Kamis, 07 Mei 2020

7 Ide Keren Saat Puasa, Nomor 5 Nambah Income


7 Ide Keren Saat Puasa, Nomor 5 Nambah Income


Puasa bukan berarti malas melakukan kegiatan apapun. Mengurangi kegiatan semampu kita. Untuk aktifitas lain, tetap bisa jalan seperti semula. #dirumahaja seperti ini karena pandemi covid-19, harus cerdas mencari kegiatan yang menyenangkan supaya tak lekas bosan.

7 Ide Keren Saat Puasa, Nomor 5 Nambah Income

Banyak ide kalau hanya ide doang kayaknya nggak berguna. Ini pernah kualami juga. Idenya bejibun, tapi tak ada satupun yang dilakukan. Ya nggak ada hasilnya. Punya ide kalau didiamkan, bakal ditelan angin.

Langkah ke 1000 nggak bakal tercapai kalau satu langkah awal saja nggak dilakukan.

Ide memang penting. Hanya sekedar penting. Tanpa ide sesuatu susah terlaksana. Melakukan ide tersebut, itu lebih penting. Terkadang, ide muncul saat kita melakukan sesuatu. Hmmm, mungkin agak membingungkan, ya.

Intinya, ide nggak bakal menjadi apapun tanpa kita melakukan ide tersebut.

Nah, kembali lagi ke puasa dan hubungannya sama ide. Banyak kegiatan bisa dilakukan ketika puasa. Ide doang, nggak perlu. Ide dan lakukan. Itu lebih penting. Apa saja versimu? Ini lho versiku:

1.    Membaca
Seringkali membaca buku lawas yang pernah dibaca itu mengasyikkan. Entah kenapa, senang aja gitu. Apalagi buku favorit. Lima sekawan, Trio Detektif adalah buku-buku jaman SD yang sampai sekarang masih sering kubaca. #dirumahaja nggak identik dengan diam saja, lho.

2.    Memasak
Kegiatan keren menjelang berbuka ini biasanya dilakukan para ibu rumah tangga. Biar nggak membosankan, ya cari menu baru. Bisa gugling ataupun berkreasi sendiri. Tentu, yang murah, meriah, tapi tetap bergizi baik.

3.    Berkebun
Sebetulnya aku nggak begitu suka, hihihi. Tapi ada keponakan yang suka berkebun. Nah aku sering nimbrung. Padahal, aku paling suka banget lihat yang ijo-ijo. Nggak sabar saja kalau harus menyiram dan memupuk gitu guys. Tapi ini bisa jadi alternatif terbaik saat #dirumahaja.

4.    Melukis
Hobi lama yang sampai sekarang masih kulakukan ya melukis. Doodle gitu, sih. Coretan nggak karuan yang mengasyikkan. Tapi ini tergantung banget sama mood. Kalau nggak, bisa-bisa ambyar hasilnya. Biasanya kujadikan latar quote untuk posting di instagram.

5.    Menulis
Inilah yang kulakukan selama #dirumahaja. Meskipun platform media tempat aku biasa nulis berita online juga sedang kena lockdown karena pandemi covid-19. Menulis kayaknya sudah jiwaku banget. Saban hari selain menulis blog, aku nulis cerita bersambung, buku dan beberapa naskah yang belum kelar dari kemarin-kemarin. Hadeh, begitulah... Dan kegiatan menulis ini menghasilkan income. Menarik sekali, kan?

6.    Jualan online
Ini juga kulakukan. Jualan jasa nulis artikel, atau nulis apa saja yang kubisa. Selain itu juga jualan yang bukan jasa. Aku sih masih bertahan jualan brownies, hihihi. Eh, ini juga dapat duit, menambah pendapatan.

7.    Bikin kruistik
Butuh kesabaran ekstra tinggi untuk menyelesaikan sebuah kruistik. Terlebih ukurannya besar. Itulah tantangannya! Berkali-kali aku menyelesaikan pembuatan kruistik ini. Dari ukuran kecil hingga besar. Dan, ini perjuangan banget, haha. Buat yang pernah merasakannya pasti sepakat kalau bikin kruistik memang butuh nyali kuat. Eh, nggak ada hubungannya, ya.

Ide keren hanya menjadi ide saja kalau nggak dilakukan. Semoga saja ide tersebut mampu membuat puasa makin semangat. Sebetulnya ke 7 ide di atas kalau dilakukan dengan sepenuh hati bisa mendatangkan duit semuanya. Tergantung bagaimana cara kita mengkreasikannya hingga menarik untuk dijual.

Sebuah ide menjadi luar bisa ketika kita melakukannya dengan tulus dan sepenuh hati. Nah, itu dia 7 ide selama puasa versiku, mana versimu?


Hari ke 18 #BPNRamadan2020

0 komentar:

Posting Komentar