Jumat, 07 April 2017

Resep Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Kriuk



Resep Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Kriuk

Jamur crispy renyah kriuk
Resep Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Kriuk. Dear Sob, Sebagian besar anak-anak suka dengan yang berbau crispy. Tepungnya yang melekat dan gurih serta rasanya yang bikin mulut nggak berhenti makan membuat pingin lagi dan lagi.

Beberapa warung atau outlet-outlet kecil di pingir jalan banyak yang menjual jamur crispy renyah dan kriuk ini. Hanya saja, kita mungkin sering ragu dengan minyak goreng yang dipakai. Warnanya kadang sudah menghitam, bikin bulu kuduk merinding. Bisa jadi minyak yang dipakai sudah puluhan kali dipakai. Mana ribet sih kalau kita tanya-tana detil seperti itu. Yang ada penjualnya malah pelototin kita hehehe.

 Sebelum kita tahu resep cara membuat jamur crispy renyah dan enak ini ada sedikit cerita tentang jamur.

Ada beberapa macam jamur yang layak konsumsi. Memangnya ada yang tidak layak dimakan? iya ada bebarapa jamur beracun.
Diantara jamur yang layak dikonsumsi adalah sebagai berikut:
1.  Jamur Tiram

Jamur tiram (Sumber gambar: qonbulhadi.com)

Penyuka kuliner pasti tahu banget jamur berwarna putih susu nan lembut ini. Penampilannya juga lucu seperti payung. Jamur tiram merupakan jamur terpopuler di Indonesia, banyak yang membudidayakannya. Konsumennya juga banyak, Sob.

2.  Jamur Kuping

Jamur kuping (Sumber gambar: berdamai.com)

 Ada beragam macam juga. Namun yang paling populer di sini adalah jamur kuping hitam. Yah, di desaku dulu sempat lho budidaya jamur kuping hitam ini merajalela. Alhasil, harga jual turun drastis. Pengusaha jamur kuping hitam banyak yang gulung tikar. Trend memang bisa berubah ya, tergantung kita mampu bertahan atau tidak. Jamur ini mampu mengatasi hipertensi serta anemia. Keren, ya.

3.  Jamur Merang

Jamur merang (sumber gambar tipspetani.blogspot.id)
Tekstur jamur ini lemur dan rasanya manis. Banyak penggemarnya juga nih, Sob. Ternyata jamur merang ini bisa mencegah tumbuhnya sel kanker, mencegah anemia atau kurang darah dan sangat baik dikonsumsi penderita penyakit jantung.

Diantara ketiga jamur di atas, mana yang paling Sobat suka?
Resep cara membmuat jamur crispy renyah dan kriuk kali ini kita pakai jamar yang nomor pertama, yaitu jamur tiram. Sobat tahu kan jamur berwarna putih susu ini mengandung banyak kalori, mineral juga kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu jamur tiram ini mengandung beberapa jenis vitamin. 

Eh ternyata jamur tiram ini bisa mengurangi berat badan juga. Yuhuii… keren ya. Tak hanya itu, kadungan yang dimilikinya mampu mengurangi kadar kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

Mungkin belum banyak yang tahu jika jamur tiram ini juga memiliki sifat anti bakterial dan anti tumor agar tubuh kita terbebas dari aneka penyakit.

Resep jamur Crispy Renyah dan Kriuk yang cepat dan sangat mudah
Buat Sobat yang suka ngemil sehat, bisa loh coba resep ini. Bikinnya nggak sampai seperempat jam. Menggorengnya yang agak lama. Persiapannya sangat cepat dan mudah sekali.

Bahan yang Sobat musti sediakan sebagai berikut:
1.     250 gram jamur tiram.
2.    3 sendok makan tepung bumbu jadi kentucky atau bumbu lain yang Sobat suka.
3.    3 sendok makan tepung beras.
4.    1 sendok tepung maizena.
5.    1 butir telur ayam.
6.    1 sendok teh garam halus atau sesuai selera.
7.    Minyak goreng secukupnya.

Penasaran cara membuatnya? Lanjut yuk :
1.     Cuci jamur tiram hingga bersih. Potong atau suwir (kalau aku lebih suka suwiran tipis). Tiriskan airnya.
2.    Taruh jamur tiram dalam loyang.
3.    Tambahkan 3 sendok makan tebung bumbu kentucky, 3 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan tepung maizena, dan 1 sendok teh garam halus.
4.    Campur dan balurkan hingga merata.
5.    Panaskan minyak goreng dalam wajan.
6.    Sambil menunggu minyak goreng panas, tambahkan 1 butir telur dalam loyang berisi jamur tiram di atas. Campur hingga merata.
7.    Goreng dalam minyak panas.
8.    Apabila sudah menguning, tiriskan.
9.    Jamur crispy renyah kriuk siap disajikan. Penyajian bisa ditambah saus atau kecap. Sesuai selera.

