Selasa, 11 Juni 2019

Cara Ampuh Mengatasi Kutu Kucing!

Cara Ampuh Mengatasi Kutu Kucing!


Hiii, siapa bilang memelihara kucing itu mudah? Ternyata di balik tampangnya yang imut dan menggemaskan, kucing memiliki segudang permasalahan. Oleh sebab itu hanya mereka yang memang benar-benar pecinta hewan saja yang bakal sanggup memelihara kucing di rumah. Tahu kenapa? Karena kucing itu harus dirawat dan dipelihara dengan baik agar tetap tampil sehat, lucu dan imut. Bola kurang perawatan maka kucing akan tampak dekil, kotor, penuh kuman dan kutu. Akan sangat merepotkan sekali bila kucing yang dipelihara tersebut memiliki kutu di sekujur tubuhnya. Perlu perhatian ekstra bila sudah demikian. 

kutu kucing
Foto by recreoviral.com



Berikut ini langkah jitu menangani Kutu Kucing. Pertama-tama, Anda harus tahu dahulu bahwa bila kucing diserang kutu maka itu berarti lingkungan rumah tidak sehat dan higienis. Ini akan berakibat buruk bagi seluruh penghuni rumah. Termasuk Anda.


Kedua, segera lakukan beberapa hal berikut untuk melindungi kesehatan seluruh anggota keluarga. Yaitu, harus sabar dan telaten dalam membasmi penyebaran kutu-kutu tersebut. Tidak bisa asal semprot atau sedot saja. Tapi harus benar-benar menyemprot atau menyedot setiap karpet, sofa, bantal, dan berbagai tempat yang dijadikan tempat singgah atau main si kucing selama ini.


Ketiga, bawa kucing sakit tersebut ke dokter hewan. Dokter hewan akan memberikan obat dan penanganan khusus bagaimana menyembuhkan kucing bermasalah itu dengan tepat dan cepat. Yah, untuk langkah yang satu ini Anda memang harus menyediakan budget yang cukup lumayan. Tapi daripada Anda sekeluarga ikut sakit lantaran penyebaran kutunya lebih baik mengobati kucing tersebut.


Langkah berikutnya dalam menangani kutu kucing adalah gunakan sampo atau sabun khusus pembasmi kutu kucing yang dijual di berbagai toko online. Biasanya bila Anda membeli dalam bentuk paketan atau jumlah tertentu Anda akan mendapatkan bonus dari toko tersebut. Langkah ini bisa digunakan bila Anda malas membawanya ke dokter hewan.

kut kucing
Foto by brightside.me

 Kelima, bila masih tidak mempan juga jangan khawatir. Anda bisa gunakan obat semprot untuk mengatasi kutu kucing. Sekarang ini ada loh obat semprot khusus kutu kucing dan anjing yang dijual bebas. Anda bisa gunakan obat semprot tersebut untuk menyemprot lingkungan rumah, kebun, dan berbagai tempat yang ditengarai tempat berkembang biak kutu kucing.


Keenam, lakukan langkah pembasmian kutu dengan menghancurkan siklus kehidupannya. Caranya mudah sekali. Cuci bersih tempat tidur atau alas tidur kucing dengan menggunakan air panas. Selain itu cuci juga semua mainan yang biasa dipakai si kucing dengan air panas juga. Ingat ya, air panas. Bukan air hangat yang kadar panasnya suam-suam kuku. Sedot semua karpet, sofa dan gorden rumah. Kalau perlu cuci ke laundry.


Langkah berikutnya untuk menghancurkan kutu kucing bersemayam di rumah. Setelah menyedot semua debu yang ada di karpet, sofa dan gorden segera buang kantung penyedot debunya. Jangan sayang untuk membersihkannya lalu menggunakannya kembali pada waktu yang akan datang. Lebih baik Anda membuangnya segera setelah selesai membersihkan semua barang-barang tersebut. Dengan begitu semua telur, larva kutu ikut terbuang dan tidak menempel di kantung penyedot debu lagi.


Kemudian, sediakan lap kanebo yang sudah dibasahi cairan pembersih untuk membersihkan permukaan meja, lemari, dan barang-barang yang dicurigai menjadi tempat berkumpulnya kutu kucing. Bersihkan juga permukaan lantai dengan cairan pel pembersih yang mengandung desinfektan.


Setelah itu, mulailah alihkan perhatian Anda kepada hewan peliharaan yang Anda miliki. Rawatlah kucing Anda seperti anda merawat anak sendiri. Mandikan kucing Anda dengan sabun mandi khusus untuk kucing minimal sekali seminggu. Disitulah bulu-bulu rambutnya agar ketahuan bila ada Kutu yang menempel.


Dengan melakukan semua tahap di atas, yakinlah bahwa kutu kucing pasti binasa dan tidak akan muncul lagi mengganggu kesehatan kucing peliharaan Anda. Keluarga Anda pun terjamin kesehatannya.

1 komentar:

  1. Lumayan ribet ya kalo kucing udah keserang kutu kayak begitu. Makanya, lebih baik mencegah daripada mengobati :D

    BalasHapus