Senin, 27 Maret 2017

Resep Puding Coklat Mudah dan Enak Serta Manfaatnya



Resep Puding Coklat Mudah dan Enak Serta Manfaatnya

Puding Coklat
Dear Sob, ada yang suka puding coklat?

Iyes, puding coklat memang banyak disukai banyak orang. Terutama anak-anak. Selain teksturnya yang lembut dan rasa coklatnya yang kebanyakan anak suka, puding coklat ini benar-benar bikin mulut meleleh. Mau dan mau lagi, bagaimana denganmu, Sob?

Rasa memang tak pernah bisa bohong. Makanan yang terbuat dari agar-agar yang banyak mengandung serat ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Pasti sudah banyak yang tahu betapa pentingnya serat bagi tubuh. Selain memperlancar pencernaan, serat juga membersihkan usus.


Bayangkan andai tubuh kekurangan serat. Ke belakang jadi kurang lancar, perut jadi sebah dan tentu saja hidup lu jadi nggak nyaman. Hehehe. Metabolisme tubuh yang terjaga dengan baik akan berakibat positif pula dalam keseharian. Kita nyaman, badan enak, bekerja juga semangat. Jadi nggak rugi kok kalau Sobat semua menggemari puding.


Jadi pingin masak puding coklat nih.
Atau beli saja? Banyak kok dijual beragam puding coklat ini. Di pasar, di supermarket, di toko roti, pasti ada. Tinggal ambil dan bayar. Tapi hati-hati ya, banyaknya zat pengawet dan pewarna buatan yang nggak jelas juntrungnya pada makanan sering ditambahkan para penjual yang nakal. Lebih aman bikin sendiri kali, ya…

Tapi kok kerjaan masih numpuk? Cucian belum kering, ngepel rumah juga nggak kelar. Ough.. kalau  gitu terus ya kapan bahagianya, wkwkwk. Hallah, abaikan Sob.

Kerjaan menumpuk tak harus membuat kita stres kan, Sob. Banyak cara bisa dilakukan supaya otak kita tetap segar dan semangat. Yang suka mancing, mancinglah sana ke kali, yang suka nulis, ya hidupin lepi, yang suka shopping, ya sanalah ke mall.

 Yang suka masak, bisa mencoba banyak resep yang ada di blogku ini *walau hanya beberapa biji, hihihi. Atau memasak masakan yang biasa saja juga boleh. Yang penting kita hepi memasaknya. Percaya deh, kalau sudah senang, kerjaan yang bertumpuk-tumpuk kayak tumpukan buku itu akan kelar dengan sendirinya.


Nah, jadi gimana? Masih entar-entar masaknya?
Jadi dong! Cuaca yang lumayan cerah ini membuatku ingin mencoba resep puding coklat yang tak biasanya. Biasanya resep puding coklat ini ya gitulah seperti tertera pada bungkusnya.

Mau yang beda? Bisa kok. Resep puding coklat nutrijel ini juga bisa dijadikan beragam kreasi lain. Kali ini aku menggabungkan 2 bahan utama untuk resep puding coklat ini. Yaitu agar-agar coklat dan nutrijel coklat. Kenapa nggak puding coklat nutrijel aja atau puding coklat agar-agar aja?

Begini Sob, kalau agar-agar saja ya nggak ada istimewanya. Dan cepat sekali hancur saat dimakan atau disendok. Kalau nutrijel doang teksturnya terlalu kenyal untuk si jagoan kecil. Walau rasanya sudah top markotop tanpa tambahan apapun, beberapa kali kejadian makanan sudah tertelan sebelum dikunyah saking kenyalnya, hehehe.

Akhirnya untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang diinginkan, campur saja kedua bahan itu. Biar dikatakan kreatif juga :D

Sudah nggak sabaran lagi? ini dia resep puding coklat ala daku :
Bahan:
1.     1 saset nutrijel rasa coklat kemasan ekonomis 20 g.
2.    1 saset agar-agar warna coklat 7 g.
3.    1 gelas gula pasir atau sesuai selera.
4.    4,5 gelas air.
5.    Garam sejumput kecil.

Cara membuatnya mudah sekali:
1.     Tuangkan nutrijel, agar-agar dan gula pasir, garam dalam panci. Campur hingga rata.
2.    Tambahkan 4,5 gelas air ke dalam panci, aduk hingga rata.
3.    Panaskan dan aduk-aduk hingga mendidih.
4.    Tuangkan ke dalam wadah/cetakan/cup.
5.    Diamkan dan dinginkan.
6.    Taruh dalam kulkas.

Yap, mudah pakai banget kan? Anak kost aja bisa buat nih kalau yang kayak gini, hehehe.

Puding coklat susu kental manis
 Kalau sudah dingin, tinggal diiris dan siap dihidangkan, Sob. Untuk member rasa yang lebih meleleh di mulut, bisa juga lho ditampahin resep puding coklat susu ketal manis putih di atasnya. Rasa gurihnya endes banget. Pokoknya makan puding coklat ini nggak bakalan bosan deh.

