Senin, 13 Februari 2023

Tanpa Kata, Momen Minta Maaf Ini Selalu Bikin Menangis

Tanpa Kata, Momen Minta Maaf Ini Selalu Bikin Menangis

Hidup tak selamanya lurus, bahkan sering berbelok ke arah belokan tajam tanpa ujung. Saat memiliki kesalahan tapi kesombongan datang, hasilnya adalah memendam perasaan pilu.

minta maaf


Namun, ada suatu momen yang selalu menimbulkan tangisan tanpa henti. Sebab, permintaan maaf akhirnya ada, tanpa kata atau tanpa ucap sedikitpun.

Momen Itu

Momen itu, dalam usia yang semakin beranjak menua, adalah hal yang kadang menakutkan. Takut akankah masih ada sisa usia yang diberikan sang Khaliq pada diri penuh noda ini.

Kalimat Sakti

Momen itu hadir dalam waktu tertentu. Dulu, ada kalimat yang harus dihafal, dan aku mengingatnya sampai sekarang. Kuajarkan juga pada si kecil yang beranjak meremaja sekarang ini.

“Ngaturaken sugeng riyadi sedoyo kalepatan nyuwun pangapunten.”

Selamat hari raya Idul Fitri, semua kesalahan mohon dimaafkan, begitulah kira-kira artinya.

Kalimat biasa saja saat hari lebaran datang. Namun, sangat sakti saat aku tak mampu mengucapkannya di depan kedua sesepuh yang sangat kucintai.

Dulu, dengan gelak tawa bahagia dan permintaan “nyuwun pangapunten” akan selalu kulantangkann ketika bersimpuh di hadapan orang tua.

Dengan hamparan aneka makanan dan camilan yang telah tersedia lengkap di meja dengan warna warni penuh rayuan menggoda untuk dicicipi.

Saat Lebaran

Ya, lebaran, momen mengharu biru yang selalu berbeda setiap tahunnya. Bagi yang lain, kata itu terucap mudah. Bagiku, sekarang adalah kalimat sakti yang kupendam di hati.

Selain bulir air mata yang luruh duluan, juga segala dosa yang entah mengapa mendadak muncul di depan mata. Rasanya tak cukup apapun yang telah kuberi pada kedua cintaku itu.

Minta Maaf, Minta Doa

Sekarang ini, ajang minta maaf adalah setiap waktu, bahkan setiap detik bukan saat tertentu saja. Dengan begitu, segala pengap yang kadang muncul di dada akan lega.

Aku menyadari begitu banyak dosa yang sengaja atau tidak sengaja. Terlebih jika ada kekurangsabaranku saat membersamai beliau berdua.

Dalam sentuhan maaf, selalu kuinginkan doa. Doa orang tua yang alhamdulillah selalu ada hingga sekarang ini.

Kalimat Sakti Memberi Kelegaan Luar Biasa

Ya, hanya dengan minta maaf, semua lebih lega. Lebih dapat memaknai hakikat hidup sebenarnya. Meskipun masih tertatih, minta maaf adalah kalimat sakti yang memberi keberkahan dalam menapaki terjal kehidupan.

 

Baca Juga:

Bapak Ibu, Inspirasi Tanpa Batas

3 Kata Ajaib

Hati-Hati dengan Ucapan


 

0 komentar:

Posting Komentar