Minggu, 16 Oktober 2016

7 Hobi Ini Menghasilkan Uang



7 Hobi Ini Menghasilkan Uang


Hai, Sob…

Banyak yang bisa kita lakukan di waktu senggang. Yang tentunya bikin hidup lebih hidup dan makin semangat. Apalagi kalau nggak ngelakuin hobi? Selain bikin capek hilang, mengurangi stress, hobi juga bikin kita bahagia.

Tahukah Sobat hobi nggak hanya bikin kita happy? Ssttt, hobi juga bisa menambah penghasilan. Setelah cek sana sini, interview dan mengamati beberapa rekan, aku coba menghimpunnya di sini. Ini dia hobi yang bikin Sobat makin kaya, ups, menghasilkan uang maksudnya:



  
1.    Memasak
Ini sudah terbukti banyak banget. Mulai dari teman sendiri sampai orang di luar sana yang nggak kukenal, hehehe. Seorang rekan, Mbak Hany Panjaitan, yang memang hobi masak membuat hobinya ini menghasilkan pundi-pundi rupiah.
Beliau menerima berbagai pesanan snack juga makan besar. Selain bisa dikerjakan di rumah, hobi ini bisa membuat keluarga bahagia. Lha makan enak-enak terus, kan bikin senang?

Kayak pasel ya, Sob? Padahal ini kue-kue karya Mbak Hany by-FB Hany Panjaitan
 
Note: Mau pesan snack dan ubo rampenya? Bisa langsung ke Jabat Snack, daerah salatiga dan sekitar. CP: 081914468905 (Hany Panjaitan)

Bisa juga buka warung, contohnya diriku sendiri wkwkwk. Sejujurnya nggak hobi maaak sih, hanya saja membuka bisnis dengan modal minim ya jual makanan #Sekalian bisa dimakan orang serumah hehehe. Gimana, ada yang mau mencoba?

Note: Mau pesan rica menthok? Ke Warung Rica saja, daerah Sumowono dan sekitarnya. Cp: 089667856375 (Wahyu Widyaningrum)

2.    Menulis
Menulis itu mengasyikkan. Aku sudah membuktikannya #Sambil senyum sendiri. Menulis luas banget cakupannya. Bisa nulis buku, artikel, blog, skenario dan masih banyak lagi. Honornya? Hem, relative, sih, tergantung tulisan kita. Bagus nggak? Layak tayang publik nggak?
Menulis jadi semakin bagus jika rajin menulis karena nulis butuh proses.  Semangat terus yuk nulisnya. Insyaallah nggak sia-sia deh rajin nulis #sambil menyemangati diri sendiri.

3.    Berkebun
Tak banyak orang suka berkebun. Namun, kalau Sobat benar-benar serius dengan hobi ini, bisa jadi pebisnis tulen. Contohnya, nih, yang suka menanam bunga krisan. 

Berkebun krisan, sueger banget ya, Sob

Di desaku, banyak lho pekerja kantoran yang nyambi bisnis krisan. Mulanya dari hobi kecil-kecilan lama-lama membesar. Biasanya berkebun krisan ini menghasilkan laba besar saat banyak orang menikah. Namun, sering juga mengalami surut omset. Saat panen raya, harga krisan bisa anjlog. Otomatis harga krisan turun. Tinggal cara kita menyiasatinya juga.
Selain krisan, ada juga penggemar berat bunga anggrek, wow! Berkebun anggrek benar-benar mengasyikkan. Satu jenis anggrek, Harganya bisa selangit. Perlu dicoba nih, Sob!

4.    Memelihara binatang
Siapa penggemar kicau burung? Wih, ternyata banyak juga, ya. Ini bisa dilihat di berbagai kontes kicau mania yang diselengagaran banyak komunitas burung. Di Bandungan, Ambarawa, Semarang, Solo, banyak sekali even kicau burung. 

Burung juga bisa meraup rupiah

Penggemar burung ini harus sabar merawat hewan piaraannya. Harga burung tergantung jenisnya. Percaya nggak, harganya bisa sampai jutaan rupian. Apalagi kalau burung tersebut sudah menang beberapa kali lomba kicauan. Dijamin, harganya makin melambung tinggi.
Kalau dilihat trendnya sih, burung ini lumayan, lho. Terus berkembang dengan baik dan makin banyak penggemar. Sobat suka juga? Tapi ingat, memelihara binatang penuh resiko kalau kita tak pandai merawatnya, dan rawan penyakit yang bisa menimbulkan kematian.
Selain burung ada juga penggemar ayam jago, kucing dan kambing yang jelas menghasilkan rupiah. Biasanya dijual pada saat-saat tertentu, sehingga  harganya menjulang.

