Selasa, 12 Februari 2019

Tak Perlu ke Bali, Sedapnya Ayam Betutu Pak Bejo, Bandungan, Jawa Tengah, Sudah Bikin Meleleh


Tak Perlu ke Bali, Sedapnya Ayam Betutu Pak Bejo,
Bandungan, Jawa Tengah, Sudah Bikin Meleleh


Pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar

Kata-kata yang sering didengar, susah dipraktekkan. Saat Kamu merasakannya, barulah anggukan kepala dan kata sepakat akan membuat hidup penuh warna.

Hai Sobatku semua, gimana kabarnya, nih? Semoga sehat aman jaya sentosa bahagia yes.

Lama banget nggak ngebahas tentang kulineran. Mau yang enak-enak bikin meleleh lumer di mulut? Eciyeh, banyak yang mau, ya. 




Awalnya sih karena mas bojo punya kenangan tentang Bali. Walaupun hanya melipir doang sebelum ke Rinjani dan Tambora. Eaa… ada apa dengan Bali mas bro? Katanya masakan Bali katanya ngangenin. _Masakan apa masakah hayo?_ Aku yang nggak tahu apa-apa ya hanya manggut-manggut.

Eh kok mendadak kepo banget sama postingan teman tentang menu Bali yang jarang kutemui di sekitar Ambarawa dan Bandungan. Promonya yang menghebohkan dunia persilatan alias dunia maya membuatku ingin bertanya sama kisanak. Tentulah ke yang promosiin langsung.

Etapinya, aku tanya dulu sama kangmas tentang menu khas Gilimanuk, Bali, ayam betutu. Jawabannya sih standar, ada ijo-ijonya alias sayuran. Bhuahaha, ini aku banget. Secara daku sukanya ijo-ijo sama buah-buahan.

Akhirnya daku pesan, nih. Karena penasaran banget dengan rasanya. Nggak perlu ke Bali juga. Nggak perlu repot, karena pemesanan bisa via WA, telpon ataupun Kamu datengin langsung, hihihi. Kenapa aku sampai tertarik?

1.     Pesannya mudah, nggak harus keluar rumah
Nah pas malas masak melanda, pesan adalah tips jitu biar nafsu makan tetap membahana. Tinggal pantengan ponsel, tutal  tutul pesen hihi. Inilah kenapa aku kepo banget.

2.    Diantar sampai rumah
Pas lagi sibuk, ini sangat membantu guys. Pingin makanan yang menggugah selera? Pesan saja dan diantar sampai rumah. Ala go food ya. Jadi, nggak perlu repot dandan mandi segala macam. Pesanan akan datang. _Bahkan saat pakai daster sekalipun…xixixo_

3.    Rasanya?
Ceritanya nih, aku pesan dan sampailah pesanan ke warung, eh rumah. Hem… nahan diri nggak kepingin nyicip dulu sebelum ketemu si krusils nih _ini berat_. Sore hari saat kerjaan beres, itu ayam betutu langsung saja aku buka-buka dong, ya. 

Ayam betutu

 Dan tara! Dibungkus dalam besek yang keren habis, ayam betutu menjadi santapan special banget guys. Satu ekor ayam yang pas untuk makan sekitar 4 orang. Jadi nih ayamnya utuh. Se-hati dan rempelonya sekalian.

Aromanya sedep terasa kaya bumbunya. Warnanya sudah sejuk banget bikin mata terpana. Belum lagi sambalnya. Yang terdiri dari potongan cabai, irisan bawang merah dan serai. Wuidih. Jelas bikin makin kepo. 

Sambalnya mantap jiwa (by: FB Imam Sadikin)

 Dan rasanya? Bumbunya menyatu banget di dalam daging ayam kampungnya. Sekali mencicipi terasa lembut di mulut. Kembali ambil lagi, terasa banget rempah bumbunya. Meleleh banget. Gurihnya, pedas, asin dan manisnya hem, kombinasi kesempurnaan sejati.
 
By: FB Imam Sadikin
Bagian dalam ayam, ada sayurnya guys. Ijo-ijonya berupa daun singkong, juga empuk, sampai merem melek makannya. Buat aku yang suka sayur ini rasanya aku banget. Belum lagi ada irisan tomat dan cabe yang rasanya bikin makin seger. Kangmas ketagihan, krucils juga nggak rewel langsung santap saja dan ludes.
 
By: FB Imam Sadikin
Bicara-bicara nih, kata Mas Imam sang ownernya langsung, rempah-rempahnya memang kudu lengkap supaya bumbunya benar-benar merasuk. Masaknya juga berjam-jam, lho.

Dibrandol dengan harga 85 ribu saja, sangat terjangkau guys. Dijamin, Kamu bakalan ketagihan lagi dan lagi. Klepek-klepek mau nambah, deh.

