Kamis, 08 Desember 2016

Melahap Rica dan Bacaan Lewat UKM



Melahap Rica dan Bacaan
Lewat UKM

Hai Sob.

Seribu langkah dimulai dengan satu langkah awal. Memulai sebuah usaha, khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) itu gampang tapi juga syusyah. Bagi yang nggak berjiwa bisnis (kayak aku) untuk memulai langkah itu sangat berat. Banyak pertimbangan #kebanyakan negatif# yang akan datang menghantui.
 

Bener lho, nggak bohong. Mau jual jus buah, terlintas tanya: nanti ada yang beli nggak, ya? Entar jusku layak jual nggak, ya? Kalau nggak habis, buah busuk, terus rugi dong? 

Mau bisnis laundry, timbul tanda tanya mesin cucinya harga berapa, ya? Entar kalau hujan mulu piye? Sabun cairnya aja udah mahal, rugi nggak, ya? Eng ing eng… Jadilah kita jalan di tempat. Nggak maju, tapi mundur teratur. Siap, cerdas, banyak ide, banyak angan, banyak mimpi tapi ye gitulah…

Akhirnya untuk mendobrak dan keluar dari zona aman #aman versiku sih :D dengan deg-deg plas aku mencoba buka warung makanan. Padahal masak aja rasa standar, tapi kalau hanya sebatas wacana mulu, kapan mulainya?

Rica Ayam dan Menthok

 Ide awal karena di desaku itu hawanya dingin, aku mau jual bakso. Tapi gatot karena suatu hal. Akhirnya setelah ini itu, aku jual rica ayam. Tambah rica menthok karena banyak request.

Saat memulai itulah banyak sekali masukan dari para pelanggan yang kebanyakan konco dewe, hehehe. Yap, promo memang kulakukan lewat teman-temanku, walau temanku kalau diperseni hanya segelintir orang. Sejak SMP aku sudah ngalap ilmu ke Ambarawa lanjut Jogya sampai kerja hingga menikah. Jadi aku promosi lewat teman-teman SD yang tinggal segelintir orang dan tetangga juga pastinya.

Alhamdulillah, mulai banyak pesanan datang, baik nasbox maupun rica. Meski rempong tetap senyum dong :D. Usaha kecilku mulai menghasilkan laba.

Pelanggan setia

Pelangganku


Jujur usaha kecil yang sedang aku rintis dengan ngos-ngosan ini masih tertatih. Tapi terus maju pantang mudur. Masalah nggak hanya dari satu sisi, tapi dari atas, bawah, kanan kiri dan dari makhluk astral juga merajalela.

Mulai dari kembang kamboja sampai beras merah pernah melayang-layang menghantuiku. Hujan badai bahkan angin tornado coba kuhadapi dengan tegar #hayyah, lebay ye Sob. Pokoknya Aku pasrahkan semua pada Allah, sang penggenggam langit dan bumi.

Ah ya, yang bikin beda di warungku, karena aku menyediakan sedikit buku-buku untuk dibaca. Boleh pinjam juga dan dibawa pulang. Mau balik nggak balik, sudah kuniatkan untuk membuka sebuah perpustakaan mungil yang semoga saja bermanfaat bagi para pembeli yang datang.

Sambil nongkrong dan makan, bisa menambah wawasan dengan membaca. Ada novel, buku inspiratif juga buku bacaan lain tinggal pilih aja, Melahap rica dan bacaan di sebuah Usaha Kecil Menengah, kenapa nggak? Sob. Khusus hari Jumat, harga warungku hanya seperuh harga normal. Insyaallah.

Untuk usaha kecilku ini ada beberapa mimpi. Mau tahu Sob?
1.     Aku pingin punya warung juga di Yogya. Secara teman-temanku banyak yang berada di sana, mulai dari teman SMA, kuliah dan teman kerja. Idep-idep promosi gratis hihihi.
2.    Aku pingin ricaku ini bisa diawetkan dan bisa dijual secara online :D
3.    Aku mau membuat pelangganku suka membaca.
4.    Aku pingin buku-buku karyaku menjadi santapan lezat mereka sama seperti saat mereka lahap menyantap masakanku :D
5.    Aku pingin Iwan Fals dan Bon Jovi mampir :D
6.    Aku pingin menulis buku tentang bisnis.
7.    Aku pingin membuka lapangan kerja, sebagai penggerak perekonomian emak-emak.

