Jumat, 26 Mei 2017

Menu Buka Puasa Favorit



Menu Buka Puasa Favorit

Dear, Sob…
Insyaallah, besok kita mulai menjalankan ibadah ramadhan. Sebelumnya juga, aku mohon maaf kalau selama ini ada salah tulis salah ucap salah komen ya, Sob.

Alhamdulillah, kita masih diberi kesehatan dan nikmat yang sangat luar biasa dari Allah SWT, hingga kita bisa menikmati ramadhan lagi, amin.

Belum juga hari pertama dimulai, teman-teman grup Blogger Gandjel Rel yaitu Mbak Hidayah Sulistyowati dan Mbak Ika Hardiyan Aksari memilih tema menu paling favorit saat bulan penuh berkah ini. Walau bingung semua karena bagiku semua makanan itu favorit, akhirnya aku memilih beberapa menu yang biasana (selalu) ada saat puasa.

Oh ya, Mbak Wati, merupakan blogger yang sangat ramah. walau belum pernah bertatap muka, aku rutin mengunjungi blognya yang apik. Sedangkan Mbak Ika, merupakan blogger yang aktif juga. Beberapa artikelnya tentang dunia anak dan mengajar membuatku sering mbrebes mili lho, Sob.

Tahu Asin

Balik lagi ke topik ya, minuman buka puasa ini di keluargaku diawali dengan minum teh manis. Yes, kami sekeluarga memeng penggemar berat teh manis ini. Teh tabur khusus keluarga yang didiamkan dulu dalam teko wasiat selama kurang lebih 30 menit, hihihi. Kami sebut nyencem teh.

Baru deh kalau teh sudah tercencem dengan sempurna, dibagi dalam beberapa gelas khusus. Gulanya juga nggak banyak kayak beli di warteg, cukup sepucuk sedok teh saja.  Orang Jawa bilang manise mondo2. Nggak begitu manis tapi nggak pahit juga.

Sekarang menu makanan buka puasa apakah yang jadi favorit?

1.  Tahu asin
Sob, ini nggak tahu sembarangan loh. Karena nggak semua tahu rasanya seenak ini. Tahu beli khusus di langganan ibuku sejak tahun 1970 (ngarang) wkwkwk. Yah, pokoknya tahunya nggak beli sembarangan. Biasanya bili 10k gitu untuk 2 hari untuk orang serumah. Super hemat, ya.

Mau tahu cara bikin tahu asin ini? gampang banget.
-      Sediakan tahu pong secukupnya.
-      Bawang putih 2 siung.
-      Garam secukupnya.
-      Air mendidih.
Caranya:
-      Bawang putih dan garam diuleg halus.
-      Tambahkan air mendidih.
-      Masukkan tahu pong.
-      Air mendidihnya sampai tahu pong kecelup atau kerendam semua ya. Tapi nggak usah terlalu banyak, biar bumbunya terasa.
-      Diamkan kurang lebih 30 menit atau bisa juga lebih.
-      Angkat dan peras.
-      Hidangkan dengan cabai rawit.

Tahu ini nggak kayak gorengan (walaupun tahu pong juga digoreng) pada umumnya. Selain sudah didiamkan dulu dan dikasih bumbu, tahu asin ini rasana nggak eneg, nggak bikin tenggorokan panas apalagi gatal kayak habis makan gorengan. Pokoknya 30 hari puasa tahu asin ini bisa dimakan saban buka puasa. Aman di perut juga, insyaallah puasa lancar.

2.  Es blewah campur-campur

Es blewah (foto by parimbo.com)

Suger banget es blewah ini. Gampang kok cara bikinnya. Blewah diserut, tambahkan nangka, tape, degan, pisang, cao, wes to apapun buah yang ada di rumah. Tambahkan sirup dan susu kental manis. Bisa tambahkan es serut atau es batu. Tanpa es pun nggak masalah. Biasanya sih aku bikin sore, kutaruh kulkas dulu bermangkok-mangkok, jadi nanti tinggal ambil saja pas mau makan. Glek glek, gituh.

