Sabtu, 09 Maret 2024

Gerakan Pungut Sampah Alun-Alun Sumowono

Gerakan Pungut Sampah Alun-Alun Sumowono

Bagi yang rutin jogging di Alun-Alun Sumowono, pasti paham banget betapa maaf ‘kotornya’ tempat tersebut.

Plastik makanan, sunduk jajanan, cup minuman tersebar dengan leluasa baik di lapangan, track jogging hingga pinggir bahkan sepanjang trotoar sekeliling alun-alun.

Alun-Alun Sumowono
Gerakan pungut sampah Alun-Alun Sumowono

Duh, pokoknya sepet banget kalau lihat. Mau mungutin satu-satu kok ya sebanyak itu. Akhirnya, melihat fenomena ‘alam’ tersebut yang rutin jogging berinisiatif untuk mengadakan gerakan bersih-bersih.

Btw aku nyebutnya gerakan pungut sampah. Namun, sebelumnya yang belum kenal Alun-Alun Sumowono, bisa cek-cek yang berikut, ya!

Ada Apa Saja di Alun-Alun Sumowono?

Sebelum acara bersih-bersih dimulai, aku mau spill dikit tentang alun-alun ini. Bagi penggemar olahraga, alun-alun memberikan tempat nyaman dan lengkap. Tentunya lapangan untuk olahraga seperti sepakbola, volly dan lain sebagainya.

Alun-Alun Sumowono
Mode depan Alun-Alun Sumowono

Selain itu, ada banyak hal keren lain yang bisa ditemui di Alun-Alun Sumowono, antara lain:

1. Jogging Track

Tersedia trek jogging yang mengitari alun-alun dan tempatnya nyaman sekali. Pernah kuhitung dengan jalan biasa (langkah tidak terlalu panjang) sekitar 400 langkah. Bahkan kalau mau yang trek luar pastinya lebih dari itu.

2. Trek Sepeda

Bagian luar trek jogging ada buat trek sepeda yang juga tak kalah nyamannya. Tempat ini biasa pula digunakan untuk main sepatu roda.

Tentunya lebih lebar dan leluasa karena bisa pula untuk lewat motor dan mobil dengan kecepatans sedang.

3. Stan Kuliner

Kamu mau coba kuliner apa saja ada lengkap di Alun-Alun Sumowono. Mulai dari bakso, bubur, seblak, jajanan, minuman dan lain sebagainya. Rasanya lezat tiada tara dan dijamin bikin ketagihan!

4. Toilet

Terdapat pula toilet bagi yang ingin menuntaskan hasrat alam.

5. Musholla

Tak perlu khawatir buat yang ingin menunaikan sholat karena tersedia musholla dan tempatnya berada di sebelah kanan belakang tulisan alun-alun.

Area parkir cukup luas jadi nyaman banget untuk nongkrong atau menunggu orang tercinta. Sepanjang mata memandang juga asyik saja karena jelas banget penampakan Gunung Ungaran, sawah dan beberapa ladang penduduk.

Apa Itu Gerakan Pungut Sampah Alun-Alun Sumowono

Pastinya Alun-Alun dibangun sebagai fasilitas umum untuk warga dong. Dapat pula digunakan berbagai akses kegiatan positif dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Alun-Alun Sumowono
Sisi lain Alun-Alun Sumowono, Gunung Ungaran tegak menjulang

Soalnya, sekeliling alun-alun juga penuh penjual segala macam kuliner yang lezat tak terbantahkan seperti sudah kujelaskan sebelumnya.

Lalu, siapa yang harus menjaganya? Ya warga juga disamping pihak pengelola. Ndillalah, hampir tiap hari aku jalan pagi di sana, jadi tahu banget perkembangan sampah dari hari ke hari. Wkwkw, aku mengamati soalnya muternya bisa 10 kali lebih.

Bahkan, sampai hafal sampah yang sudah ndongkrok sejak seminggu atau 10 hari yang lalu. Apalagi jika lapangan habis digunakan untuk acara tertentu, wes deh, sedih lihat sampah bertebaran dimana-mana.

Akhirnya digagas nih sama ibu-ibu yang rutin jalan pagi untuk bersih-bersih alun-alun. Disepakati pada Minggu, 9 Maret 2024 pukul 06.00 WIB. Gas deh, bawa sapu, engkrak dan bagor bekas.

Pembersihan Sampah dari Ujung ke Ujung Alun-Alun Sumowono

Sesuai kesepakatan, jam 06.00 kumpul. Aku telat, anter bocil dulu ke terminal lalu langsung ke alun-alun. Jebulnya sudah dimulai ya persapuan depan alun-alun.

Alun-Alun Sumowono
Sebagian kecil sampah, foto udah lama sih tadi nggak sempet ambil foto

Aku mlipir di sebelah selatan alun-alun bagian tangga-tangga nan eksotis tapi kotornya bikin ngelus dada. Tangga-tangga ini tempat favoritku buat foto. Kalau duduk tangganya seksi, kalau berdiri, Gunung Ungaran kethok cetho kecuali pas kabut.

Mundur lagi ke belakang, ada bangunan SD-ku yang sudah terbengkalai. Namun, ada mural di tembok sisi kanan dan kiri yang sangat epik untuk dijadikan background foto.

Alun-Alun Sumowono
Nyapu, pungut sampah, kumpulkan

Lanjut bersih-bersih dengan mulai melipir nyapu, pungut sampah, masukkan ke bagor pelan-pelan tapi pasti. Ibu-ibu, bapak-bapak dan mas-mas juga bener-bener cekatan banget.

Alhamdulillah, ada beberapa yang mau jogging ikutan juga gerakan kecil ini. Salut! Maturnuwun, ya semangatnya. Angkat topi buat semuanya, love!

Tahu nggak, sih, aku nemu beberapa sampah yang memang sengaja diselempitkan di antara paving. Jadi, mau bersihinnya harus ditarik dari antara paving tersebut. Mempersulit pembersihan guys!

Padahal you know, tempat sampah itu juga disediakan di beberapa sudut alun-alun loh! Jadi gemesss!

Done

Nggak butuh waktu lama sebenarnya, karena kita menganut asas gotong royong, sat set, wat wet, pungut sampah done juga. Alhamdulillah, tampilan jadi lebih manis, bersih dan nyaman dipandang. Sebelum makan soto beramai-ramai, kita foto dulu!

Alun-Alun Sumowono
Done!

Semoga Alun-Alun Sumowono terus menjadi tempat nyaman untuk healing tipis-tipis dan melakukan berbagai kegiatan positif, ya!

Yuk, jaga fasilitas umum lebih bijak dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika nggak nemu tempat sampah, ya simpen dululah atau selalu sedia kantong mini di tas, salam!


Baca Juga:

Lirik lagu Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang

Karnaval Sumowono 2022

Karnaval Sumowono


0 komentar:

Posting Komentar