Senin, 22 Juni 2020

7 Tips Agar Si Kecil Mau Pakai Masker dan Jaga Kebersihan Saat Pandemi Covid-19


7 Tips Agar Si Kecil Mau Pakai Masker dan Jaga Kebersihan
Saat Pandemi Covid-19


Hai, banyak perubahan yang dalam kehidupan kita. Hal-hal yang kadang, dulu tak terlintas sama sekali. Memang, adanya pandemi covid-19 sedikit banyak mengubah beberapa pola kehidupan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Wacana tentang kesehatan yang harus dan mau tak mau dilakukan, supaya kebersihan tetap terjaga. Dan pandemi segera berakhir.

halodoc, covid test, covid-19

  
         
Beberapa hal penting dalam pencegahan virus corona adalah mencuci tangan dengan benar dan sesering mungkin, menjaga jarak aman, serta kemanapun selalu memakai masker. 3 list utama yang sekarang ini diharapkan sudah menjadi kebiasaan untuk semuanya. Ditambah menjaga imunitas tubuh dan olahraga teratur hingga tak mudah ambruk dalam kondisi apapun.

Sebagai orang tua atau sudah cukup dewasa, urusan seperti itu tak perlu diingatkan lagi. Sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sangat baik. Intinya menjaga kebersihan dalam kehidupan keseharian.

Tapi, tak mudah bagi anak-anak atau si kecil. Namun juga tak sulit andaikan sudah menjadi kebiasaan. Harus ditanamkan sejak dini. Adanya pandemi membuat orang tua harus lebih cerewet (dalam artian positif) dan tak lengah serta tak segan plus tak pernah lupa mengingatkan kepada si kecil tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Seringkali, si kecil mengabaikan hal penting ini. Ada yang susah memakai masker, ada pula yang ribet kalau diminta cuci tangan dan lain sebagainya. Ada tips mudahnya, kok. Kita simak, yuk:


1.    Pakai masker serasa sesak nafas
Alasan yang bikin senyum sih, aku sendiri awalnya juga merasakannya. Nah, lho! So, wajar si kecil terutama di bawah usia 5 tahun sangat malas, enggan dan ribet kalau diminta pakai masker. Karena salah satu alasannya seperti di atas. Berikan saja masker degan corak lucu dan imut. Kalau perlu tokoh yang sedang disukai si kecil. Pasti si kecil lebih senang memakainya.

2.    Pakai masker itu tak nyaman, ribet dan mengganggu
Supaya lebih nyaman urusan masker ini, carikan masker kain dengan bahan nan lembut dan nyaman saat dipakai. Dijamin dengan masker nyaman ini si kecil akan dengan sukarela dan kesadaran sendiri mau memakai masker.

3.    Bosan makan sayur dan buah
Whaini, si kecil ndilalah nggak suka makan sayur dan buah. Lalu, sekarang ini emaknya makin rajin masak sayur dan makanan bergizi. Harus lebih berkreasi ya buibu. Jangan sayur gelondongan, dijamin, si kecil makin mual lihatnya. Dikreasikan menjadi lebih menarik dan tampilannya endes gitu. Supaya si kecil langsung lahap memakan makanan bergizi.

Biar si kecil tahu juga, pentingnya menjaga imun tubuh dengan menerangkan apa itu covid-19 yang sedang merajalela. Apabila kebingungan menerangkanya, sekarang ada halodoc.com, situs yang menyediakan segala hal terkait kesehatan. Di situs ini bisa didapatkan banyak hal baru yang akan menambah wawasan ilmu. Segala sesuatu yang masih ragu tentang kesehatan, bisa langsung kunjungi situs webnya, lengkap dan sangat bermanfaat.

halodoc, covid test, covid-19
Foto by: halodoc.com

Bisa bertanya apapun terkait covid-19 yang masih mernghangat. Beberapa ciri terkena virus ini adanya demam tinggi disertai batuk. Ada pula yang tanpa gejala, hingga perlu terus diwaspadai. Kalau perlu terangkan juga tentang covid test, tes corona dilakukan supaya lebih aman, tak resah dan nyaman.

4.    Repot banget dimana-mana harus cuci tangan
Sebetulnya jika ini sudah menjadi kebiasaan dari kecil, akan lebih mudah. Tapi ada juga anak yang susah untuk cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Biar si kecil nggak rewel urusan cuci tangan. Bisa banget menyediakan tempat cuci tangan khusus dengan tempat dan warna menarik dalam rumah. Sehingga anak lebih suka dan nggak ribet diminta cuci tangan.

5.    Sehabis bepergian, usahakan segera mandi atau mengganti baju
Kalau perlu supaya tak repot, selalu sediakan baju ganti di dekat kamar mandi. Sehingga tak perlu ke kamar untuk mengambil baju di almari. Buat orang tua ini sepele, tapi untuk anak-anak, memang harus rajin mengingatkannya.

6.    Tetap jaga jarak
Buah si kecil tak mudah memang, harus didampingi. Bagaimanapun juga berusaha secara maksimal tak perlu ke luar rumah mengajak si kecil kalau tak penting-penting amat, ya.

7.    Menjaga kebersihan lingkungan bersama
Menjaga kesehatan salah satunya selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan dengan mengajak anak-anak ikut berpartisipasi membersihkan rumah secara rutin dan berkala. Toh, sekarang ini pembelajaran dari rumah, sehingga harus ada kegiatan positif menyangkut menjaga kebersihan dan menghindari merebaknya covid-19.

Memang, sih, tak mudah untuk selalu mengingatkan anak-anak urusan masker dan jaga kesehatan. Semoga saja, dengan tak enggan untuk selalu mengingatkan, semuanya bisa menjadi kebiasaan. Dan si kecil tetap happy selalu memakai masker, rajin cuci tangan, makan buah dan sayur serta makanan bergizi, tetap jaga jarak dan tak lupa berdoa. Semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu. 

1 komentar:

  1. Aku sudah rutin memakai masker kain sejak tahun 2015. Dan aku paling suka dengan masker kain motif Doraemon. Semoga kita semua tetap sehat selalu ya, Mbak.

    BalasHapus