Oh ya, jangan buang biji blewah. Karena... kapan-kapan deh aku posting :D

3.  Lotis

Lotis

Serumah sukanya memang sama buah, jadi apapun buahnya pasti ludes dimakan hehehe. Lotis merupakan kumpulan beragam buah yang dikupas, diiris acak kecil besar boleh. Lalu tambahkan bumbu sambal lotis yang terdiri dari bawang putih, cabai, kencur, asam, gula jawa, garam, uleg deh. Beres. Menu puasa lotis ini jadi andalan keluarga. Tentunya nggak eneg juga, dan bikin seger di badan. Kalau nggak bikin es blewah campur aduk, lotis ini gantinya.

4.  Urap
Selain  buah-buahan, aku suka sekali sama sayur, terutama urap. Pokoknya apapun hasil kebunnya, direbus, kasih sambal, beres deh. Kadang aku kasih bumbu urap kelapa, kadang juga pakai bumbu pecel seadanya.

Selera orang memang beragam ya. Ngomongin menu buka puasa memang nggak ada habisnya. Yang penting pilih makanan yang sehat dan bergizi. Karena tubuh kita akan fit dan tetapp segar dengan asupan makanan yang seimbang.

Semoga kita bisa menjalankan puasa kali ini dengan maksimal ya Sob. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Baca juga:

65 komentar:

  1. Balasan
    1. kenapa buka puasanya nggak dengan yang manis ya, kecuali es blewahnya...bukannya disarankan berbukalah dengan yang manis bukan malah tahu asin....asin dong?

      Hapus
  2. es blewah, tetep juaranya
    ato es dawet es doger dan es es lain
    duhhh udah gak sabar puasa mbak

    BalasHapus
  3. Gak nyangka ya, sampean punya teko wasiat juga ya. Awas keluar jin dari situ mbak he..he.. πŸ˜‚

    Buka puasa pertama rupanya sampean sudah mempersiapkan menu spesial ya, walaupun hanya sebuah tahu, tapi jika diracik dengan bumbu cinta...?? Apa coba..! πŸ˜ͺ
    Maksudnya dibuat dengan penuh rasa cinta maka akan menjadi tahu bercita rasa spesial.

    Dan ingat satu hal penting yang tidak boleh dilupakan, yaitu jangan lupa kirim tahunya besok ketangerang saat berbuka puasa ok πŸ˜‚

    BalasHapus
  4. Lebih minat esnya mbak Wahyu :D Hehehe..
    ohh iya sama kurma..

    BalasHapus
  5. Kalau pas waktunya berbuka., seger juga ya kalau ada es blewahnya? apa lagi kalau es blewahnya di campur2 kayak yang di atas.., pasti mantep deh.

    BalasHapus
  6. wah aku dapat referensi nih untuk buka puasa keluarga tercinta, terima kasih ya
    sekalian aku mau minta maaf lahir batin mungkin ada komentar atau tulisanku yg tdk berkenan

    BalasHapus
  7. Yummyy tuh pasti tahu asin apalagi dimakan panas2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak Mbak, paling ange, kan udah direndam setengah jam sendiri

      Hapus
  8. loh kok aku baru tahu lotis mba disini ga ada sama ekk rujak apa manisan gtu mb?mmm seger smg besok ga terngiang2 postingan ini apalagi pas siang bolong ahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda dikit Mbak hehehe
      Moga nggak deh wkwkwk

      Hapus
  9. saya akrabnya cuma sama list terakhir :D
    eh..es blewah juga kadang suka bikin

    BalasHapus
  10. Menu sehat ini mbak. Seger n full.serat .hihi cucok utk.busui :D
    Met puasa ya mbak

    BalasHapus
  11. menu buka puasanya buanyaakkk jadi ga perlu makan lagi, hahaha udah keburu kenyang

    BalasHapus
  12. menu buka puasa favorit keluargaku biasanya yang manis-manis Mbaa, seperti es buah, kolak, pisang ijo, teh manis + kue-kue :)

