Senin, 26 Agustus 2019

5 Tips Merawat Powerbank Agar Tidak Cepat Rusak!


5 Tips Merawat Powerbank Agar Tidak Cepat Rusak!




Betapa pentingnya sebuah baterai untuk smartphone, untuk itu banyak perusahaan teknologi yang memproduksi power bank yaitu seperti power bank Delcell, Anker, Robot, Vivan, Xiaomi, dan samsung. Dijaman sekarang ini sudah banyak powerbank yang bisa kamu dapatkan secara mudah dengan berbagai macam kapasitas baterai dan merk.


Nah, bagi kamu yang sudah mempunyai powerbank berkapasitas baterai cukup besar, pastinya gak mau powerbank kamu cepat rusak kan? Mau tahu bagaimana merawat atau menggunakan power bank agar tidak cepat rusak? Yuk, langsung saja simak bagaimana merawat atau menggunakan powerbank yang baik dan benar di bawah ini!

          ● Mengisi Daya Baterai Dengan Benar
 
Sumber: Jalantikus.com

Sebagai benda penampung daya baterai yang bisa mengisi baterai handphone di saat urgent, powerbank mestinya diisi lagi baterainya agar dapat digunakan lagi. Baterai power bank ini persis seperti baterai handphone, karena baterainya menggunakan jenis baterai Li-Po atau Li-Ion yang bisa dilihat di body belakang. Keduanya sudah mempunyai daya tahan baterai yang berbeda-beda.

Powerbank dengan baterai Li-Ion dapat hidup hingga 500 kali isi ulang. Sedangkan powerbank dengan baterai Li-Po mempunyai siklus yang dapat hidup hingga 1000 kali saat di isi ulang. Jika sudah mencapai maksimalnya, power bank akan terasa lebih cepat habis dan isi ulang baterainya menjadi lama.


● Mengisi Ulang Baterai di Saat Benar-benar Lowbat


Untuk menghindari powerbank cepat rusak sebaiknya kamu mengisi ulang powerbank saat indikatornya menunjukan tanda lowbat. Jika indikatornya menunjukkan sisa 1 LED sebaiknya langsung saja mengisi ulang daya baterai powerbank. Hindari kebiasaan mengisi ulang daya baterai di saat powerbank kamu benar-benar habis. Selain membuat kamu kesulitan disaat ingin membutuhkannya, hal itu akan mempengaruhi baterai powerbank kamu cepat bocor dan membuat proses isi ulang lebih lama.


● Jangan sampai powerbank kelebihan baterai Saat pengisian ulang

Sumber: Jalantikus.com

Hal ini adalah hal yang sering terjadi di setiap orang yang menggunakan powerbank. Entah itu untuk powerbank, laptop, gadget dan smartphone yang sering melakukan over charger. Padahal bagi powerbank yang tidak mempunyai fitur protection over charging, hal itu akan merusak baterainya. Maka perhatikan lampu LED saat pengisian baterai dan sebaiknya kamu membeli adapter yang sudah dilengkapi dengan timer agar menghindari over charger.


● Tinggalkan kebiasaan memainkan handphone saat mengisi daya baterai menggunakan power bank
 
Sumber: Jalantikus.com

Sebaiknya kamu menghindari memainkan handphone saat di charge menggunakan power bank. Hal ini membuat listrik pada powerbank yang akan dikeluarkan tidak begitu stabil, sehingga membuat kerusakan pada powerbank itu sendiri. Selain bahaya, hal ini akan membuat baterai jadi cepat drop.


          ● Hindari Power Bank Dari Tempat Panas
 
Sumber: Jalantikus.com

Bagi kamu yang sedang menggunakan atau mengisi ulang baterai, sebaiknya hindari dari tempat panas untuk menyimpannya. Kenapa? Karena di permukaan body powerbank sendiri akan mengeluarkan energi panas saat digunakan. Jika disimpan di tempat panas, akan membuat powerbank tidak mendapat sirkulasi udara sehingga powerbank akan menjadi panas. Dampaknya permukaan body power bank akan menjadi cepat kusam.

Itulah beberapa poin-poin yang harus dilakukan agar powerbank tidak cepat rusak. Jika powerbank kalian lebih awet, pengeluaran budget yang kamu gunakan punakan menjadi lebih hemat. Semoga bermanfaat ya! 

Oh ya, kalau mau tahu kuliner daerah Semarang dan sekitarnya, baca ini ya.

0 komentar:

Posting Komentar