Rabu, 07 Desember 2016

Manfaat Daun Jarak




Manfaat Daun Jarak

Hai Sob.

Perut kembung sangat mengganggu aktifitas keseharian. Termasuk saat si kecil perutnya bersuara dung dung dung #lebay dikit ah :D. Ih jadi bĂȘte seharian, makan nggak mau, kadang malah pingin hok. Minum juga susah, ler-ler ran (ngantuk terus). Badan lemas, nggak semangat, wis pokokmen bikin hidup nggak berwarna.


 Ceritanya nih, si kecil sering banget bermasalah dengan perut. Sampai harus nongkrong keren di rumah sakit segala. Emoh banget kan, ya. Akhirnya dapat bocoran dari seorang ahli kesehatan, juga akupuntur yang dulu memijat lututku gara-gara terpeleset.

Baca juga: Cabe Rawit

Bapak yang sudah almarhum ini menganjurkan ke dokter dulu (sudah), cek lab dulu (sampun), bla bla bla deh. Akhirnya kudapatkan resepnya yang insyaallah manjur. Sudah sering kupakai sendiri saat perut nggak enak, apalagi saat si kecil mulai malas makan dan bawaannya mau hok. Setelah di cek perut oleh emaknya, kembung lagi dan lagi.

Jarak pager
 
Dedauanan yang dipakai adalah daun jarak. Oh ya daun jarak ini ada beberapa macam ya. Ada yang warna ungu kecoklatan namanya jarak ulung. Dan ada yang warnana hijau, di Jawa namanya jarak pager (Jatropha curcas L., Euphorbiaceae). Semua bisa dipakai. Tapi nanti baunya beda. Hanya saja aku lebih suka pakai yang daunnya berwarna hijau. Baunya enak banget.

Caranya, gampang kok.
1.     Ambil 2 atau 3 lembar daun jarak.
2.    Cuci hingga bersih.
3.    Siapkan teflon untuk memanggang daun.
4.    Daun jarak lumuri dengan minyak goreng. Minyaknya dikit saja ya, jangan kayak mau dipakai goreng tempe :D
5.    Taruh daun jarak di teflon, nyalakan api, paling kecil.
6.    Panggang daun jarak. Bolak balik hingga daun jarak layu. Layu saja ya, Sob, jangan sampai kekeringan. Soalnya kalau terlalu kering nanti di perut jadi clekit-clekit dan hancur daunnya.
7.    Matikan api.
8.    Diamkan semenit, supaya daun jadi hangat (nggak panas).
9.    Balurkan di punggung si kecil. Lalu balurkan di dada. Kalau sudah rata, tempelkan daun jarak tersebut di pusar. Tutup dengan kaus dalam, beres deh.

Nggak sulit, kan? Bisa juga sebelum dikasih daun jarak, badan si kecil dilumuri minyak kayu putih dulu. Nggak juga nggak apa-apa, sih.


Nanti akan ada sensasi bau daun jarak yang enak banget, Sob. Baunya seperti bebauan untuk terapi. Alami, tapi nggak eneg dan menghangatkan. Kalau anaknya masih batita, saat kita gendong, hangatnya juga menjalar ke tubuh ibundanya.

Itu dia tips sederhana saat si kecil kembung. Semoga bermanfaat buat Sobat semua. Salam sehat!


34 komentar:

  1. makasihh mbaa..bermanfaat sekali infonya, saya juga suka nyari daun itu buat sakit gigi yang diambil getahnya...
    makasih infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? bisa buat sakit gigi juga, gimana carana Mbak?

      Hapus
    2. patahkan bagian daun atau batang dari tanaman jarak hingga muncul getahnya
      Teteskan getah tanaman jarak pada bagian gigi yang sakit atau bagian gigi yang berlubang
      Selain diteteskan langsung, anda juga bisa meneteskan getah jarak pada kapas, lalu kemudian kompres gigi anda dengan menggunakan kapas yang sudah diberikan getah tanaman jarak

      Hapus
    3. Makasih Mas Yuli, mudah ya caranya :)

      Hapus
  2. kayaknya ortu pernah nanam ini tapi sekarang yang lagi seger2nya tuh daun afrika, selain bikin mata seger karena lihat daunnya yang ijo, daun afrika juga dimanfaatkan untuk minuman kesehatan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun afrika? iya juga kalo jadi sueger dan otak fresh karena hijau memang bikin adem. Tapi aku baru denger pohon ini Mbak, banyak manfaatnya ya?

      Hapus
  3. waa, ada acaranya kayak gitu untuk daun jarak ya mbak.
    kalau sariawan adik juga sering pake itu, getahnya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak garo blog, getahnya juga bermanfaat ya?

      Hapus
    2. bermanfaat banget mbak, cuma harus tahan pahiiiiit

      Hapus
    3. walah, aku belum pernah merasakannya :)

      Hapus
  4. Daun jarak ternyata berkhasiat obat ya, kadang suka panik kalau si kecil tiba- tiba mengeluh sakit, tapi sayang pohon jarak sudah sulit didapat di daerahku, demi buah hati sehat selalu akan aku cari dan tanam pohon jarak utk berjaga2
    terima kasih sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, selama ini manjur sih dipake anak juga aku dewe kalo perut bermasalah.

      Hihi, bapakku juga sampai nanem Mbak. Malu minta tetangga terus. Cepet dan gampang kok tumbuhnya

      Hapus
  5. itu sakit perutnya gara2 apa mbak penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya makanan Mbak dan kedinginan. Tempatku daerah dingin Mbak. Anakku yang kecil nggak tahan makanan pabrikan, jadi made in dewe Mbak. Kalo dia jajan sering terus masalah perutna, kembung, diare, melilit dll deh.

      Hapus
  6. Wah ternyata berguna juga ya buah sakit kembung.

    Pengalaman dulu pernah juga pakai getah jarak pagar untuk obat sakit gigi, pahit sekali getahnya dan Alhamdulillah berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah nyoba kalo untuk sakit gigi (Nggak pingin juga sih gigi sakit) berarti udah banyak yg membuktikan ya

      Hapus
  7. daun jarak ini banyak sekali manfaatnya

    BalasHapus
  8. Daun ini udah lumayan langka ya kalau nggak salah. Di kampungku aja adanya cuma di belakang rumah nenek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanem sendiri Mbak. Mudah kok tumbuhnya :)

      Hapus
  9. Ooh baru tahu ini Mbak
    Terima kasih sharing-nya

    Err mudah2an saya bisa ingat bentuknya karena saya paling susah mengingat bentuk2 daun :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama Mbak.

      Hihihi, mudah dikenal kok daunnya :)

      Hapus
  10. Waktu kecil, saya suka sekali mainin buah jarak, ternyata daunnya bermanfaat juga ya...

    BalasHapus
  11. ooh itu toh yg namanya daun jarak, saya baru tau

    BalasHapus
  12. Obat tradisional yang berasal dari alam sekitar ternyata sangat membantu kita.
    Semoga info yang mba Wahyu bagikan ini bermafaat bagi kita semua.

    BalasHapus
  13. Kirain tadi diminum air rebusan daun jaraknya Mbak. Ternyata dibalurin saja yak Mbak, setelah digarang di teflon

    BalasHapus
  14. Waah daun jarak berarti harus dijadikan taman TOGA di PKK ya mba

    BalasHapus
  15. Aaah, tips nya oke banget mba, tapi bingung niiih, dimana nyari daun jarak disini... huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus nanam sendiri dulu Mbak :D

      Hapus