Amin, amin, tolong aminkan juga ya Sob.

Usaha kecil memang nggak akan mudah untuk dimulai, tapi langkah awal itu penting. Kalau perlu abaikan hal-hal di belakang sana yang membuat kita mengkeret, ketakutan. Maju terus, masalah pasti muncul baik besar atau kecil. Tapi, kalau kita sudah melangkah, solusi akan ada dengan sendirinya. Salam semangat :D

Warung Rica:
Alamat: Nyampuran, Sumowono, Kab. Semarang
WA: 089667856375

“Tulisan ini diikutkan dalam giveaway UKM Sebagai Roda Penggerak Perekonomian Rakyat yang di adakan Agustina D.J


58 komentar:

  1. aamiin, aamiin yaa robbalallamin. jauhkan dari orang orang yang iri akan usaha mbak. sama sama cari rezeki. jangan saling ganggu tu orang.
    semoga apa yang mbak ingin kan tercapai. :) dan adik bisa makan bakso ditempat mbak

    BalasHapus
  2. Aku penasaran sama rica menthoknya mbak. Mungkin nanti kalau berhasil diawetkan aku mau beli secara online ya.

    Sukses terus buat usahanya mbak. Semangat! Jangan pernah nyerah....

    BalasHapus
  3. wuih.. keren euy.. saya juga pengen punya usaha sendiri, tapi masih bingung :( sukses terus ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung action Mbak :)
      Yup terus semangat

      Hapus
  4. Amin ya Robbal Alamin semoga terwujud semuanya mbak :D

    BalasHapus
  5. Keren mb ada perpus mininya
    Jarang2 ada yang begini
    Fuh aq bisa berjam2 dan pulang gendut klo ke warung mb hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, pas sepi, boring nulis buku2nya juga aku lahap sendirian Mbak :)Paling asik kalo ada yg dateng dan penggemar seni, nulis juga. wah bisa cocok ngobrole.
      Yuk, mampir :)

      Hapus
  6. Fuh maksudnya duh...
    Jempolku kegedean mbak hihihi

    Btw, mb cerita dong yg soal beras merah melayang....
    Mendebarkan sepertinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. sedikit Mbak merinding horornya :D

      Hapus
  7. Mbak wahyu keren bgt ik usahanya..pinter masak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak Mbak Prana :) yg peting maju jalan :)

      Hapus
  8. Waww cepet bgt nulisnya mbakk.^^
    Sy pengen ke warung lagi. Maem rica lagi sambil.kita ngobrolin naskah
    #request bumil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, hihihi, kapan ya ke warungku pas kopdar dulu itu ya?
      Ditunggu bu :)

      Hapus
  9. Semoga usahanya mba sukses dan mulia. Berkembang dan memberikan banyak manfaat bagi banyak orang. Aamiin.
    salam

    BalasHapus
  10. Salut sama sampean mbak, selalu optimis melihat kedepan.
    Usaha kecil maupun besar hanyalah sebuah jalan, semuanya tergantung keuletan kita. Mau maju jalani saja terus tanpa banyak berfikir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih Mas :)

      YA betul, nggak perlu kebanyakan mikir, nanti ngak mulai2

      Hapus
  11. Aamiin semoga harapanmu terlaksana ya, memang sekarang itu yang paling diutamakan itu memberi peluang usaha dari pada mencari kerja, kalau melihat mereka yg bingung cari kerja ada rasa prihatin susahnya cari pekerjaan, ya memang tidak semua punya jiwa bisnis seperti admin blog ini, yg penuh semangat membuka usaha tp ini akan membantu mereka yg sdg mencari pekerjaan atau bisa juga memotivasi mereka ya
    kamu hebat deh! sukses ya

    aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih Mbak.
      Sistem pendidikan kita memang untuk cari kerja. Skr ma dulu beda Mbak, skr banyak pendidikan akademis yg memang mengarahkan untuk membuat lapangan kerja.

