Jumat, 11 Oktober 2019

Hanya dengan Mebo dan Mederma, Cara Mudah Atasi Luka Bakar Ringan dan Bekas Luka


Hanya dengan Mebo dan Mederma,
Cara Mudah Atasi Luka Bakar Ringan dan Bekas Luka

Sreng dan ups!
Menu cumi dan teman-temannya menjadi drama di pagi buta karena cipratannya mengenai tangan dan muka. Ini nggak sekali dua kali tapi sudah beberapa kali kejadian. Tiap menggoreng berjenis ikan, yang terjadi adalah drakor, eh drama keseruan si emak ambil odol di kamar mandi dan langsung mengoleskannya di bekas luka. Awalnya dingin enak dan ces gitu makin lama panas menggelora.

mebo mederma combiphar



Keseruan yang nggak banget deh kalau diingat. Antara malu tapi juga geli sendiri. Mau ngakak gitu kok ya takut dosa, begitulah. Berkat ikut acara Mebo Mederma Women’s Community pada hari Minggu, 29 September 2019 di Noormans Hotel Semarang bersama Combiphar, aku jadi melongo tak berkesudahan.

Kenapa? Karena ternyata nggak hanya aku saja penggemar odol untuk mengoleskan ke luka bakar ringan kena percikan minyak goreng. Ada puluhan ibu-ibu juga yang melakukannya. Ada yang pakai kecap hingga tepung. Memangnya mau bikin menu apa mak? Hihihi, mitos di jaman milenial gini bikin tak habis pikir, kan?

Dalam acara keren bertajuk “Regret Comes Later” Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar Ringan, membuatku melek atas mitos yang tak benar. Ibu Dyah Pari Koening, yaitu Manager Activation PT. Combiphar, mengungkap bahwa kejadian luka bakar ringan seringnya terjadi dalam rumah. Saat sibuk beraktifitas. Dan, siapa lagi kalau bukan emak-emak di dapur. 

mebo mederma combiphar
dr. Erythrina permata Sari, SpBP-RE

 Menghadirkan pakar spesialis estetis dan rekonstruksi bedah plastik, dr. Erythrina permata Sari, SpBP-RE, membuat acara tentang mitos dan fakta ini menarik. Hatiku juga terbuka super lebar. Oh ternyata begini dan begitu.

Karena ternyata banyak kejadian kasus luka bakar di Indonesia ini sebanyak 69% terjadinya di rumah. Ya kayak kuceritakan di awal tadi. Kena percikan minyak saat menggoreng, terkena api, karena kompor bermasalah, terkena air panas, juga uap air panas.

Eh, guys, tahu nggak sih apa itu luka bakar?
Luka bakar adalah kejadian karena terkena sesuatu yang suhunya terlampau ekstrem. Bisa terlalu panas ataupun terlalu dingin hingga merusak jaringan.  Mungkin tak banyak yang tahu, kalau luka bakar paling ringan malah yang paling sakit lho.

Apa yang dilakukan jika terjadi luka bakar yang tak diinginkan ini?
Saat terjadi drama kena luka bakar ini, yang pasti jangan panik dan bingung. Dengan lebih tenang, semua bisa terkondisikan lebih baik. Nah, tak banyak yang tahu kalau penyembuhan luka bakar ringan ini tergantung saat pertolongan pertama.

Inilah 4 Jam pertama yang sangat penting:
1.    Langsung melepas baju orang yang terkena luka bakar. Supaya mempersingkat lama kontak dengan baju.
2.    Langsung didinginkan dengan air bersih suhu normal, supaya panas tak menempel terlalu lama.
3.    Segera keringkan bagian yang terkena luka bakar. Mengeringkannya jangan asal dilap saja ya. Harus dengan lembut. Karena ini perih sekali.
4.    Memberikan salep pada yang terkena luka bakar.
5.    Apabila luka bakar terlalu lebar dan terlihat tanda kemerahan ataupun melepuh langsung dibawa ke tenaga medis terdekat.

Di acara yang super keren ini juga diajarkan cara memadamkan api biar nggak panik. Yaitu dengan stop sumber apinya, drop, kemudian roll. Ini sepele tapi sangat penting.

