Selasa, 22 Juni 2021

Google Analytics dan Google Search Console untuk Blog

 Google Analytics dan Google Search Console untuk Blog

 

Hai, ketemu lagi di blog keceku ini, guys. Lama tak jumpa, aku masih termangu setiap membaca dan mendengar kata SEO. Inginnya lari menjauh nggak mau tahu pokoknya, lha mana bisa kayak aku gini sinau SEO (search engine optimization). Rasanya, gaptek membuatku tutup mata urusan SEO. Namun, kok, ya penasaran juga. Akhirnya....

google analytics, google search console

Jadi gini, aku mau kasih tahu nih yang tipis-tipis tentang fungsi juga manfaat dan apa itu Google Analytics serta Google Search Console untuk blog yang kudapat dari ikutan kelas Kak Monica Anggen dan Kak Punto Wicaksono di Blogger Ruang Runggu (BRT). Kelas SEO ini berlangsung selama sebulan penuh dan sungguh aku termangu dengan ilmunya.

Khusus materi Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC) diberikan oleh mastah Mas Priyo Harjiyono. Blogger dengan ilmu SEO yang mumpuni ini begitu sabar menerangkan tentang google analytics dan google search console pada Sabtu, 19 Juni 2021 dari pukul 19.00 hingga sekitar pukul 23.00 WIB.

 

Sanggupkah Aku Belajar SEO?

Itu bukan lagu, guys. Sejenis ungkapan hati bahwa akupun ragu level dewa apakah sanggup ikut kelas SEO ini. Sanggup, nggak, sanggup, nggak, sanggup!

Zuzurrr akutu paling nggak paham dengan istilah berbau teknologi gitu, pokoknya otak sudah lemot kalau dengar kata SEO huhuhu. Btw karena kepo akut, untunglah bisa ikut kelas yang keren plus banyak ilmunya ini. Meskipun sungguh, jujur sekali lagi, aku tertatih, tertatih dan pahamnya ya sedikit demi sedikit. Yang lain sudah Z aku masih terbata di A. Pokoknya semangka!!!

 

Google Analytics

Google analytics belum lama kupasang di blog, secara akupun harus mikir, gimana cara pasang google analytics? Apakah google analytics itu? Karena beberapa job mengharuskan tampilan pageview (PV) dari google analytics akhirnya aku pasang google analytics. Tentunya dengan tersendat-sendat.

Google Analytics


Cara pasang google analytics di website seperti apa? Tanya siapa? Bingung juga tanya siapa karena teman yang dekat rumah nggak ada yang paham masalah blog. Tanya online, sungguh diterangkanpun aku nggak ngerti juga. Akhirnya aku pasang google analytics dengan bantuan youtube dan seorang teman yang sabar karena aku takut salah klik. Blaik kan kalau oprek tapi nggak tahu apa yang harus dioprek.

Kenapa harus memasang google analytics di blog? Sederhana, kok, beberapa job mengharuskan screenshoot pageview dari google analytics. Menurut Mas Priyo, fungsi dan manfaat google analytics banyak banget. Google analytics adalah tool yang penting untuk pemilik blog. Dari google analytics ini kita dapat melihat trafik blog kita seperti apa, berapa jumlah pengguna yang klik, jam berapa waktu yang pas untuk posting dan dapat mengenal karakter pengguna sehingga bisa posting di waktu yang tepat.

Beberapa fitur google analytics biasanya kulihat sambil lalu saja, kurang paham juga. Akhirnya kuketahui lewat Mas Priyo ini. Di laman google analytics ada beberapa bagian yang bisa diulik untuk lebih memahami trafik. Jadi, nggak hanya untuk lihat berapa pageview harian saja. Ini yang masih kuingat, duh, tolonggg, semoga pemahamanku nggak nyimpang-nyimpang amat, ya.

1.                    Real time, kita dapat melihat jumlah pengguna yang sedang membuka blog kita. Begitu juga di bagian lokasi, sumber trafik, konten, peristiwa dan konversi, sama angkanya.

2.            Audiens, akan terlihat berapa jumlah pengunjung yang klik blog kita, berapa lama pengguna membuka blog dan mengetahui rasio pantulan (klik blog lalu keluar). Di laman ini kita juga bisa ubah mau melihat selama berapa jam, hari ataupun bulan. Bisa disetting tergantung kebutuhan.

3.                        Perilaku, kita dapat melihat artikel mana yang memiliki pengunjung terbanyak.

 

Google Search Console

Google search console di blog sudah kupasang lumayan lama dengan bantuan teman. Konon, yang kutahu, nih, dengar-dengar, katanya uwuwuwuw, dengan google search console artikel kita akan mudah ditemukan mesin pencari google.

google search console
Google Search Console


Kata mastah Mas Priyo, memang dari google search console ini kita bisa mengetahui seberapa banyak orang yang klik blog kita dan yang terindex oleh google. Dari situ juga terlihat performa blog seperti apa. Owalah, makanya hampir tiap bulan dapat email dari google search console ini untuk memberitahukan performa penelusuran google terhadap blog dan pencapaian konten.

Kerennya lagi, lewat google search console akan terlihat kueri yang paling banyak dicari pengguna. Nah, dari sinilah kita bisa memanfaatkan kata kuncinya. Kata kunci adalah apa yang sering digunakan pengguna ketika mencari sesuatu hal di internet. Contoh kata kunci kita sedang mencari manfaat google analytics dan google search console, yang akan kita ketik itulah yang akan muncul dengan beberapa varian berbeda.

Lalu, seberapa pentingkah kata kunci atau keyword dalam sebuah artikel?

 

Keyword

Dulu, sekarang juga, sih, kadang, aku nulis ya nulis aja, curhat ya curhat saja. Namun, kalau sudah tahu pentingnya keyword untuk situs pencarian yang canggih gitu masa ya nggak dipakai?

Dalam pembelajaran google search console ini, Mas priyo juga kasih tips cara mencari keyword menggunakan keyword surfer. Akupun langsung pasang di Chrome. Dari situ kita bisa lihat keyword apa sih yang sering dicari oleh para pengguna. Biar tulisan yang kita buat bermanfaat dan dapat dengan mudah dicari oleh mereka. Perlu diperhatikan juga apakah keyword sudah ada dalam judul atau isi dari artikel itu sendiri.

 

Jadi, Gimana Perasaanmu Sekarang?

Alhamdulillah, baik dan semangat terus walaupun kuakui masih tertatih. Ternyata google analytics dan google search console membuatku lebih melek dari sebelumnya. Terimakasih BRT, Kak Monica Anggen, Kak Punto Wicaksono, Mbak Gemaulani, Mas Priyo juga teman-teman yang selalu memberi support untuk terus belajar dan mau mencoba.

Kesimpulannya....

Apapun itu, terus menulis, apa yang kita tulis semoga memberi manfaat untuk yang lain. Salam semangat!


Baca juga:

Samsung A12, Cek Spesifikasi dan Harganya

Editan Kece dengan Laptop Editing Buatan Asus

Sepersekian Detik


1 komentar:

  1. "Sanggupkah Aku Belajar SEO?" Kayak judul lagu aja, Mbak hihiiii....
    Semangatttt Mbak Wahyu, kita pasti bisa!

    BalasHapus