Kamis, 01 Juni 2017

Cara Membuat Brownies Kukus Mudah,Tanpa Mixer



Cara Membuat Brownies Kukus Mudah,Tanpa Mixer

Dear Sob…
Ada penggemar brownies?
Cung, aku salah satunya.

Buka puasa nggak melulu harus gorengan, kan? Sesekali bikin roti, biar sok dikira kreatif gitu loh :D

 
Sebenarnya paling nggak bisa bikin perrotian seperti ini. Selain harus sabar dan trengginas saat bikin, aku salah satu orang yang nggak sabaran. 

Entahlah, kenapa tanganku ini nggak bisa pas saja kalau bikin. Pinginnya seperti novel Hujan-nya Tere Liye. Masukkan semua bahan resep dalam komputer dan langsung jadilah roti. Yuhui… atau pinjem kantung ajaibnya si Dora emon *khayal.

Beberapa kali gagal total dengan beragam resep roti bikin males juga lho. Kalau kuingat-ingat, mungkin setahun yang lalu terakhir aku bikin roti. Kalau pingin, beli saja langsung. Bisa pesan atau beli jadi ke bakery.




Btw, mendadak hari ini pingin sekali bikin brownies kukus. Tapi ragu juga sih sukses nggaknya. Kalau nggak dicoba nggak bakalan tahu juga, kan? *menyemangati diri sendiri.

Karena nggak mau ambil resiko terburuk, aku memutuskan untuk beli adonan jadi, hihihi. Ini lebih aman bagiku yang nggak begitu canggih membuat roti. Dimana tuh? Di Toko Bahan Roti dan Plastik Lancar. Depan pasar Sumowono, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Bahan jadi brownies kukus
Toko bahan roti ini lengkap dan harganya sangat terjangkau. Apapun bahan roti yang diinginkan ada (kecuali pas habis tentu saja). Selain bahan roti, toko ini juga menyediakan segala macam plastik ukuran apa saja. Plastik buat bungkus cilok, bakso, atau rica. Plastik untuk bisnis laundry juga ada. Jual juga plastik untuk tanaman, polibeg. Kardus segala ukuran, alat tulis, perlengkapan kue tart, perlengkapan ulang tahun juga tersedia semua.

Menjelang lebaran ini, tersedia juga beragam baju, gamis, jilbab/pasmina, baju anak-anak dalam beragam ukuran. Pokoknya sekali ke mendayung, 5-7 pulau terlampaui.

Balik lagi ke brownies ya, Sob. Karena aku belinya bahan jadi, yah tinggal aduk-aduk saja. Sebenarnya di petunjuk harusnya di mikser. Tapi oh no! menyiapkan mikser males juga saat puasa gini. Jadinya, ya, diaduk-aduk saja seperti bikin adonan mendoan.

Caranya:
1.     Bahan jadi dituang dalam wadah.
2.    Tambahkan 4 butir telur.
3.    Tambahkan 22 sendok makan minyak goreng (ini aku pakai margarine kiloan yang sudah diencerkan, sekitar 180 gram).
4.    Aduk-aduk hingga tercampur semua bahan.
5.    Siapkan wadah/loyang, yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu hingga merata.
6.    Tuang adonan dalam loyang.
7.    Siapkan dandang, tutup dandang jangan lupa dilapisi lap bagian dalamnya.
8.    Kukus kurang lebih 45 menit.
9.    Brownies kukus siap disajikan.

Yah, begitulah Sob. Karena adonan jadi ya tinggal nambah telur dan margarine/minyak goregn doang. Nggak sulit, kan?

Brownies kukus siap disantap
Dan memang selalu ada 1001 jalan menuju Roma. Buatku yang nggak bisa bikin roti pun sekarang ada cara mudah dan gampang bikin brownies kukus, hehehe.

Gimana denganmu, Sob. Punya resep lain yang simpel dan gampang? Sharing yuk…

Baca juga:
Resep Membuat Jamur Crispy Renyah dan Mudah 
Resep Puding Coklat Mudah dan Enak 
Menu Buka Puasa Favorit 



13 komentar:

  1. hahahah, bau brownis nya ampe ke sini ni mbak. uppss ud lewat sahurnya

    BalasHapus
  2. oh mba itu bahannya udah jadi tinggal tambahin telor n minyak yah aku kira mba meracik sendiri hahaha oke jadi pengen buat secara kalau beli jadi bisa 60ribuan mba klo bikin sendiri kan hemat y mba cuman modal bahan n telur duh cincay *sombong taunya ga jadi :D

    BalasHapus
  3. Yahh mbak widya, gak ada seninya dong kalo beli bahan langsung jadi :p

    BalasHapus
  4. jadi pingin bikin bronis kukus mbak...padahal gampang ya tetapi kok belum terlaksana dari tahun 2004 pas nikah ma misua.pdhl dulu aku hobi bikin kue2 kyk gini lho, dulu beli mixer ga pernah dipakai sampai sekrng cuman buat pajangan

    BalasHapus
  5. Brownis kukus ternyata sesimpel itu ya, jadi malu deh kalo pengen suka minta buatin hehe ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  6. Keinginan untuk membuat kue sendiri itu ada...
    tapi...seringnya tidak ada waktu untuk bikin (alasannya)

    hehehe.

    BalasHapus
  7. Keingingan untuk bikin kue sendiri itu ada...
    tapi...seringnya tidak ada waktu untuk membuatnya (alasannya)

    Hehehe... Semangat, Mbak! :)

    BalasHapus
  8. Aku pun suka bikin brownies pondan yang instan tinggal kocok tambah telur, jadi tinggal kukus jadi deh ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  9. Wah, enak nih buat jadi makanan takjil, ya. Buat hidangan di Hari Lebaran jugs cocok. Nyontek resepnya ahhhh. :D

    BalasHapus
  10. waah... bikin brownies jadi lebih mudah ya... :)

    BalasHapus