Selasa, 13 April 2021

7 Persiapan Menjelang Ramadan. Nomor 5, Cek

                                          7 Persiapan Menjelang Ramadan. Nomor 5, Cek

 

Pernah tidak mengalami kejadian pas mau sahur mau goreng lauk, eh kompornya malah ngadat, tidak mau nyala. Setelah cek sana sini ternyata gas juga habis. Lihat cadangan tabung gas, eh, ternyata kosong pula. Pilu .... Kejadian lain, saat mau makan sahur, buka majic com nasi masih berupa beras. Ternyata beras yang dimasak menjelang tidur, lupa dipencet tombol cook-nya. Nangis bombay, deh, antara mau marah dan panik wkwkwk ....  Pernah? Pernah? Pernah?

Ramadan, Tips


Guys, Ramadan sudah di depan mata. Banyak kenangan akan Ramadan mendadak muncul di kepala. Mulai dari kenangan menyenangkan, menyedihkan hingga serba serbinya yang tak bakal luntur oleh waktu. Nah, agar drakor di atas nggak terulang kembali, kita butuh persiapan khusus. Khusus bagaimana? Yuk, cek 7 persiapan yang biasa kulakukan.

 

1.    Selalu Sedia Makanan Kesukaan Anak

Ramadan, Tips, Nugget
Nugget hasil uplek dapur (Foto: Dokumen pribadi)


Tahu kan kesukaan anak zaman sekarang? Si kecil paling suka makan nugget dan sosis. Untuk nugget aku selalu bikin sendiri dalam jumlah banyak dan disimpan dalam freezer. Aku menggorengnya hanya pada saat-saat tertentu saja dan secukupnya. Yang penting, makanan selalu tersedia. Namun, tidak boleh kebanyakan, apalagi saat sahur. Si kecil yang masih duduk di kelas 5 SD sudah tidak sulit untuk bangun sahur, makanan yang tersedia haruslah yang menarik minatnya.

 

2.    Menyediakan Stok Sayuran di Kulkas

Ramadan, Tips, Sayuran
Sedia sayur (Foto: Dokumen pribadi)


Sekali berbelanja untuk persediaan beberapa hari memang lebih praktis dan menghemat pengeluaran. Cara ini juga bisa membuat kita memadupadankan satu jenis sayuran dengan yang lain untuk beragam menu. Jadi, satu ikat sayuran tidak harus dimasak semua. Sebagian saja. Sisanya, bisa untuk dimasak menu lain. Sangat hemat dan praktis, bukan?

 

3.    Menyediakan Makanan Dikukus atau Digoreng

Biasanya, bulan Ramadan membuatku menyiapkan beberapa lauk sekaligus biar masak dan repotnya juga sekaligus. Misalkan aku bikin tahu dan tempe bacem agak banyak sekalian, lalu kusimpan di kulkas agar bisa digoreng seperlunya saja. Begitu juga dengan ungkep ayam. Jadi, saat butuh, aku tinggal ambil seperlunya. Lebih praktis, hemat pengeluaran, dan hemat tenaga.

 

4.    Masak Nasi Sekalian untuk Keperluan Sahur

Cara ini menuntut kita dapat memperkirakan dengan baik karena kadang nasi bisa habis begitu saja. Namun, kadang juga tanggung. Dirasa kayaknya cukup, ternyata tidak cukup. Jadinya, ya, masak lagi. Belajar dari pengalaman menyedihkan sekaligus berharga ketika pernah lupa memencet tombol masak, sebisa mungkin aku masak nasi sekalian untuk sahur. Tidak mengapa dilebihkan sedikit.

 

5.    Bikin Sambal Dalam Jumlah Banyak, Buat Apa?

Ramadan, Tips, Sambal
Sambal (Foto: Dokumen pribadi)


Cek! Ini memang aneh, tetapi ternyata praktis banget ketika Ramadan datang. Saat bikin sambal, buatlah agak banyak sekalian. Jika tak habis, taruh di dalam kulkas. Untuk apa? Bisa dipanaskan agar dapat langsung dimakan dengan tempe goreng atau buat bumbu lain. Bikin oseng, misalnya. Tambahkan saja geprekan bawang putih. Praktis dan rasa dijamin tetap enak. Bikin nasi goreng juga bisa pakai sisa sambal ini, guys. Swear, deh, praktis.

 

6.    Sediakan Telur

Aha, telur adalah pilihan bahan makanan saat tak ada ide menu lain. So, aku selalu sedia telur mentah di kulkas. Saat semua simpanan bahan makanan habis, telur menjadi pilihan paling utama. Ada yang kayak aku nggak, sih? Hihihi ..., sini merapat.

 

7.    Selalu Sedia Tabung Gas Cadangan

Tahu, kan, buat apa?

 

Begitulah guys, sedikit ribet di awal. Namun, selanjutnya sangat membantu biar kerempongan tidak terjadi. Keluarga juga aman dan asupan makanan sehat tetap terkondisikan dengan baik. Bulan Ramadan bisa dilalui dengan bahagia tanpa ada drama-drama nangis bombay pilu waktu sahur datang. Semoga Ramadan tahun ini makin berkah, ya. Selamat menjalankan ibadah puasa.

 

#ODOA

#KELASMENULISARTIKEL

#INDSCRIPTBUSINESSWOMANUNIVERSITY

Day 1 (Ed. Haeriah Syamsuddin)


Baca Juga: 

Arti Mimpi Hamil

3 Kata Ajaib

Menjadi Anak Generasi Maju dengan Membaca

0 komentar:

Posting Komentar