Nah, kalau dihitung-hitung nggak ada ¼ jam bikinnya. Jadi nggak bikin Sobat rempong apalagi capek. Oh ya, kalau buat aku dan keluarga sendiri, jamur crispy renyah dan kriuk serta mudah bnanget ini makannya nggak perlu pakai apa-apa. Tinggal makan saja hihihi. Tapi banyak yang suka juga kalau ditambah saus atau kecap. Itu sih masalah selera ya.

Sedikit tips ya Sob. Jamur tiram ini mudah sekali layu. Andai beli dan tidak langsung dimaak, taruh langsung di kulkas. Kalau hanya sehari masih tak masalah sih. Kalau sudah 2 hari warnanya akan mulai menghitam, layu dan nggak segar lagi. Saranku, kalau beli ya harus langsung dimasak. Semua masih fresh dan segar. Hasil masakannya juga maksimal.

Buat sobat semua, langsung yuk bikin jamur crispy renyah dan kriuk nggak pakai susah ini.

Baca juga:
Resep Puding Coklat Mudah dan Enak 
Timus, Teman Minum Teh di Sore Hari 
Pisang Meises Keju 


40 komentar:

  1. Kalo udah digoreng ke-crispy-annya tahan berapa lama mba? Ada ga resep biar awet crispy?

    BalasHapus
  2. Tiap siang aku jajannya ini mba ahaha enak pake banget anakku juga doyan pengen bikin tapi taku gagal suka syedih ntar kebuang wkwkkwkwk

    BalasHapus
  3. Wah udah dari dulu pengen tahu resep jamur ini, ooh jadi pakai tepung beras dan maizena juga? kangen sekali dengan jamur tiram. Di Jerman jarang ada, paling banyak ada jamur champignon (aku nggak tahu bahasa indonesianya apa ya). :D
    makasih resepnya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga jenis jamur lain kali ya Mbak :) masama :)

      Hapus
  4. enak mbak jamur krispi... suka bikin juga (kalo pas lagi ga males, hehe)

    BalasHapus
  5. Kalau jamur kancing ada nggak ya mba!

    BalasHapus
  6. Saya sudah pernah buat crispy dari jamur tiram aja,,
    Memang enak banget rasanya,,
    tapi membuatnya otodidak, pakai tepung bumbu instan kasih air di banting ke tepung terus di goreng,, lumayan mantap,, sedaaap

    Kalau jamur yg lain belum pernah makan, apalagi jamuran..

    BalasHapus
  7. suka banget sama jamur crispy, suka beli misal pas makan diwarung deket kost'an. boleh dicoba ni resepnya mbak. besok kalau pas pulang kerumah iseng-iseng coba bikin :)

    BalasHapus
  8. Mbak widya, nanya dong, kalo penambahan telurnya itu untuk apa ya? Nambahin tekstur jamur sama tepungnya biar crispy gitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lumayan ngembang dan sedikit empuk Mas Agung

      Hapus
  9. Aku pernah bikin juga mbak setoples langsung tandas. Malah adik2 pada nanya kok nggak masak lagi? Hahaha. Jadi laper :p

    BalasHapus
  10. Buat sarapan di pagi harikayanya enak, buat bekal di sekolah buat anak kita juga enak nih!

    BalasHapus
  11. Suka banget sama jamur krispi mba. Teringat kenangan juga ketika SMA, jualan jamur krispi, stiap istirahat keliling kelas..he
    Kangen pengen bikin lagi mba..he

    BalasHapus
  12. Kelihatannya kremiyuk, mbak, mau beli bahannya dulu saya pingin nyoba, harap bisa sama rasanya dengan buatan, mbak wahyu. Hehe

    BalasHapus
  13. Di depan komplek rumah juga ada yang jual, harganya cuma Rp.5000/porsi

    Rasanya makyos banget!!
    Ya.. Kalau sampean mau maketing jamurnya ke Tangerang saya gak' akan nolak he..he 😂

    BalasHapus
  14. Ternyata banyak ya, jamur yg bisa di goreng renyah, jadi makanan yang bergizi jga. Kunbal y

    BalasHapus
  15. Jamur crispy ini kesukaan si gadis kecilku nih, bisanya selesai menggoreng habis juga yang sudah di goreng hehe
    jadi yang goreng nggk kebagian
    betul sekali jamur sebaiknya cepat di olah jgn dibiarkan lama-lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, memang sering kayak gitu juga aku Mbak

      Hapus
  16. Kesukaan anak-anakku ini mbak, jamur krispi...aiih jadi pengen bikin buat cemilan malam mingguan nih

    BalasHapus
  17. Jamur tirap pastinya yang lebih enak, karena siwirannya mudah sekali. Dulu sewaktu kecil, ibuku sering membuatnya dan dijual keliling. Rasanya gurih dan nikmat.

    BalasHapus
  18. mbak wahyu suka masak ya?anak2 ku juga suka nih jamur krispi mbak....murah meriah dan bergizi

    BalasHapus
  19. Saya belum pernah cobaa yg jamur merang mbak hehee btw thank you for sharing resepnya 😁

    BalasHapus
  20. saya dulu pernah takut bgt sama yg namanya jamur karna udah parno sama yg beracun.
    tp beberapa kulinernya yg aman dikonsumsi enak juga
    hahaha

    BalasHapus