Selasa, 25 Oktober 2016

7 Kaset Jadul Penyanyi Cilik Ini Membuatmu Bernostalgia


7 Kaset Jadul Penyanyi Cilik Ini Membuatmu Bernostalgia

Kaset penyani cilik jadul
 Hai Sob… ingatkah kamu dengan lagu ini?

Komodo darimana?

Dari Nusa Tenggara

Cendrawasih dimana

Irian-lah adanya

Anoa darimana?

Sulawesi adanya

Mutiara dimana?

Maluku-lah tempatnya

Lagu Taman Mini yang dinyanyikan oleh Chicha ini masih kuingat sampai sekarang. Lagu-lagunya easy listening. Mudah dihapal dan mudah dipahami. Kata-katanyapun sederhana banget. Edukasinya juga ada, lengkap. Kita bisa mengenal hewan dan kekayaan alam Indonesia beserta tempatnya. Dalam bentuk lagu akan mudah diingat, daripada menghapal pelajaran.

Lain dulu lain sekarang. Lagu anak-anak sekarang ini sudah sangat jarang kita temui. Beda pada tahun 80-an dan 90-an. Lagu anak-anak menjamur di toko kaset dan radio. Walau di televisi jarang muncul, lagu-lagu mereka sangat familiar pada jamannya.

Iseng kuubek-ubek koleksi kaset jaman dulu. Kutemukan beberapa kaset penyanyi cilik kesayangan. Sayang, kasetnya sudah banyak yang rusak dan hilang. Syukurlah bebeberapa masih bisa disetel. Pita kaset banyak yang berjamur, secara tempatku sangat lembab. Harus dijemur dulu sebelum disetel di tape.

Untunglah gambar sampul dari kaset jadul itu masih terselamatkan. Walau beberapa diantaranya sudah robek bahkan menempel di bungkusnya. Lumayanlah bisa bernostalgia mengenang masa lalu.

1.    Chicha Koeswoyo
 
Kaset jadul Chicha Koeswoyo. Cantik banget
Siapa tak kenal Chicha Koeswoyo? Suaranya bagus dan bening, khas anak-anak. Lagu yang dibawakan kebanyakan ciptaan ayahnya sendiri, Nomo Koeswoyo. Chicha menghasilkan banyak karya saat dia masih kecil. Beberapa diantaranya lagu dewasa. Sayang sekali aku tak menemukan sisa-sisa kasetnya. Saat ini, namanya sudah jarang muncul ke permukaan. Gimana kabar Chicha sekarang ya? Konon, Chicha menjadi seorang wanita karier. 

Ada lirik lagunya di bagian dalam, ciptaan Nomo Koeswoyo
 
Pasangan menyanyinya siapa lagi kalau bukan Adi Bing Slamet? Duet keduanya ampuh membuat penggemarnya turut  bernyanyi bersama. Suara Adi yang jernih membuat duo ini terkenal sekali pada jamannya.

2.    Adi Bing Slamet
 
Yang mana Adi Bing Slamet?
 
Tak ada liriknya, judul lagunya saja
Sampai sekarang, mantan penyanyi cilik ini masih sering kita lihat di beberapa sinetron stripping televisi. Dia menjadi Pak Ustad dalam sinetron si Entong. Mungkin banyak yang belum tahu ya kalau Adi Bing Slamet ini dulu penyanyi cilik yang sangat terkenal.

3.    Ira Maya Sopha

Dari judulnya saja sudah sedih ya, Sob

 Tak diragukan lagi, suara Ira Maya Sopha saat masih kecil merdu sekali. Sampai sekarang Mama Ira masih aktif menyanyi, lho. Suaranya masih terjaga dengan baik. Dalam beberapa ajang pecarian bakat di televise Mama Ira ini sering didapuk sebagai juri. Kita masih bisa mendengar suara emasnya. Selain menyanyi, waktu kecil Mama Ira ini pernah beberapa kali main film. Filmnya yang sedih benar-benar bikin aku  menangis bombai. Beliau sangat terkenal saat menjadi Cinderella dalam sebuah lakon operet Cinderella.

Lihat dengan cermat bagian kanan gambar. Keren ya!
 
Dalam kaset ini, dia bagian bawah setelah judul-judul lagu, tertulis “Perceraian antara Ayah dan Ibu selalu mengakibatkan penderitaan bagi diri anaknya yang tidak tahu apa-apa.”

Keren banget ya sob!

4.    Iyut Bing Slamet

Iyut waktu kecil, imut sekali

Di album ini tak hanya suara Iyut lho. Ada Helen, Chicha, Adi dan Fitria

Dari namanya sudah bisa ditebak, Iyut ini merupakan adik kandung dari Adi Bing Slamet. Suarana tak kalah merdu dengan sang kakak. Saat dewasa Iyut masih sering kita lihat tampil di acara televisi.