    BalasHapus
  13. Es blewahnya bikin cleguk cleguk hehe

    BalasHapus
  14. Aku suka tahu pong tapi yang nggak asin mbaaak...hihi
    kalo asin, darting ku bisa2 kambuh :p

    BalasHapus
  15. ngomongi es blewah jadi kangen rumah ini mbak hehe
    biasanya kalau pas puasa di rumah takjilnya itu dicampur sirup strawberry, mantep :)

    lotis? yakin mbak? nggak kuat kalau saya pas buka langsung diisi lotis haha

    BalasHapus
  16. Wah, ketemu juga sama es blewah di sini. Tadi di tempat Mbak Dini juga favoritnya es blewah. Sayang kalo di sini blewah masih mahal, Mbak. Jane suegeeer banget ya.

    Makasih ya, Mbak, sudah meramaikan arisan blog yang kedua ini.

    BalasHapus
  17. Favoritku urap mb..aku penggemar sayuran soalnya. Urap, pecel, lotek...hobi diriku. Hemat dan sehatπŸ˜€

    BalasHapus
  18. Waah, kalu baca posting ini saat puasa ya jadi kepengen untuk segera buka. hehehe.

    Selamat berpuasa, Mbak Wahyu. Semoga kita benar-benar menjadi hamba yang bertaqwa. Aamiin.

    BalasHapus
  19. Jadi penasaran dengan tahu asinnya nih mbak Wid, semoga kapan-kapan bisa bikin sesuai resep ya, kalau lihat resepnya sih kayaknya mudah, tapi entahlah karena saya nggak bisa masak hehe..

    Menu lainnya lotis dan urap itu sangat menyehatkan, penting sekali ketika sedang puasa kita konsumsi menu sehat ya mbak :)

    BalasHapus
  20. Saya suka banget dengan tahu, mbak, tak coba deh tahu asinnya sepertinya mudah banget bikinnya.

    Selamat menunaikan ibadah puasa ya, mbak.

    BalasHapus
  21. Aku juga suka es blewah, tapi puasa tahun ini lum kliatan yg jualan blewah.
    Kalau lotis, dkmpungku biasa dsebut lotek atau rujak

    BalasHapus
  22. baru tahu kalau ada blogger gandjel rel hehe

    wuaa, ini mah fav mamaku semuaa hihihi apalagi tahu, sampe sha bilang everyday tahu hahaha gak cuma ramadhan aja, tiap hari a must banget kayaknya dg berbagai cara pengolahan :D

    BalasHapus
  23. Kalo lotis itu makanan apa ya mbak? Blm tau.. Hehe

    BalasHapus
  24. Yummi pisan iniii...es blewaah..penasaran tahu asinnya mba..

    BalasHapus
  25. tahu asin, errrrr. gimana ya rasanya mbak -_-

    BalasHapus
  26. Nggak sakit perut tuh, buka puasanya pakai lutiss! Kalau sy perut jadi melilit

    BalasHapus
  27. baru tahu asli tahu dibegitukan ... mantaab !
    kebayang rasanya asin gurih bikin gak brenti nyemol

    idenya darimana mba? menarik.

    dimakan dg nasi panas .. plus sambal tentunya !

    terimakasih saya ikut menikmati tahunya .. nyaaamm :)

    BalasHapus
  28. Tahu asin itu macam tahu serasi dan suharno itu ya mbak? kalau aq goreng tahu asin kaya gitu suka aku balurin tepung maizena biar luarnya crispy :)

    BalasHapus
  29. Lebih tertarik sama es blewahnya .. hehe
    Tapi penasaran jga sama tahu asinnya, cocok banget memang, berbuka sama tahu asin dan minumnya es blewah. Beuh. cocok :)

    BalasHapus
  30. Tahu asin memang enak ga bikin eneg.. Aku jg suka tahu udang n tahu bakso bwt buka mb..

