Sabtu, 04 Maret 2023

Public Speaking Ala Bang Odi di Ultah Gandjel Rel ke-8: Tak Perlu Krik Krik Krik

Public Speaking Ala Bang Odi di Ultah Gandjel Rel ke-8: Tak Perlu Krik Krik Krik

Tak disangka, komunitas blogger Gandjel Rel sudah menapaki usia 8 tahun. Senangnya lagi, aku bisa ikutan acara kumpul teman-teman blogger di Semarang.

Berangkat naik Trans Jateng bersama Mbak Hany, novelis yang juga member Gandjel Rel, aku cus menapaki Semarang di tengah hujan badai menghadang, ea…



Selain ngumpul bareng teman-teman blogger, ada acara seru lainnya yaitu Public Speaking for Blogger bersama Bang Odi atau Dodi Susetiadi. Bang Odi ini merupakan penyiar radio kenamaan yang sudah melanglang buana jadi MC dimana-mana loh.

Yuk, langsung aja aku bisikin keseruannya di sini.

Public Speaking Blogger Ala Bang Odi: Melucu Tapi Palsu

Biasa menulis mendadak disuruh ngomong di depan umum itu wassalam banget buatku. Namun, ternyata seiring berjalannya waktu mau nggak mau ya harus mulai belajar dari nol.

Nah, begitu pula dengan Bang Odi, katanya, ngomong perlu strategi biar nggak bikin audiens ngantuk dan pemateri nggak grogi.

Bang Odi in action


Bang Odi ini sukses bikin aku ngakak loh, padahal yang diomongkan nggak dibuat lucu. Namun, bikin sejuk segar suasana kopdar.

Sungguh, di kesibukanku menulis setiap hari hampir tanpa jeda, pergi ke Semarang ngumpul teman-teman itu sesuatu banget.

Terutama ilmu yang ndaging dari Bang Odi. Apa yang disampaikan memang riil dan begitulah adanya. Urusan menguasai materi, bikin PPT yang keren, tips dll dll itu sudah pada tahu tentunya ya.

Berikut point penting dan tak biasa yang aku dapat dari Bang Odi nih, ya. Versi dakuw sendiri.

1. (Tak Perlu) Melucu Tapi Palsu

Inilah yang bikin aku ngakak. Bang Odi itu ngomongnya santai banget dan apa yang dikatakannya jleb. Kadang seorang pembicara ingin melucu tapi palsu.

Alhasil, saat dipaksa melucu malah hasilnya krik krik krik, hihihi. Sumpah aku ngakak losss…

Btw, Bang Odi kemarin nggak melawak tapi sukses bikin aku tertawa lepas. Ya ampun serasa beban pekerjaan ikutan lepas, hehehe. 

Makasih Bang Odi. So, nggak perlu melucu kalau nggak bisa melucu, ngomong di depan umum itu, apa adanya saja.

2. Tak Perlu Sok Tahu

Iya, kalau nggak tahu ya nggak perlu sok tahu. Artinya, walaupun kita ngomong di depan umum, kasih materi apapun, jangan pernah jumawa dan merasa tahu segala hal.

Belum tentu audiens itu nggak tahu menahu sama sekali. Banyak audiens yang lebih cerdas, lebih pinter dll dari pada si pemateri. Maka lebih baik kita membumi, nggak perlu sok tahu. Apa adanya gitu loh.

3. Interaksi dengan Audiens

Hal ini penting supaya nggak pada ngantuk. Minimal, peduli dengan apa yang disampaikan. Paling asyik sih bisa wira wiri jalan sana sini nggak harus terpaku di depan saja. Sumpah itu membosankan.

Dan, Bang Odi memang canggih dalam hal kayak gini. Semua audiens dibikinnya semangat terus sampai kelar acara.

4. Games Seru

Nah, bikin games seru itu penting. Di awal, Bang Odi udah langsung bikin audiens kebat kebit. Gimana tidak, kita dimintanya maju ngomong langsung ke audiens.

Ini games yang benar-benar seru. Mau nggak mau maju, acak pula wkwkw. Kreatif banget pokoknya.

5. Menjaga Sikap

Menjaga ini sangat penting loh. Jangan sampai memberi kesan yang nggak enak dulu ke audiens, apalagi sok nggaya jumawa sendiri.  

Oh iya, kemarin itu Bang Odi pakai kemeja yang sama dengan ultah Gandjel Rel yang ke berapa gitu, lupa dakuw, hehehe. Tentu, saat layar menampilkannya, bikin ngakak seantero audiens. Eh ternyata emang disengaja ya Bang Odi, asyik loh!

Akhirnya…

Begitulah, ngomong di depan umum perlu strategi yang simpel tapi jleb dan mengena untuk audiens. Dengan demikian ilmu dapat ter-trsnsfer dengan baik ke audiensnya. Makasih ilmunya Bang Odi!

Buat Gandjel Rel yang digawangi Mbak Uniek, Mbak Dedew, Mbak Lestari, Mbak Rahmi dan Mbak Wuri, maju terus pantang mundur, Love!

 

Baca Juga:

Ultah Gandjel Rel ke-4

Ultah Gandjel Rel di Pring Sewu

Blogger Gandjel Rel


This entry was posted in

1 komentar:

  1. Terima kasih Bu Wahyu sudah berbagi cerita tentang keseruan belajar public speaking "Dari Penulis Jadi Pembicara" bersama teman-teman blogger Gandjel Rel. Tulisannya jadi bikin ngakak juga Bu hohoho

    BalasHapus