5.    Fotografi
Banyaknya media sosial sekarang ini membuat penyuka fotografi bisa memamerkan hasil karyanya ke publik. Jaman dulu hanya saat ada pameran atau even fotografi saja penggemar foto ini muncul di permukaan.
Sekarang orang nikahpun perlu foto pre wedding. Ini kesempatan yang hobi fotografi untuk mempromosikan keahlianna. Foto yang keren bisa menghasilkan rupiah juga.
Media sosial, instagram contohnya juga membuat hasil jepretan Sobat bisa dinikmati khalayak umum. Siapa tahu bisa jadi viral di dunia maya, diundang media sana sini dan dapat pesanan banyak orang. Menambah income, kan?

6.    Melukis

Melukis itu mengasyikkan, bisa dikoleksi sendiri atau dijual

Melukis bisa dilakukan dimana saja. Di kertas, kanvas, computer bahkan di dinding yang biasa disebut mural. Bagi yang suka melukis, bisa menjadi illustrator cerita bergambar, membuat cover buku atau mendesain buku. Bisa jadi animator untuk film-film animasi. Harganya bisa sangat fantastis.

7.    Musik/nyanyi
Banyak anak muda yang suka musik. Dari hobi ini mereka bisa membuat  band atau membuka les untuk anak-anak. Dari band, bisa perform di kafe atau hotel. Honornya? Lumayan bingit!
Yang suka nyanyi? Hobi ini lebih mudah menghasilkan rupiah. Untuk amatiran, bisa dimulai menyanyi dari panggung ke panggung maupun acara resepsi. Banyak ajang menyanyi juga yang bisa diikuti.
Siapa tahu dari hobi nyanyi di kamar mandi Sobat benar-benar bisa jadi penyanyi terkenal? Tentu saja rupiah akan dengan mudah diraup kalau sudah punya nama.

Sepertinya masih ada banyak hobi menghasilkan income yang menggiurkan. Pokoknya lakukan saja hobi Sobat dengan riang gembira. Dan, jangan pernah sepelekan hobi. Salam semangat!   

25 komentar:

  1. Betul, betul. Mari kembangkan apa saja hobby yang baik. Semoga menjadi kempauan yang bermanfaat dan bisa menghasilkan rupiah. Salam KREATIV, Mbak Wahyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Mas Try, njenengan udah membuktikannya :)

      Hapus
    2. Alhamdulillaah. Injih, Mbak Wahyu. Saling do'a: Semoga bisa istiqomah, ya. Aamiiin.

      Hapus
  2. Setuju... dari hobi bisa jadi ladang emas ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Marita sudha membuktikannya sendiri :)

      Hapus
  3. Kdg pengen.bisa pinter masak tp tenaga dan skill blm.memadai hihi

    Berkebun.jg asyik mbak. Kl liat tanaman hias suka pengen beli macem2. Tp.ngrawatnya kurang tlaten

    So yg plg memungkinkan y nulis mbak. Hihi
    Moga kl.ditlateni , bs menghasilkan aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semua berproses ya Mbak...
      Sik penting kudu semangat terus :)

      Hapus
  4. Baru merasakan dari hobi menulis aja, ngeblog menghasilkan voucher, uang tunai ama bonus produk😊

    BalasHapus
  5. Hoby yang jadi profesi itu sangat menyenangkan yaa mb. Jd nya kt bisa totalitas ngelakuinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak Relita. KIta dari hati ngelakuinnya, tanpa beban :)

      Hapus
  6. Ternyata selain jago nulis dirimu juga jago masak yo mbaa

    BalasHapus
  7. Apa kabar jeng?wah, didirimu keren ya, bisa nulis, nglukis, n masak juga...komplit..he3..mendatangkan uang dari hobi memang menyenangkan ya..jd ga berasa capek ngerjainnya..hmm..hobiku apa ya yg bisa ndatangin uang..#mikir sik..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik Mbak. Gimana kabar Mbak Sapti?
      Pasti ada, ayo dicari Mbak :)

      Hapus
  8. dikomplekku lagi musim memelihara burung nih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalau diamati dari tahun ke tahun. Penggemarnya bertambah. Harga burung juga nggak pernah turun, bahkan cenderung naik Mbak. Beda sama bunga :)

      Hapus
  9. nge-blog, jalan-jalan, juga hobi makan bisa nggak jadi duit? :D
    Seruu ihh blognya,,,aku suka...

    BalasHapus
  10. semuanya bisa dijalani ya mbak :)

    BalasHapus
  11. asik sih kalau dari hobi bisa menghasilkan uang selain melakukan kegiatan yang paling kita suka juga bisa dapat bonus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lebih bahagia ngejalaninnya ya Mbak :)

      Hapus