Oh ya, gimana kalau kita lagi ingin berat badan turun? Tenang, tak perlu takut gemuk ya Sob kalau makan puding coklat ini. Walau mengenyangkan, ternyata nggak menggemukkan kok. Jadi nggak perlu khawatir.

Dan ternyata selain kaya serat yang sangat berguna bagi tubuh seperti dibahas di awal tadi, puding juga punya manfaat lainnya. Berikut ini yang terangkum dalam berbagai sumber:
1.     Makanan diet. Nah lho, menggembirakan banget kan? Puding nggak harus dihindari buat yang berbodi melar. Seatna bikin metabolism tubuh lebih terjaga. Dan baik dikonsumsi para obesitas.
2.    Mencegah kanker.
3.    Sebagai antioksidan. Pada rumput laut yang merupakan bahan agar-agar terdapat klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini sebagai penangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Puding coklat ternyata kaya manfaat ya, Sob. Tak perlu entar-entar lagi bikinnya. Resep puding coklat yang mudah dan enak ini bisa langsung Sobat praktekkan kok. Yuk, tunggu apalagi?



28 komentar:

  1. Enak banget ini mbak Wid. Saya juga lebih suka membuat sendiri puding kayak gini karena mudah. Kalau beli mungkin jatuhnya lebih mahal yaa..

    Sebelum dimakan disimpan dalam kulkas dulu biar dingin, pasti tambah segarr..

    BalasHapus
  2. Ih aku suka banget, Mbak. Tapi kalo yg puding harganya kan emang lebih mahal ya. Seringnya aku bikin yg rasa melon. Tak masukin cetakan es popslice terus kasih batang es krim. Kak Ghifa suka banget Mbak. Seminggu paling dikit aku bikin dua kali. Hihihi.

    BalasHapus
  3. wah ini kesukaan anakku nih, biasanya aku juga buat dicampur gitu nutrijel dan agar2 swalow, kalau terlalu kenyal kurang begitu suka

    beli? Mungkin enakkan buat aja deh! kan lebih sehat tinggal contek cara buatnya dari blog awan hero haha

    BalasHapus
  4. biasanya saya beli mbak di dekat tempat kerja saya hehe...pakai nutrijel lebih kenyil lebih nikmat :D

    BalasHapus
  5. puding emang tambah lezat ketika di seduh dengan fla...beli puding coklatnya ah

    BalasHapus
  6. Tutorialnya simple, saya pikir akan bisa membuatnya

    BalasHapus
  7. Gak mau masak, tapi pengen makannya aja mbak.. Hehehe

    BalasHapus
  8. Yei..kemaren aku beli ager2 warna coklat... Bisa dicoba esok pagi ni mbak

    BalasHapus
  9. aduh...salah baca nih. jadi ngiler mbak...

    BalasHapus
  10. aku dan anak2 suka banget puding mbak...selain sehat juga bikinnya mudah ya dan bagus untuk pencernaan

    BalasHapus
  11. Wenakk, lebih suka yang nutrijel rasa-rasa buah gitu sih. Segerr hehe

    BalasHapus
  12. wuhuhuhu enakeee
    aku mauuu, aku suka puding

    BalasHapus
  13. agar agar, kenyal kenyal. minta donk mbak. :)

    BalasHapus
  14. saya suka sekali sama coklat
    sering bikin juga sih. liat post ini jd kepingin..udah lama ga buat dirumah :)

    BalasHapus
  15. Kenapa puding coklatnya belum dikirim kerumah mbak! 😪

    Sudah hari jumat loh sekarang, piye iki mbak..?

    Lama tak bersua, numpang nyicip puding diblog sampean ah.. 😂

    BalasHapus
  16. wah pakai dikasih sejumput garam mbak? biar gurih atau?
    aku juga paling suka puding coklat mbak,,, yang lain nggak begitu suka :)

    BalasHapus
  17. liat puding pagi2 rasanya perut adem, mesti nyoba resepnya, sepertinya bisa praktekin :)

    BalasHapus
  18. Mbaaakk widyaa mauu dikirimin ini ke kosan dong 😁😁😁 yummy bingitss kayanyaa 😂

    BalasHapus
  19. wahhh, jadi pengen buat puding juga :)
    sebentar tak buat ahhh :)

    BalasHapus
  20. Enak banget nih! bisa di coba di rumah. sehat lagi

    BalasHapus
  21. Lihat puding ini jadi pingin bikin, tapi masih hari jumat, besok hari minggu saya coba resepnya, mbak.

    BalasHapus
  22. ini kalau puasa aku juga bikin tiap hari buat takjil
    emang enak mbak..

    BalasHapus
  23. berkreasi berbagai menu lezat memang asyik, apa lagi buat di sajikan untuk suami tercinta huuuu.. .di santap berduaan lebih maknyus kali ya... Kalau sudah makan berduaan. ..puding coklat rasa strowbery

    BalasHapus
  24. sedap yummy enak
    kamu kreatif banget masak-masak gini to Mba
    bikinin aku yes, kalo main ke tempatmu hahahha

    BalasHapus
  25. Tinggal santappp :D
    #Maunya..

    BalasHapus