5.    Nourma Yunita

Hem, nggak diragukan lagi kecantikan Nourma Yunita

Suaranya merdu sekali

Si cantik ini suaranya juga tak kalah bagus. Saat namanya memudar, dia sempat menjadi pembawa acara Country Road di TVRI, bergantian dengan Tantowi Yahya.

6.    Sari Yok Koeswoyo

Gayanya  boleh juga kan Sari Yok ini, baju dan sepatunya nggak kalah keren sama jaman sekarang

Sayang banget kertasna sudah bulukan

Putri dari Yok Koeswoyo ini merupakan sepupu Chicha Koeswoyo. Suarana lembut dan indah. Namanya memang  tak sepopuler Chica ataupun Ira Maya Sopha. Namun pada jamannya, lagu-lagunya banyak dihapal anak-anak.

7.    Joan Tanamal

Joan saat kecil. Lebih mirip ayah atau ibunya ya?

Nggak ada liriknya juga, hehehe

SI hitam manis ini putri pasangan Eteng Tanamal dan Tanthi Yosepha. Lagunya yang paling hit adalah Si Kodok.

Selain ke 7 penyanyi jadul di atas, masih banyak penyanyi cilik lainnya. Diantaranya Helen Koeswoyo yang merupakan adik dari Chica Koeswoyo, Bobby Sandhora, Diana Papilaya, serta Fitria.

Asyik juga ya bernostalgia dengan kaset jadul penyanyi cilik jaman dulu. Semoga akan ada booming penyanyi cilik-penyanyi cilik baru dengan lagu khas anak-anak lagi ya Sob. Tentu saja yang semakin mengedukasi anak-anak supaya lebih kreatif lagi.


24 komentar:

  1. walah, aku gak pernah ingat ma penyanyi cilik zaman itu, yang kuingat cuma zaman agnes monika hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, aku inget soalnya tiap pagi dan sore disetelin kasetnya sama bapakku Mbak :)
      Jadi bener2 merauk di hati #Hallah :D

      Hapus
  2. Ini jaman kecilnya ibuk saya hihihi,...
    Saya jamannya puput melati, bondan prakoso, dkk

    BalasHapus
  3. Waaaah, kaset kasetku duluuuuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih nggak Mbak Dian? :D
      kaset gini malah awet lho. lembab, tinggal dijemur, kecuali pitanya mbundet :D

      Hapus
  4. Pas zamanku, mereka udah pada gede. :D Kalau Agnes Monica atau Cindy Cenora masih inget. :D

    BalasHapus
  5. Ada lagi mbaaa... Liza Tansil. Aq dulu punya yg ada lagunya Doremi a la The Sound of Music :)

    BalasHapus
  6. Wah jadul banget kalo jamanku si agnes mo..bondan prakoso..eno lerian dkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu angkatan berikutnya Mbak Muna :)
      Ada lagi Eza Yayang :)

      Hapus
  7. Aku cuma tau ira maya sopha ama adi bing slamet mbak wahyu heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ira Maya memang terkenil pake bingit Mbak. Si Cinderella itu booming dimana-mana :)

      Hapus
  8. ini mba wahyu punya semua koleksi kasetnya? wuih keren amat :) saya suka lagu2 anak jaman dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak. Udah pada bulukan. Sayang ya, tapi beberapa masih bisa disetel :)

      Hapus
  9. Gag ada lagunya yg q tau mba,, orangnya yg kutahu cm adi bing slamet.
    Klo jamanku kecil lagu anak2 ya joshua, trio kwek2, meisya, cikita meidi, dll :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, lagu2nya edukatif semua Mbak Mara. Meisya, Joshua angkatan berikutnya dan berikutnya lagi Mbak :)

      Hapus
  10. Aku pernah dicritani ibuku ttg cicha yg dulu ngehits bgt. Tp blas satupun aku g ad yg ngeh mbak
    Hihi
    Yg kutahu itu era maissy , chikita meidy, agnes monica, trio kwek2, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Mbak Rind. Itu angkatan sesudah dan sesudahnya. Pernah off nggak ada penyanyi cilik juga seingatku :)

      Hapus
  11. Ga tau lagunya..tp beberapa penyanyinya tau krna masih suka tampil di tv.
    Era zaman trio kwek-kwek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, jaman berikut dan berikutnya itu Mbak :)

      Hapus
  12. Beda zaman nih, mba. Saya zamannya Trio Kwek-Kwek dan Enno Lerian. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh, trio kwek2 emang heboh juga ya :)

      Hapus