      Makasih doanya Mbak, doa terindah juga buatmu

      Hapus
  12. Aminnn mbaa wahyuu...suksess buatg mbaa wahyu yang selaluntetap semangat tiada hentinya. Memang perlu amunisi ikhtiar dan do'a yang selalu tetap ada, dan tidak mudah pantang menyerah pokoknyaa mbaa...
    suksess mbaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, amunisinya harus kenceng Mas :) semangat juga buatmu :)

      Hapus
  13. Aamiin..keren perjalanannya...tertarik dengan kata makhluk astral..memang betul ya...bisnis makanan itu identik dengan hal2 mistis ya...bagus lho kalau ditulis juga pengalaman menghadapinya..hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mo nggak percaya mo nggak Mbak sapti. Hadapin dengan Al Fatehah dan ayat Kursi Mbak :)

      Hapus
  14. mbak sudah saya follow yaaa.. mbak follow balik yaaa.Thank you informasinya :)

    BalasHapus
  15. Semoga Sukses ya mbak atas usahanya..

    BalasHapus
  16. Aamiin.. Idenya keren, Mbak. Memadukan kuliner dan bacaan.. :-)

    BalasHapus
  17. Waaah kecee ih mbaak widya ternyata punya bisnis kuliner jugaa. Penasaran pingin icip" lezatnya rica menthok. Hehehe

    Semogaa lancar terus bisnis rica menthok dan terwujud bsa buka kedai di jogjaa. Ditunggu jugaa bukunyaa. Aamiin. . 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, amin, makasih doa2nya Mbak. Semoga balik juga ke njenengan :)

      Ditunggu ya :)

      Hapus
  18. cara cerdas dg menyediakan juga bacaan untuk pelanggan di warung rica jadi ingatan untuk datang lagi
    mungkin blm ada yg terpikirkan seperti idemu ini

    BalasHapus
  19. Semangat mbak. Kalo dijalani dengan kerja keras dan positif thingking, usaha apapun pasti akan ada hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, ya Mbak, harus positif thingking :)
      Terus semangat

      Hapus
  20. Wah hebat mbaaa punya usaha kuliner sendiri! >-<
    aku juga pengen buka usaha kuliner tapi belum kesampaian, semoga bisa mengikuti jejak mbak ya punya bisnis kuliner juga ^^

    BalasHapus
  21. Aamiin, aamiin... semoga doa-doanya terkabul :)

    Bon Jovi lagi..?? Wkkk, ngefans berat rupanya ya mbak Wid. Tapi ntar kalo Iwan Fals mampir beneran saya di japri yaa.. hehe.. *kalau yang ini saya juga ngefans :)

    Sangat inspiratif mbakkk..terutama tentang buku-buku itu, saya juga pengen beli buku terus dibaca anak-anak, sangat mengasyikkan dan pasti ada kepuasan tersendiri ya kan mbak Wid.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Amin. Bon jovi iyes banget itu Mbak :D
      Beres ntar kujapri kalo Bang Iwan ke sini :)
      Yup Mbak, sangat

      Hapus
  22. Keren, Mbak. Semoga sukses usahanya. Saya lagi pengin belajar masak rica juga nih. Gara2 kemarin makan di luar ada menu rica dan suami suka. Coba dekat ya kita. Tinggal beli aja saya sama mbak di sana. Hehehe...

    BalasHapus
  23. Aku jugaaaa pengen punya usaha kecil2an, tapi kayaknya blm bisa terealisasikan sekarang karena blm fokus hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. AYo langsung action Mbak Sandra :)

      Hapus
    2. wah, itu warungmu mbak, mantap... sukses terus ya mbak wahyu

      Hapus
  24. wah mbak, warungmu okey juga ya... sukses terus

    BalasHapus
  25. ayo kak tak dukung buat buku bisnis :-D
    aku pengen ngulas warungmu Kakkkkkkk
    kapan ya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terlaksana amin :)

      Ayo ditunggu :)

      Hapus
  26. Uwohjjj... semangat nya perlu diapresiasi nih mbak
    Aku mau coba bisnis kecil2an, keknya maju mundur. yaitu, kebanyakan negting :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lain2, pikir belakangan Mbak. Pokoknya maju jalan :)

      Hapus
  27. sukses selalu dalam usahanya yaa Mbaa :)
    saya selalu salut sama orang-orang yang berjiwa pengusaha, soalnya saya gak punya jiwa yang seperti itu, saya jiwanya konsumen banget, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, makasih Mbak Ira
      Itu juga menguntungkan buat para pengusaha kok Mbak hihihi :)

      Hapus
  28. Terimakasih atas partisipasinya, good luck :*

    BalasHapus