4.    Masaknya pakai sistem jaman old, yang gimana coba?

By: FB Imam Sadikin

Yang beda lagi masaknya nggak di kompor gas kayak kita-kita guys. Tapi di pawon. Tahu pawon, nggak? Yang orang Jawa pastinya tahu tuh, pawon tuh masaknya di  tungku dengan kayu bakar. Nah, ini yang bikin rasanya memang wuidih bingit dah.

5.    Sedikit behind the scene tentang Ayam Betutu Pak Bejo
Kembali ke kalimat di awal tulisan ini. Kalimat yang sering kita dengar kan, ya? Ni juga yang berlaku ayam betutu Mas Imam. Yang diberi brand Pak Bejo.

Sedikit kisah nih, ya. Konon, katanya bukan hoax sih, pemiliknya, Mas Imam awalnya sangat suka kulineran. Suka makan gitu, deh. Dimanapun berada, kuliner selalu dicarinya,  hihih. Berawal dari doyan makan, akhirnya suka masak.

Dan, menyenangkan bukan kalau hobi mendatangkan pemasukan. Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Gituh, keren ya kreatifitas dan idenya. Bisa ditiru, nih.

Eits, ada beberapa pilihan nggak hanya ayam betutu saja lho. Ayamnya jelas ayam kampung. Ada pula bebek betutu. Ada ayam asam manis serta bakar, pepes ikan mas serta yang terbaru burung dara betutu. Nah lho gimana guys, penasaran juga?

Ayam bakar asam manisnya juga yummy lho...

 Untuk saat ini promo penjualan melalui media sosial. Jualan dengan sistem delivery memang sangat memudahkan para pembeli. Tinggal duduk santai di rumah dan pesanan sudah datang dengan sendirinya. 
 

Oh ya, untuk ayam dan bebek betutu deliverinya khusus hari Senin dan Kamis. Sebelum hari itu silakan pesan duluan. Nanti keburu kehabisan kalau kebanyakan mikir ya guys. Aha, untuk saat ini deliverinya baru sekitaran Sumowono, Bandungan, Karangjati, Bawen dan Ambarawa ya. Yang jelas nggak perlu jauh-jauh sampai Bali.

Biar nggak ketinggalan kali saja ada menu baru lainnya, silakan kepoin media sosialnya di akun facebook-nya Imam Sadikin dan Instagram sadikin.imam.

Hobi, selalu saja menyenangkan untuk dilakukan
Sebuah proses ketika jenuh melanda
Kreatifitas tanpa batas…
Yang hasilnya, kadang melebihi logika

Lakukan apa yang menjadi kesukaanmu guys, di sanalah sebuah mimpi bermula. Bisa pula berakhir. Sampai ketemu lagi di kuliner berikutnya ya…

Ayam dan Bebek Betutu Pak Bejo (Mas Imam) Bandungan
Facebook                              : Imam Sadikin
Instagram                              : @sadikin.imam
Pemesanan via WA/Telp       : 085 228 092 104
Alamat                                   : Jl. Anggrek Raya No. 185
     Karanglo, RT 07/RW 01
     Kenteng, Bandungan, Jawa Tengah
Delivery sekitaran Sumowono, Bandungan, Ambarawa, Bawen, Karangjati


9 komentar:

  1. Aduh jadi lapar, gak ada ayam betutu, mie ayam pun jadi dimakan buat makan siang, keren wadah besek itu ramah lingkungan, bisa dipake lagi pula, jangan plastik atau streofoam :)

    BalasHapus
  2. Wah mbak aku langsung ngeces bayanginnya. Kapan2 kudu nyoba nih. Belum pernah nyicil ayam betutu 😂

    BalasHapus
  3. aku belum pernah nyoba ayam betutu,,,seperti nya enak ya mba :-)

    BalasHapus
  4. Aduh mbak jadi laper pengen nyobain juga...jadi inget pas tinggal di Bali suka makan ayam betutu asli bikinan sana.. kapan-kapan perlu dicobain nih kayaknya..pasti bikin nambah nasi berkali-kali nih :)

    BalasHapus
  5. Wah, menarik nih. apalagi di bandungan kan dingin, bisa makan 2 piring ya wkwkwkwkw

    BalasHapus
  6. alamak maknyus aku suka ayam betutu juga soalnya

    BalasHapus
  7. Duuh..sy ngiler mba wahyu hehe bumbunya kaya ungkep ayam biasa atau beda mba? kayae yg membedakan ada sayur, sambel serehnya yaa mba? Jd pengen nyoba ih..

    BalasHapus
  8. Waah mbaaak lihat foto-fotonyaa jd laperrr, pengeen ayam betutu hikss gak sampe sini tp deliverynya TT

    Mantaap bener mas imam ya mbak bisa mengembangkan hobi jd bisnis yang sangat menjanjikaan semogaa lancarr terus usahanya, someday semoga bisa mencicipi nikmat dan lezatnya ayam betutu Mas Imam, aamiin jd gak perlu jauh-jauh ke Bali hehehe

    BalasHapus
  9. wah masih alami ya, masaknya pake carang. Mantap sekali sepertinya...

    BalasHapus