Selasa, 25 Februari 2020

Cakruk Baca Bergerak dan Penarawa di Lomba Nulis Cerpen MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan


Cakruk Baca Bergerak dan Penarawa
di Lomba Nulis Cerpen MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan

Bertemu dengan anak-anak urusan tulis menulis selalu membuatku semangat kembali. Senang banget ketika Penarawa bangkit dapat undangan dari Mas Eko Sanyoto Nugroho, pegiat literasi dengan Cakruk Baca Bergerak-nya. Menggandeng Penarawa untuk acara lomba nulis cerpen dengan tema pengalaman pribadi di MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan. Rencananya aku sama novelis keren Mbak Hany (Rohani Panjaitan) yang akan ke sana.

Cakruk Baca Bergerak dan Penarawa  di Lomba Nulis Cerpen MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan




Cakruk Baca Bergerak
Cakruk Baca bergerak sendiri merupakan inisiatif Mas Eko agar lebih banyak anak yang suka membaca. Ada tempat khusus semacam cakruk gitu dengan buku-buku yang bisa dibaca siapa saja. Di rumahnya sendiri, Mas Eko juga menyediakan buku bacaan yang bisa dibaca siapa saja yang berkenan membacanya.


Semangat berangkat
Hari Sabtu, 15 Februari 2020 pagi banget aku sudah otw menuju Bawen. Karena nggak tahu tempatnya nanti aku dijemput Mas Eko di Kemiri. Kemiri mana juga mana aku ngerti hihihi. Untunglah nanya Mbak Hany dan Mbah gugel maps, nggak harus kesasar seperti sebelum-sebelumnya. Dakuw suka nyasar banget soalnya.

Naik angkot jurusan Salatiga dan sudah mejeng cantik sebelah sopir kubilang turun kemiri. Ternyata lumayan jauh, haha. Nggak lebih dari 20 menit sampai deh di Kemiri. Duduk manis di bangku yang disediakan di situ. Kemudian nungguin Mas Eko jemput. Nggak berapa lama Mas Eko datang bersama istri dan Naresh buah hatinya yang lucu menggemaskan banget.

Dari Kemiri kami bertolak jemput Mbak Hany, karena rumahnya juga daerah situ dan meluncurlah kami ke MI Miftahul Huda. Sekolah yang baru pertama kali kudatangi.


MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan
Keriuhan anak-anak menyambut kedangan kami. Apa adanya, dan benar-benar membumi. Disambut Ibu guru MI yang super ramah dan kami ngobrol sejenak. Tentang sekolah, anak-anak dan apa saja guys.

Yap, hari ini akan diadakan lomba menulis cerpen yang diadakan kerjasama antara Cakruk Baca Bergerak yang memang sudah akrab di sana karena sering berbagi ilmu dengan buku-buku yang keren punya. Pegiat literasi, Mas Eko memang sabar dan sudah dikenal akrab sama anak-anak MI.


Lomba menulis cerpen dengan tema pengalaman pribadi
Jam 10 tepat lomba ini dimulai. Anak-anak yang ikut kelas 4, 5 dan 6. Ditempatkan dalam satu kelas. Ruangan langsung hening ketika anak-anak mulai menulis cerpen. 

Cakruk Baca Bergerak dan Penarawa  di Lomba Nulis Cerpen MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan
Serius nulis cerpen

Menunggu bersama Mbak Hany sejenak, kemudian kami ke kantor ngobrol dengan ibu guru. Seru banget kami bisa bertukar pikiran dan ngobrol santai tentang anak-anak yang sangat luar biasa.
 
Kelar juga akhirnya...

Waktu satu jam kayaknya belum cukup,  masih nambah dikit. Lucunya nih ada satu anak yang belum selesai. Kayak mau nangis tapi nggak nangis, xixixi. Takut tapi mau menyelesaikan tulisannya. Akhirnya nggak lebih dari 2 menit ia berasil menyelesaikan tulsiannya. Yang kece badai. 21 cerpen terkumpul sudah.

Foto rame-rame
Sesi yang paling nggak dilupakan ya foto bersama, hehehe. Sebuah momen indah harus diabadikan ka guys. Cekrak cekrek, done deh. Aha, serunya.

Cakruk Baca Bergerak dan Penarawa  di Lomba Nulis Cerpen MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan
Selpih rame-rame


Tak lupa Mbak Hany memberikan buku terbaru dari Penarawa berupa antologi Meretas Batas Dunia Keras. Buku terbaru komunitas yang berisi tentang mendobrak keterbatasan dan solusi yang dilakukan dengan bayak cara. Semoga menebar manfaat, amin.

Cakruk Baca Bergerak dan Penarawa  di Lomba Nulis Cerpen MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan
Buku Antologi Penarawa: Meretas Batas Dunia Kertas, untuk MI Miftahul Ulum
 
Karena sudah kelar menjelang siang kami akhirnya pamit undur diri. Terimakasih untuk momen tak terlupakan untuk hari ini.


Ngobrol Seru di Mina Kencana, Salatiga
Sambil ngobrol asik tak lupa diajakin Mas Eko mampir makan dulu di Mina Kencana. Di sini sekalian melihat hasil karya anak-anak yang kece badai. Tak lupa kita tentuin juara 1, 2 dan 3 sekalian. Plus ngobrol macam-macam di tengah hujan deras yang melanda. 


Mina Kencana Salatiga
Mendadak lapar


Membahas kepenulisan, bagaimana anak-anak supaya bisa aktif membaca serta menulis. Kegiatan Mas Eko di Cakruk Baca Bergerak yang selalu menggeliat dengan beragam membuminya. 

Cakruk Baca Bergerak dan Penarawa  di Lomba Nulis Cerpen MI Miftahul Ulum, Kadirejo, Pabelan
Sang jawara

Terus curhat kenapa nulis novelku nggak kelar-kelar ya Mbak Hany? Musti kugimanain? Mbak Hany cuma mrenges manja sambil ketawa. Sumpah bikin semangat di antara orang-orang yang semangat di kegiatan nulis ini.

Akhirnya saatnya pulang. Akupun diantar ke Bawen, ambil motor di sana. Makasih ya Mas Eko. Hujannya deras tak menyurutkan semangat guys. Juga seru-seruannya sama Mbak Hany. Semoga lain waktu bisa kumpul dalam acara lain supaya bisa saling berbagi dan memberi semangat.


2 komentar:

  1. Kegiatan yang keren mba, meningkatkan minat baca anak sekaligus nanti mengurangi kecanduan gawai pada anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas. SOalnya budaya menunduk udah makin merajalela hehehe

      Hapus