       Nggak bisa nafas. Hadeh!
-       Baunya nggak enak banget sih, Buk…. Aku kasih parfum, terlalu wangi, nggak betah. Kusemprotin pewangi baju buat setrika, malah batuk-batuk. Kukasih minyak telon, ngakak dia, haha.
-       Nggak keren katanya. Ampun, deh, lebih baik nggak pakai masker demi keren gitu, Nak?

Adududuh, ada saja alasan si krucil ini. Padahal, dia yang bantuin emaknya kalau sedang ribet dan rempong di dapur. Kuminta belanja dan beli ini itu kalau kekurangan bahan pangan dan apapun di rumah.

Jadi masker sangat penting buatnya. Walaupun secara aku hidup di kampung. Alhamdulillah, kehidupan masih berjalan seperti biasa. Semoga selalu begitu, amin. Tapi, jaga diri, jaga kesehatan harus, kan?


Lalu, Biar Mau Pakai Masker Diapain, Ya?

Akhirnya, biar mau pakai masker aku bilang manfaat masker ketika covid-19 masih merajalela gini. Saat ada orang bersin atau batuk, nggak mengenai kita. Atau, kena mulut ataupun hidung. Tentunya lebih bersih. Lagipula, kalaupun dia batuk, keselek, bersin atau apapun secara mendadak nggak nyebar kemana-mana.

Kupikir kalimatku standar saja, pastinya dia sudah tahu itu. Hanya saja kata-kata seorang ibu semoga membuatnya sadar pentingnya masker di saat seperti ini.

Dan masih ngeyel, nggak biasa katanya. Ya dibiasakan. Biasa karena belum terbiasa. Kalau dibiasakan, beres, kan?

Akhirnya nggak ada alasan lagi untuk nggak pakai masker. Setelah kukasih masker dari bahan lembut, warna dia suka, dan nggak pengap saat dipakai. Ada yang ngerasain juga anak nggak mau pakai masker? Tulis di komentar, yuk.

Hari ke-2 #BPNRamadan2020

13 komentar:

  1. Kalau anakku mungkin sering lihat aku pakai masker kalau naik motor, tapi ada juga masker yang nggak mau karena 2 layer hahaha, maunya masker ukuran balita ada dan pas

    BalasHapus
  2. ribet juga ya ngebujuk anak kecil.. selain kita jelasin, juga harus kita kasih yg bahannya nyaman :)

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  3. Yahh namanya juga anak-anak ya Mbak, pakai masker aja harus diturutin maunya gimana, hehe.

    Kalau anak saya, karena dia tiap hari berkendara memang sudah terbiasa pakai masker. Nah, yang bikin shock kemarin tuh waktu masker tiba-tiba menghilang dan setelah muncul lagi harganya gila-gilaan. Akhirnya kami membeli masker kain yang bisa dicuci ulang :)

    Semoga pandemi segera berlalu ya Mbak, supaya aktifitas kita bisa normal lagi seperti semula :).

    BalasHapus
  4. Aku sendiri gak suka pake masker. Sudah nafas dan kaca mata berembun haha.. tapi..setelah kulaksa diri demi jaga kesehatan diri maupun org lain, skg sudah mulai terbiasa..hehe..

    BalasHapus
  5. Beliin yg gambar kartun unyu2 gitu mb..anakku jg suka komen sesak napas klu pk masker. Tp so far mau juga sih pk.

    BalasHapus
  6. Kritis ya mbak anaknya hehehe... Harus dijelasin dengan bahasa anak-anak yang mudah dipahami...

    BalasHapus
  7. Aku sempet mikir waah bakal susah nih edukasi anak2 untuk pake masker, tapi ternyata alhamdulillah bisa gampang banget... Apalagi kalau anak2 nonton ilustrasi animasi ttt covid 19

    BalasHapus
  8. Sama mbak anakku yg kecil susah banget disuruh pake masker. Sampe akhirnya aku pesen masker custom di nyi dia pilih motifnya sendiri akhirnya baru mau pake walaupun blm tahan lama juga hahahah

    BalasHapus
  9. itu mbak, anak ku suka pake masker nya dijalan aja, begitu sampek tempat tujuan malah dipelorotin, padahal kan yang paling penting itukan tetap memakai masker ditempat tujuan apalagi ketika tempat itu tempat berkumpulnya orang- misalnya Warung sayur dipojokan Alfamart. sampek ngomel emaknya ini mbak..

    BalasHapus
  10. Sama Mbak... Anak2 tuh memang y, bikin gemeeees!

    Tiap dikasih tahu, 'iya-iya' tapi sebentar kemudian sudah lupa 😁 anakkku awalnya juga nggak mau pakai masker, akhirnya aku beli yang gambarnya lucu, jadi mau deh

    BalasHapus
  11. Pengalamanku, motif masker anak yang unyu-unyu sukses membuat mereka kepo dan akhirnya mau memakainya, mbak. Thanks sharingnya ya

    BalasHapus
  12. Lucu ya si mbarep, ada aja alasannya. Tapi bener sih aku awalnya juga agak pengap karena dari dulu kalo naik motor tuh jarang pakai masker. Alasanku waktu itu naik motor gak sampai 10 km ngapain pakai masker.

    Eh sekarang aku memaksa diri untuk mau pakai masker karena nggak mau menularkan atau ketularan covid

    BalasHapus
  13. Iya paling susah emg membiasakan anak ut pake masker apalagi yang masih balita. Kalo yang dah usia sekolah dah bisa ngerti ya

    BalasHapus