Nah, setelah beragam drama, mitos, penyebab luka bakar yang sering terjadi saat aktifitas dalam rumah hingga penanganan yang sangat tanggap apabila mengalami luka bakar, ada acara seru lainnya. Yaitu acara masak memasak oleh Chef Andreas dari hotel Noormans Semarang. 

mebo mederma combiphar
Chef Andreas dari Noormans Hotel Semarang dan Mas Puja Raditya

 Masakan kali ini yaitu Oglio olio with salmon grilled. Jangan sampai tepeleset ya nyebut nama menunya. Hihihi, lumayan susah sih. Eh, kalau masaknya kita mungkin sering bikin walaupun namanya beda ya. 

mebo mederma combiphar
Menu Oglio olio


Ada tips keren dan menarik dari chef ini. Mau tahu?
1.    Saat mengiris bawang ataupun sayuran yang kecil-kecil. Caranya dengan jari tangan kiri berbentuk L. Coba deh guys, kita kalau mengiris bawang atau daun seledri gitu, kayaknya malah jari yang di depan kan? Kuku sering kena pisaunya karena ya itu caranya keliru. Dengan bentuk L ini acara terkena pisau ya jelas nggak ada. Hasil irisannya juga sempurna.
2.     Saat membuka tutup panci dengan air mendidih di dalamnya, biasana lewat samping. Iya atau iya? Iya kan ya, haha. Nah, yang benar, buka tepat persis di depan. Membuka pelan hingga yang terbuka duluan yang tak langsung berhubungan dengan tubuh. Uap pasasnya berseberangan dengan kita.
3.    Jangan taruh apapun di atas mikrowave ya, hehehe. Seringnya sih naruh lap di sana. Uhui, nggak boleh lagi nih.
4.    Membawa pisau nih. Jangan sampai salah ya guys. Taruh gagang di sebelah belakang tangan. Jadi gimana ya melukisakan dengan kata-katanya ujung pisau ada di atas, sedangkan kita pegang gagang. Lebih aman gitu.
5.    Jangan menaruh pisau sembarangan di dapur. Kalau bisa punya tempat khusus pisau yang tertutup. Lebih aman, dan kita nggak bingung carinya saat membutuhkan.
6.    Jarak kompor dan dindinng sekitar satu jengkal. Supaya sirkulasi udara aman dan nyaman. Jangan mepet-mepet dinding lho ya, kurang bagus.

Tips yang keren dan menarik banget. Ternyata banyak sekali kebiasaan yang dilakukan  tak sesuai kebenaran, wkwkwk. Sungguh deh, jadi makin tahu kalau dapur juga harus aman dari hal-hal yang kurang aman. Soalnya bisa membahayakan diri sendiri serta anggota keluara dan orang lain. Kalau sudah aman, makin nyaman berinteraksi dan melakukan aktifitas di dapur. 

mebo mederma combiphar
Blogger Mbak Ika Puspita

 Perbincangan dilanjutkan dengan Mbak Ika Puspita, blogger keren dari Semarang ini menceritakan aktifitasnya di dapur. Yang harus aman karena ada anak-anak. Serta dari ngeblog, ia sudah banyak mendapatkan ilmu serta teman. Kece memang blogger satu ini. Dan, jangan lupa menyediakan obat-obat penting di rumah dalam kotak P3K.

Lalu, apa sih yang harus disediakan di kotak P3K?
Oh iya, sebagai emak rumah tangga, selalu menyediakan P3K di rumah itu harus. Adanya obat merah, obat penurun panas, obat pusing, kapas, plester, alkohol. Apa lagi ya?

Selain itu salah satu yang terpenting adalah MEBO dan MEDERMA dari Combiphar guys. Karena seringnya terjadi drama terkena luka bakar ringan dan bekas luka ini. Mebo ini menjadi solusi luka bakar bagi keluarga Indonesia lho.

Apa itu MEBO?

mebo mederma combiphar
Mebo

Mebo sendiri mengandung zat aditif: Coptidis rhizoma, Phellodendri chinensis, Scutellariae radix, Sesame Oil, Beeswax.

Kombinasi Sesame oil/minyak wijen dan beeswax berprinsip mendinginkan luka. Panas yang muncul dan berlebih karena luka bakar saat dioleskan Mebo akan diserap hingga mengurangi tingkat parahnya luka bakar yang muncul.

Mebo ini mampu melunakkan jaringan nekrotik hingga luka menjadi lebih lembab. Setelah itu mampu mempercepat dan meregerasi jaringan hingga mampu mengurangi pembentukan bekas luka.
Pokoknya mebo ini harus tersedia di kotak P3K rumahmu. Jangan pakai odol lagi, hihihi.

Apa itu MEDERMA?

mebo mederma combiphar
Mederma

Punya bekas luka tapi susah hilang? Wah ini jadi masalah kalau adanya di muka, apalagi perempuan. Oh no banget. Tapi tenang saja, sekarang ada Mederma dengan solusi paling mudah yang bisa digunakan.

Salah satu komplikasi luka bakar adalah terbentuknya scar. Scar merupakan proses alami untuk penutupan luka dimana baik oleh kerena operasi ataupun kecelakaan. Bekas luka tak mudah hilang pakai saja Mederma.

Pengobatan juga mudah banget. Setelah luka benar-benar tertutup oleskan saja 3-4 kali sehari sekurangnya selama 8 minggu ini untuk luka baru. Sedang luka lama gunakan Mederma 3-4 kali sehari sekurangnya 3-6 bulan.