    BalasHapus
  31. Baru tahu cara bikin tahu asin ini mba, seringnys beli. Ini tahu kayak yg dijual keliling di jalan raya itu kan. Tapi aku sering belinya di warung jajanan

    BalasHapus
  32. Tahuny habis diperas digoreng lagi ga mb? Jadi kaya tahu bulat gt kah? Kq jadi pengen nyoba...

    BalasHapus
  33. wahhhh menu2 yg berselera buat berbuka...nice inpoh.... thanks

    BalasHapus
  34. menu tahu asinnya menarik mba, simpel tapi enak kayae..blm nyoba soalnya

    BalasHapus
  35. lotis itu seperti rujak buah?
    btw, tahu pong sudah digoreng sebelumnya kah? kok ga pake digoreng atau direbus

    BalasHapus
  36. Hayyo loo, kenapa tuh biji blewahnya.
    Karena....kapan2 deh ninggalin komen lagi di tulisan ttg alasan biji blewah harus diselamatkan dr negara api yang menyerang..
    *lah

    Pengen resep tahu pongnya ah...
    Walo sekeluarga, cuma aku yg suka tahu.
    Yg lain pemuja tempe garis keras..hahahaha

    BalasHapus
  37. lihat tahu asin tiba tiba inget terminal... heheu.. *tau dong mbak?

    BalasHapus
  38. Kalo es marem dah pernah coba mba. Seger banget ituu

    BalasHapus
  39. Waduh, salah waktu berkunjung. Jam segini lihat banyak makanan penambah selera.Saya baru tau, resep tahu asinnya, Mbak. Gak pakai digoreng dulu, ya...?
    Es sama lotisnya menggoda, Mbak....

    BalasHapus
  40. Es blewah tidak pernah saya temuim diMakassar, karna ini es khusus racikan jawa ya... Rasa dan aroma nonjok banget, kalau gitu saya mau kesasar nyari blewah, mau saya praktekin bikin es blewah neng

    BalasHapus
  41. es blewahhhh... duh itu favorit orang rumah bangettt...

    BalasHapus
  42. wihh...mantaf banget nih mba es blewahnya..hihi
    makanan lotis ituu apaa yahh..baru denger... hihi

    BalasHapus
  43. Kegemaranku semua iku mba :-D
    enak kabeh je :-D

    BalasHapus
  44. di foto Lotis itu bangkuang ya mbak? kukira lontong, hehe
    Tahu seminggu ini menjadi makanan buka puasa yg digemari di rumah, rasanya lebih gurih dibanding tempe, es buah juga selalu bikin karena alhamdulillah punya pohonnya dan pas berbuah

    BalasHapus
  45. Waah, seger banget mbak menu2nya. Apalagi tahu asin saya sangat suka banget. Mau nyoba nih resep2nya.

    BalasHapus
  46. Bagi kami para anak kos, air putih dingin rasa dawet mba πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  47. Aku mau es blewahnya mbaa. mmh so yummy :)

    BalasHapus
  48. lotis itu rujak buah bukan sih?

    BalasHapus
  49. saya paling suka es kelapa muda , tapi es belewah suka juga sih..selain itu saya juga suka buka puasa dengan siomay, bakso, gado-gado ehh banyak ya hehehe

    BalasHapus
  50. Lotis rujak kan ya?


    buuuuu, yaampooonn sadeeesss banget rujak jadi menu buka favorite abis itu mules-mulesnya gimanaaa???

    tahu pong itu kayak gimana sih macem tahu bulat itu ya? denpasar ga ada mah tahu bulat yang pake mobil pick up, sedih :( padahal itu tahu enak banget emang

    BalasHapus
  51. Enak-enak tuh menunya.
    Bikin ngiler.
    Terutama esnya itu.
    Bagi-bagi dong mbak :D

    Kalo di sini menu favorit itu bubur pedas dan anyang pakis.

    BalasHapus
  52. Tahu asin kesukaan saya, saya biasanya suka yang kering tapi asin gitu, enak bangetttttt, aplagi ditambah sambel didalemnya uhhhh pengenn

    BalasHapus