Jumat, 14 Oktober 2016

7 Cara Mengggali Ide Nulis



7 Cara Mengggali Ide Nulis

Hai, Sob…
Pernah nggak sih pingin nulis tapi nggak ada ide sama sekali? Kalau aku sih pernah, dan sering. Tapi, kalau kita memang sudah jatuh cinta sama nulis, rasanya aneh kalau mau nulis saja nggak ada ide. Terutama malu pada diri sendiri hehehe. 

Kalau melihat  para penulis sekaliber Enyd Bliton, R.L. Stine, Mira W, yang kekinian seperti Ariny NH, ide dan cerita mereka ciamik, lho. Bagi aku yang suka kisah misteri dan detektif, gaya Enyd Bliton sangat kusukai. Wih, pokoknya baca judulnya saja sudah penasaran banget. Lembar pertama, lanjut lembar berikutnya, sampai habis. Kok bisa, ya?

Tapi, nggak usah bingung sendiri, ada banyak cara agar ide di kepala terus mengalir bak air terjun Curug 7 Bidadari. Aku punya cara tersendiri untuk menyiasatinya. Versiku ya, Sob, boleh dicoba saat mentok cari ide. Cuzzz:

1.    Melihat dan mengamati
Ya, melihat adalah hal pertama yang sebaiknya kita lakukan. Melihat bunga di taman, melihat gunung menjulang, melihat padi tertiup angin, bisa menghasilkan rapalan ide terkeren di kepala kita. Apalagi melihat yang ijo-ijo, tanaman yang segar, biasanya bikin segar juga, Sob.
Tak lupa mengamati. Melihat sekilas kadang tak terekam di otak, kalau kita lihat dengan detil, akan ada hal khusus yang melancarkan ide di kepala. Untuk yang sudah punya jagoan, tak perlu bingung, amati saja jagoan kecilnya bermain. Dalam diri anak kecil, banyak ide luar biasa yang dapat kita dapatkan. Terutama saat menulis cerita anak.

2.    Membaca
Bacalah buku sebanyak-banyaknya. Nggak punya uang buat beli buku? Pinjam, hehehe. Sob, hari gini perpustakaan di sekolah dan daerah sudah nggak kayak jaman dulu. Buku-buku sudah banyak pilihan dan lengkap. Kalau Sobat mau, bisa kok pinjam di perpustakaan. Nggak hanya baca buku, koran atau majalah, bahkan, aku sering dapat ide dari membaca sebuah nama toko. Bahkan dari pembungkus kacang rebus yang kita beli. Selarik kata, yang menimbulkan ide selangit.

3.    Nonton
Ini sih bagi yang suka nonton TV atau film. Sinetron yang sering bikin gemes ceritanya bisa jadi ide menarik untuk ditulis. Film horror bikin kita punya ide tak kalah cemerlang dengan film yang habis kita tonton. Bahkan, artis dan karakter tokoh dalam sebuah film bisa membuat ide gokil yang lain dari yang lain.

4.    Jalan-jalan
Piknik, Sob! Kemana? Ya kemana-mana, hehehe. Nggak usah diragukan lagi, dengan jalan-jalan ada banyak yang bisa kita tuliskan. Tak perlu jauh-jauh sampai luar negeri (tapi kalau mampu kenapa nggak, sih?). Jalan ke pasar misalnya atau jalan-jalan sore sambil olahraga di lapangan. Sumpah, deh, selain bikin Sobat sehat, ide di kepala akan melayang-layang ingin segera ketemu laptop.

5.    Melamun
Yuhui, biasana sih buat yang sedang jatuh cinta, berasa pink hatinya. Melamun, mikirin orang, mikirin hutang juga bisa, akan membuat alur di kepala menjadi sebuah jalinan ide yang tak terbendung. Nggak percaya, Sob? Buktikan sendiri, deh.

6.    Curhatan teman, atau mantan?
Hahaha, ini juga bisa jadi ide menarik untuk ditulis langsung. Kalau Sobat suka dicurhati teman, bahkan mantan yang lagi patah hati, wow wow wow. Ini dia ide yang datang dengan sendirinya. Tak perlu ragu, Sob, ide seperti ini biasanya bikin orang yang entar membaca karya kita bakal tersipu dan menangis lebay bahkan ngakak kejer guling-guling.

7.    Bengong di depan laptop
Ini dia yang sering aku lakukan saat semua poin di atas nggak mempan untuk dapatkan ide. Duduk manis di depan laptop, ditambah teh panas dan gorengan. Karena sudah hidupin laptop, sayang kan kalau nggak jadi nulis. Jadi, mau nggak mau, mendadak, sering kok  muncul ide dahsyat yang bikin tangan kita menari dengan sendirinya di atas keyboard.

Baru ada 7, sih, aku yakin masih banyak cara untuk menggali ide menulis. Baik cara-cara yang biasa atau cara tergokil. Dari sebuah foto, Sobat juga bisa dapatkan ide nulis, lho. Oh, ya, satu lagi, nih, aku pernah dapat ide gara-gara lihat tulisan lebay nan gokil bin aneh di bak belakang sebuah truk yang sedang melaju. Gimana menurutmu, Sob?

10 komentar:

  1. Aku kalo mati ide suka googling di internet, di website tertentu banyak ide ciamik, mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, Mbak. Internet bisa jadi sumber inspirasi juga :)

      Hapus
  2. Mb aku kalo bengong di depan laptop gak dapat apa-apa... hahahaha..
    Btw selamat atas rumah barunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sering bengong ough, Mbak.
      Hihihi, tengkyu ya, Mbak. Makasih banyak ilmunya yang tertranfer ke dirikuh :) SUkses juga buat Kocin dan Kiba, ya :)

      Hapus
  3. Kadang ide lewat tapi ngga buru2 dicatet trus lupa huhuuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak Rahmi, aku paling males nyatet. Padahal sayang kalau sampai ilang :)

      Hapus
  4. sip mbak. ide melayang layang dimana mana. harus ditangkep cepet2 hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak, hap hap! kudu trengginas nangkepnya ya Mbak Rind :)

      Hapus
  5. tfs mbak...aku juga suka kekurangan ide..aku suka nonton film

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, Mbak. Nonton memang bikin ide liar bermunculan :)

      Hapus