Sabtu, 15 Oktober 2016

7 Cara Mudah Tubuh Sehat Saat Sibuk



7 Cara Mudah Tubuh Sehat Saat Sibuk

Seteguk air putih, melegakan dan membuat sehat
Hai, Sob…

Pekerjaan yang menumpuk di kantor maupun di rumah membuat tubuh cepat lelah dan lesu. Belum lagi bagi si super sibuk, kuliah, kerja dan momong anak. Pastilah harus punya energi lebih agar semua berjalan lancar dan pada tempatnya.

Capek? Pasti, tapi ada trik jitu meski seharian sibuk di kantor, atau seharian sibuk di rumah. Jadi pekerjaan tetap terlaksana namun badan tetap sehat dan fit. Kalau Sobat merasakannya, bisa lho dicoba beberapa saran berikut ini:



1.    Minum yang cukup
Kebutuhan minum tiap orang memang tidak sama, tapi Setidaknya 8 gelas setiap hari atau sekitar 2 liter. Sudah mencukupi untuk kerja organ tubuh Sobat semua.

2.    Olahraga dong!
Lari adalah olahraga super hemat, murah dan sehat yang bisa jadi pilihan. Misalkan jenuh, bisa jadi member di gym atau kelas aerobic. Menjadi member lebih menghemat pengeluaran, sesuaikan dengan seabrek kesibukan Sobat. Ini ada poin plusnya, selain tubuh sehat, akan ada banyak teman baru yang bisa Sobat kenal. Siapa tahu bisa menambah link bisnis atau paling tidak menginspirasi hidup Sobat.

3.    Istirahat cukup
Lembur saat ngantor pasti ada saatnya, dikejar deadline pasti juga nggak setiap hari. Ups, nggak cuma yang ngantor aja kali, ye, hehehe. Yang full di rumahpun lebih sering lembur. Misalkan saja lembur karena ada ngumpul komunitas di rumah, lembur menyeterika, lembur nyuci baju de el el, de el el. Sama aja lembur, kan? Pokoknya, dalam keadaan apapun, tetap perhatikan istirahat, sesibuk apapun Sobat.

4.    Makan dengan teratur
Sepele, lho, tapi rasakan bedanya saat Sobat rutin sarapan dan tidak. Sarapan membuat energi kerja Sobat berlimpah. Secukupnya saja, dan perhatikan apakah menu sarapan pagi Sobat membuat ngantuk. Nggak enak banget kan kalau pagi-pagi sudah menguap terus? Makan teratur juga membuat kita terhindar dari penyakit mag. Dan perbanyak makan buah dan sayur. Kedua makanan ini banyak mengandung serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Catatan:
Tak semua orang rutin sarapan. Bahkan ada beberapa orang yang tidak terbiasa sarapan dan suatu pagi sarapan, membuat perut mual dan sebah. Jadi kebiasaan juga sangat menentukan. Tak sama untuk setiap orang.

5.    Hindari duduk terlalu lama
Kalau Sobat diharuskan bekerja di balik meja selama 8 jam, waspadalah. Seperti penulis, editor, admisnistrasi, bahkan animator. Duduk dalam jangka waktu lama secara terus menerus membuat fungsi kesehatan menurun. Penyakit yang bisa terjangkit diantaranya diabetes, otot kaku, sakit punggung, nyeri leher, dan keseimbangan tubuh bisa berkurang. Jadi, sesibuk apapun, sempatkan setiap setengah jam untuk berdiri, jalan-jalan, melemaskan otot sekejab dengan gerakan yang mudah dan simpel.

6.    Hindari minuman beralkohol dan merokok
Merokok dalam jangka waktu lama membuat gigi Sobat menghitam dan tak sehat. Sayangi tubuh kita, paru-paru kita. Dan menghindari minuman beralkohol ternyata membuat wajah kita terlihat lebih cerah.

7.    Selalubersyukur dan tersenyumlah
Mensyukuri apa saja yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Tersenyum adalah obat mujarab yang membuat kita bisa berpikir jernih menuntaskan suatu masalah. Segala problem yang kita hadapi insyaallah selalu ada solusinya, tergantung bagaimana menyikapinya. Maka tersenyumlah, karena berbagi senyum itu berkah, indah dan berpahala. Tak perlu ditunda, hehehe.
           
Yuhu…, hai Sob, tersenyumlah untuk hari yang cerah ini :)



24 komentar:

  1. Ooh..ya ampun tenyata kebanyakan duduk jg menyebabkan menurunnya keseimbangan tubuh. Beberapa kali pernah ngalamin
    Thanks infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Siti. Keseimbangan juga bisa hilang. Ngeri, ya. Memang harus jaga kondisi agar tetap sehat :)

      Hapus
  2. Aku kurang olahraga tuh mbak wahyu... terkadang malas benar nak berolahraga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak. Sejak lututku cidera. Bingung juga milih olahraga apa yang pas. Yang peting lututnya nggak tetep aman :)

      Hapus
  3. Aku nggak begitu kuat lari, Mbak. Tapi aku senam ringan selama 15 menit. Kira2 itu cukup membantu tidak, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih Mbak Anisa, itu udah oke bingit!!!

      Hapus
  4. Kalau ane evaluasi mungkin ane kurang banyak minum air putihnya..

    BalasHapus
  5. tersenyumlah, terima kasih Mbak tipsnya, olah raga nich yang susah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, sama ough Mbak. Musti dipaksa ya :) Makasih udah mampir :)

      Hapus
  6. kadang membuat lelah dengan pekerjaan, kuliah ...belum tugas2 kantor n kuliahnya.... :(

    BalasHapus
  7. masih agak sulit buat saya mba, paling minum aja yang bisa saya lakukan hehe

    BalasHapus
  8. Aku paling doyan minum tapi minum kopi sampai kekurangan minum air putih. Dan soal olah raga, aku paling malas. Tapi aku masih bisa bersyukur. Ah ada saja alasannya ngelaknya :D

    BalasHapus
  9. Siip, kalau dijalanin emang benar-benar dapat menyehatkan, aktifitas sesibuk apapun bisa segar kembali, terutama olahraga dan istirahat yang cukup

    BalasHapus
  10. Nah itu tuh, mager olahraga. Hehehe

    BalasHapus
  11. kalau saya pas lagi sibuk pasti banyak minum air putih.kalau nggak pasti gak konsen jadinya..badan juga pegel-pegel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul Mas, naik motor aja jadi ngalamun kalo kurang minum

      Hapus
  12. Hm...sama minum madu Mbak. Kerasa banget daya tahan tubuhku lumayan kuat. Tapi nggak pake begadang-begadang sekarang.

    BalasHapus