Minggu, 29 November 2020

Menjadi Anak Generasi Maju dengan Banyak Membaca

 

Hai, setiap orang tua pasti berharap si kecil bertumbuh secara optimal. Harapannya, lebih berkualitas dari orang tuanya. Sebagai Mombassador SGM Eksplor batch 5, aku makin peduli dengan tumbuh kembang si kecil. Karena, dari situlah ada banyak pembelajaran baru buatku. Supaya si kecil semakin optimal pertumbuhannya. Berproses menjadi Anak Generasi Maju yang mampu membuat banyak hal baik dan lebih baik lagi.



Lalu, stimulasi apa saja yang mampu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil supaya menjadi anak generasi maju yang mumpuni? Salah satu yang kulakukan dengan membuat si kecil betah dan suka membaca.

Selama masa sekolah secara daring, kebersamaan bersama si kecil memang harus dioptimalkan. Tapi, ternyata nggak mudah membuatnya suka membaca. Pokoknya sampai berdarah-darah, deh ngajak si kecilku ini gemar membaca.

 

Segudang Alasan Malas Membaca

“Males, Bu, mending main game,” katanya syahdu.

“Ibu aja yang baca,” sahutnya suatu kali.

“Kenapa sih maksa aku harus baca?” Eh...

Uwuwuw... dahsyat banget pokoknya setiap kali aku minta dia membaca majalah ataupun buku bacaan. Alasannya ada saja, deh. Ini dan itu yang membuatku tak habis pikir. Memang nggak mudah menimbulkan minat baca kepada anak kalau pada dasarnya tertarik saja nggak ada dalam dirinya. Tanpa membaca, gimana mampu menjadi Anak Generasi Maju, ya? Bukannya membaca itu jendela dunia?

Tapi, nggak boleh patah semangat, dong. Lalu, lalu, lalu... apa yang harus dilakukan? Dan inilah yang membuatku sampai berpikir keras mencari cara supaya si kecil mau membaca. Selalu ada ide dari seorang Mombassador SGM Eksplor, harus. Hmmm, gimana caranya?

 

5 Tips Jitu Agar Si Kecil Gemar Membaca

Susah banget kuakui huhuhu. Kadang heran ada ibu-ibu cerita kalau anaknya suka banget baca ini itu, sampai Harry Potter yang berjilid-jilid dan beratus halaman itu katam dibacanya. Wah, bagiku, si kecil mau baca cerita bergambar yang beberapa lembar saja aku sudah bersyukur banget. Bacanya dikit, ntar ceritanya ke aku bisa berjam-jam, lho. Eh ini tanda-tanda, ia juga tertarik baca (sebetulnya).

            Untunglah, selalu ada cara yang tepat dan pas buatnya. Tetap bisa menjadi Anak Generasi Maju dengan cara tak biasa. Apa saja, sih? Inilah yang kulakukan:

1.    Menjadikannya tokoh cerita

Salah satunya, aku yang suka menulis, membuat cerita dengan dialah sebagai nama tokoh. Dengan begitu, Hero akan semangat untuk membaca. Jadi, jangan heran apabila beberapa bukuku beberapa kali tokoh cerita anak kuberi tokoh seperti nama si kecil.

2.    Menaruh buku di banyak tempat

Meskipun memiliki banyak buku, kalau nggak suka, ya didiamkan saja sama si kecil. Hihihi, kadang geregetan juga, lho. Tapi, ada cara jitu lho agar si kecil ini mau nggak mau tertarik dengan buku bacaan.



Aku taruh saja buku-buku di banyak tempat. Ruang keluarga, kamar, depan kamar mandi dan lain sebagainya. Meski terkesan berantakan, kadang si kecil mulai membuka-buka buku secara acak. Baca judul-judulnya. Eh, ini sudah luar biasa. Alhamdulillah.

3.    Mengajaknya menjadikan bagian dalam sebuah cerita

Biasanya kulakukan menjelang tidur. Aku buka buku cerita anak-anak atau novel. Bebaslah pokoknya. Dan si kecil kuajakin ngobrol serta bercerita. Akhirnya dia yang mau melanjutkan cerita.

Kadang, kalau pas ayahnya pulang (karena berjauhan) ia suka berbagi cerita dengan si ayah. Suka-suka dia ceritanya. Ini seru.

4.    Memintanya membacakan sebuah cerita

Kadang mau, kadang nggak, si kecil juga semangat kalau diminta membaca cerita. Meskipun cerita itu dalam buku pelajaran. Pokoknya, membaca dengan keras. Hehe, ini membuatnya mau nggak mau membacanya secara lengkap. Kadang, hanya dibaca yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan doang.

5.    Memberinya buku yang kira-kira disukai

Nah, mengira-ngira ini yang nggak mudah. Kalau Hero sih sukanya yang ada namanya. Haha, susah banget kan kalau bukan ibunya yang bikin cerita. Tapi ya begitulah. Sebuah seni perjuangan agar si kecil suka membaca.

Untunglah beberapa cerita yang dimuat di beberapa majalah ada tokoh namanya. Jadi dia sangat senang. Itupun sampai berulang-ulang. Semoga di buku atau bacaan lain, menemukan tokoh seperti namanya deh, biar dia makin suka membaca. Dan bikin ibunya lebih produktif nulis. Amin.

           Itulah 5 tips yang membuat si kecilku lumayan suka membaca. Aku yakin masih ada banyak ide lain. Sebagai Mombassador SGM Eksplor sekaligus sebagai ibu bagi si kecil. Meskipun belum begitu maksimal, perkembangan ke arah tertarik, dan menyukai mulai ada. Nggak perlu ada paksaan yang ajaib lagi, hihi.

Dan wawasannya tambah luas, lho. Pertanyaan-pertanyaan ajaibnya sering mendadak muncul ketika membaca sesuatu. Kemampuan berkreasi dan ide baru tumbuh dari membaca ini. Luar biasa memang efek membaca ini.

Supaya kegemaran membacanya ini optimal dan menimbulkan banyak kreativitas, tak lupa aku sering mencari tahu kabar terbaru dan menambah ilmu agar anak semakin gemar membaca. Berita online dari web yang sangat memmbantuk menjawab banyak hal tumbuh kembang si kecil.



Sebagai Mombassador SGM Eksplor, banyak sekali hal kudapatkan, lho. Di www.generasimaju.co.id  ada banyak bahasan tentang nutrisi, kesehatan, parenting dan sangat berguna untuk menjadi pijakan ide kreatifitas anak. Begitu pula di instagram atau facebook Aku Anak SGM, ada banyak kabar terbaru tentang bagaimana supaya anak tetap tumbuh optimal dengan stimulasi yang benar.

Ide-ide yang bisa diaplikasikan langsung ke si kecil. Ilmunya banyak banget. Supaya makin optimal tumbuh kembangnya kuberikan Hero susu yang pas dengan pertumbuhannya, tentunya SGM Eksplor 5+, 2 gelas setiap harinya. Complinutri lengkap, menunjang tumbuh Anak Generasi Maju pertumbuhannya kreatif, mandiri, percaya diri, supel, tumbuh kembang maksimal.

Anak-anak memang selalu istimewa, bersama Mombassador SGM Eksplor menjdikan anak-anak tumbuh menjadi Anak Generasi Maju penerus bangsa. Salam hangat.

 

#SGMEksplor

#BersatudanKuat

#GenerasiMaju

#MombassadorSGMEksplor

#PotensiPrestasi

 

Referensi:

https://www.generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda/potensi-prestasi

https://www.generasimaju.co.id/prestasi-generasi-maju

0 komentar:

Posting Komentar