Caranya juga mudah, oleskan ke luka yang sudah terutup, lalu dari tengah luka ke sisi luar gel dipijat lembut pada skar. Lanjut gerakan memutar kecil hingga mederma diabsorbsi seluruhnya.

Mederma ini merupakan produk pilihan lho guys karena bukan hanya memperbaiki luka di luar saja tapi meresap dan memperbaiki luka hingga ke bagian dalam kulit. Kadungannya juga sangat alami yaitu Ekstrak Onion, Allantoin dan Aloe Vera. Telah ada sejak 2002, sudah lama banget, ya.

Memang deh MEBO dan MEDERMA istimewa banget. Dengan hidup aman dan sehat, aktifitas di rumah nyaman dan lancar jaya. Jangan lupa sediakan Mebo dan Mederma di rumah ya untuk mengatasi luka bakar ringan dan bekas luka. Yakin deh, keduanya membuat aktifitas dalam rumah makin nyaman saja.  

Ada yang belum memilikinya? Langsung cus ke apotik atau tempat terpercaya yang menyediakannya. Salam sehat, hidup lebih indah dengan bebas beraktifitas di rumah dengan meminimalkan resiko luka bakar ringan!

#mebocombiphar
#medermacombiphar
#mebomedermawomenscommunity
#combiphar
#semarang

14 komentar:

  1. wahh seru juga yahh mba wahyu acaranya, ada beberapa hal menarik di event itu mba, terutama point yang harus kita lakukan dalam menangani luka bakar ringan serta cara tepat dalam menghadapi hal itu,

    semangat mba

    BalasHapus
  2. Ooh..jadi tips pertolongan pertama pada luka bakar yg kutahu selama ini ternyata hoax y mba.. Ok deh..mo kenalan dulu dg Mebo & Mederma aah...

    BalasHapus
  3. Asyik nih dapat banyak tips memasak yang aman, ya. Tapi aku belum kebayang nih, jari berbentuk L saat mengiris itu gimana?

    BalasHapus
  4. Keren nih artikelnya. Tips yang penting dan bermanfaat banget ya. Dan juga detail bamget penjelasannya. TFS mbak

    BalasHapus
  5. Emang masak memasak itu suka ada drama2 ya mbak. Drama kecipratan minyak panas nih yang paling bikib bete.
    Terima kasih udah share tentang Mebo Mederma. Aku catat, biar kalo kena drama kecipratan minyak langsung tahu solusinya.

    BalasHapus
  6. Info penting ini, karena banyak info sesat yang beredar kalo luka bakar dikasih odol, kecap apa terigu. Kan malah jadi makin parah dan takut infeksi. Tfs mba

    BalasHapus
  7. duh, aku baru tahu ada produk ini, wajib nyetok di rumah ya, biar cepat mengatasi kalau kena panas pas masak

    BalasHapus
  8. Aku lebih mendenvarkan demo masaknya. Bisa keliatan gampang bgt tapi sukses bkin ngiler 😭

    BalasHapus
  9. Harus nih sediakan Mebo ya mba untuk persediaan kotak obat. Namanya luka bakar, apalagi untuk ibu yang memasak di dapur selalu ada kemungkinan terciprat minyak atau air panas. Jadi harus ada nih Mebo di rumah agar bisa segera mengatasi luka bakar.

    BalasHapus
  10. Lengkap ya Mba,.dgn adanya mebo dan mederma jadi ngga takut lagi aktivitas di dapur

    BalasHapus
  11. Aku termasuk yang ga terlalu suka masak, Mbak. Kecipratan minyak, kena pisau, atau kena panas panci kadang suka jadi momok tersendiri. Xixi. Tapi tetap harus ke dapur masakin si kecil, tips-tipsnya akan diperhatikan agar bisa bersahabat dengan aktivitas satu ini. Hehe

    BalasHapus
  12. Kalo gitu penting untuk nyetok mebo dan mederma soalnya kan kecelakaan di dapur itu bisa banget terjadi kapan aja ya jd harus siap siaga

    BalasHapus
  13. Semacam harus memasukkan Mebo dan Mederma di kotak P3K di rumah.
    Juga bakal jadi semakin tenang, memasak dan mengajak anak-anak lebih lama di dapur.
    Baik untuk ikut belajar memasak, juga membiasakan mereka mandiri.

    BalasHapus
  14. Aku kok galfok sama spot fotonya ya. Apik banget. Jadi nyesel nggak ikut acaranya. Wkwk.

    Dulu nggak ngerti Ada Mebo ini.. kalau Luka bakar atau kena panas suka diguyur air atau dikasih odol.. warisan wejangan dari ibu zaman dulu kala hehe.

    BalasHapus