Jumat, 22 Maret 2024

Bikin Nyesek, Ini Ramadhan Penuh Kesan Bersama Kolak, Pizza dan Rica

Bikin Nyesek, Ini Ramadhan Penuh Kesan Bersama Kolak, Pizza dan Rica

 

Ada 3 kisah yang selalu teringat jika Ramadhan datang. Dua cerita lalu, yang bikin ngakak sekaligus nyesek tiada tara. Sumpah, aku nulis ini sambil nahan ketawa, nahan laper juga, maklumlah puasa...

rica rica, awanhero.com

Etapi, ada satu pembelajaran di kisah terakhir, cekidot, yuk!

Kolak oh Kolak

Aku lupa tahun berapa kisah ini tercipta, pokoknya lagi sibuk banget praktikum. Seminggu, kadang ada 3 hingga 4 kali praktikum.

Praktikum dimulai pukul 14.00 sampai selesai. Bahkan, ada sebagian praktikum nggak hanya di kampus Teknologi Pertanian, tapi lintas fakultas tergantung jenis praktikumnya seperti ke Fakultas Teknik Sipil, Biologi bahkan MIPA.

kolak
Kolak

Jam selesai praktikum tidak dapat diprediksi secara pasti, kadang jam 4, jam 5 sore bahkan lebih dari itu.

Nah, saat itu pas Ramadhan, praktikum apa lupa, pokoknya bertempat di laboratorium Fakultas Teknik Sipil. Selesai praktikum jam lima lebih. Jalanan Jogja sudah padat, anak kost pada keluar cari takjil untuk berbuka.

Biar praktis, aku juga mau sekalian beli buat berbuka. Pilihanku jatuh ke kolak dan nasi plus lauk sayurnya. Pertama kali beli nasi, lauk dan sayur dilanjutkan beli kolak di Jakal (Jl. Kaliurang). Antrenya duh, bikin was-was, takutnya keburu berbuka.

Setelah dapet nasi dan kolak dengan dua plastik yang berbeda, aku cantel di motor. Kemudian langsung gas balik kos. Ngebutlah aku, ada polisi tidur trabas aja deh...

Kebetulan banget sampai depan kost tibalah waktu berbuka, alhamdulillah. Segeralah kumatikan mesin motor, turun dan ambil bungkusan kolak dan nasi. Tapi eh, kok plastiknya satu bungkusan nasi doang, mana plastik yang isinya kolak?

Aku celingak celinguk, dong. Eh ya tetap saja nggak nemu, padahal aku yakin banget tadi udah kucantel di motor. Sepersekian detik kemudian, barulah ngeh kalau kolaknya palingan terjatuh tanpa kusadari saat ngebut motoran tadi.

Sedihnya... sebagai anak kost pasti ngerasain kan, udah beli, barangnya ilang lagi. Dan, akupun cukup berbuka tanpa kolak, huhuhu, kalo inget itu nyesek banget, deh.

Namun, sekarang jadi ngakak dan bisa kuceritain ke bocil wkwkwk...

Pizza oh Pizza

Kisah kedua ini kenangan tak terlupakan banget. Suatu hari di bulan suci Ramadhan, aku diajak berbuka bareng sahabat cowok kesayangan, ea...

Yaiyalah berbunga-bunga pastinya soalnya mau ditraktir makan Pizza ***. Akhirnya, dijemput di kost nih, jam 4 otw jalanan macet gitu pas jam ngabuburit. Tak berapa lama, sampailah di TKP, dan you know, tempat parkir udah full, tapi tetap nekat!

pizza
Pizza belum di oven ya...


Masuklah kita, makin penuh saja. Untunglah masih ada tempat duduk pas di pojokan, ea... mendukung gitu. Kita langsung pesan walau sudah diduga pasti antri nggak kebayang lamanya.

Nunggu, nunggu dan nunggu, bedug maghrib pun sudah terdengar, pizza belum datang juga. Jadi ya canggung, laper juga. Wes deh, jadi nggak mood banget suasananya.

Hampir satu setengah jam kemudian, pesanan baru datang dan ya gitulah, kita makan dalam diam. Haha... saking lapernya!

Habis drama yang bikin nyesek tapi juga sebel, kita jalan lagi membelah suasana Jogja. Lumayan lama sampai laper lagi, akhirnya balik lagi ke Jakal, makan soto plus nasgor di kaki lima sepuasnya.

Kisah pizza ini jadi kenangan banget, soalnya, sekarang aku dan dia sudah jauh beda negara. Sehat-sehat kamu selalu di sono, ya!

Rica Rica

Jadi, dulu saat aku buka warung makan dengan menu rica ayam dan enthog. Saat Ramadhan tiba, aku tetep buka. Tentunya dengan pintu warung buka sedikit saja.

Biasanya, yang beli itu dibungkus, walau ada banyak pelanggan yang tidak puasa makan di tempat. Pelanggan kebanyakan dari luar daerah seperti Temanggung, Wonosobo hingga Semarang.

rica rica
Rica ayam

Suatu hari, ada pelangan cowok datang, kirain dibungkus. Ternyata, makan di tempat dan pilih makan nggak di meja biasanya tapi di bagian belakang warung!

Swear, aku melongo, lama! Soalnya, aku tahu sendiri orangnya alim, dari keluarga terkenal religius dan tampilan tak kalah alimnya.

Akhirnya, aku menemani makan sambil ngobrol, wong kenal baik dan ndilalah sore hari sudah habis. Banyak ceritanya ,sih, aku nggak tanya apapun tapi akhirnya orang tersebut cerita sendiri mengapa dan kenapa seperti itu.

Jadi curhat dan memang terkenal orangnya baik banget. Hmm, sudahlah, cukup aku aja yang tahu cerita detailnya, hihuho. 

Khusus kisah rica ini nggak bikin nyesek, tapi bikin aku berpikir ulang untuk pada akhirnya memutuskan nggak buka warung saat puasa hanya saja tetap jual secaraonline.

Oh, ya, pembelajaran juga buat diriku sendiri jangan lihat apapun dari cover doang. Wajah ganteng atau cantik kita tak pernah tahu apa, mengapa, bagaimana isi hatinya. Hanya penggenggam langit dan bumi yang bisa mengetahuinya secara pasti.

Ramadhan Berkah Selalu Spesial

Setiap Ramadhan selalu spesial dengan kisahnya masing-masing. Semoga selalu sehat dan dapat melalui Ramadhan penuh berkah dan pahala, amin...


Baca juga:

Rumah Makan Haji Ismun, Banyak Menu Pilihan dengan Rasa Lezat

Roti Gandjel Rel

Resep Mendoan Krispi, Menu Lezat Saat Ramadhan

1 komentar: