Rabu, 01 Maret 2017

Jepret Arem-Aremku Ala Sushi



Jepret Arem-Aremku Ala Sushi

#2thGandjelRel

Dear, Sob. Terobsesi akan sesuatu sah-sah aja, ya. Sepertiku yang selalu tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan Jepang. Rasanya separuh nafasku tertinggal di sana *ea… ea…

Serial Oshin yang sampai berderet episodnya itu aku suka lho. Walau separuh jiwa ingatannya, waktu itu masih bayi, hihihi. Yang kekinian, aku penggemar berat TV Champion. Masakannya keceh badai semuwah. Bikin ingatanku melayang wira wiri nggak bisa diam. 

 Untung urusan makanan versi Jepang tapi ala kuliner nusantara kutemui juga pas beli jajanan di pasar. Makanan ini sudah melanglang jagad nggak hanya di desaku aja loh. Sudah banyak tempat lain yang begitu hapal dengan makanan ini.

Apakah itu?
Pasti sudah bisa menjawab sesuai judul di atas.

Arem-arem with Asus ZenFone

 Iyes, arem-arem ini terbuat dari nasi bersantan. Di dalamnya berisi tahu, tempe, wortel, kentang atau bisa juga cincangan daging. Rempah bumbu (yang biasanya pedas) menambah gurih dan mulut melumer saat memakannya. Endes banget!

Dan ternyata, arem-arem ini pula yang membuat mas bojo bisa sekolah sampai tamat. Begitulah, arem-arem yang menggiurkan lidah ini memang sangat istimewa buatku.

Nggak hanya bikin sekolah katam wahai Sobatku tercintah. Arem-arem ini juga menjadi makanan andalan saat piknik, kumpulan RT, yasinan, bahkan saat rapat di sekolah. Iya apa iya hayo?

Kenapa ya pilihan emak piknik jatuhnya di arem-arem? Wajar, kok. Selain simpel, nggak rempong, awet pula. Seharian nggak bau kok kalau mengukusnya benar-benar matang. Khusus buat anak-anak, ya isinya nggak usah pake cabai.

Selain mengenyangkan, harganya sangat terjangkau. Di desaku hanya dipatok Rp.1000,-. Murih bingit, kan? Dari bahan pembuatannya, jelas terkandung karbohidrat, protein dan vitamin. Bikinnya juga direbus, aman dan sehat.

Makannya nggak pake ribet. Piring, sendok, garpu? Ungsikan dulu, deh. Tinggal copot bitingnya, lepas perlahan bungkus daunnya dari atas ke bawah, makan pelan-pelan. So, tangan kita nggak kotor, ringkes. Bungkusnya juga daun, sampah organik.

Lalu, apa hubungannya dengan obsesi rasa di atas? Haha… nggak ada, sih. Hanya saja entah kenapa melihat arem-arem pikiranku ke mbak susi tetangga sebelah rumah.

Yup, sushi! Makanan khas jepang yang imut, lucu dan menarik ini kadang bikin kangen. Supaya nggak ngiler, aku sering beli arem-arem andalan desaku yang juga kuliner nusantara ini. Kujadikan beragam bentuk sesuai angan dan mimpiku.

Berawal dari corat coret diantara malam. Kayak gini nih:

Arem-arem versi coretanku
 
Hasilnya?

Dengan lelehan saos, arem-arem tampak beda ya :D


 Lebih suka yang mana, Sob? Bikin pengen, kan? Beda penampakan bikin gimana  gitu ya *ho oh.


Versi arem-arem tanpa daun, daun pisang sebagai alas saja

 Arem-arem memang tanpa nori. Tergantikan oleh daun pisang yang tak bisa dimakan. Tapi bisa melepas kangen atas kenangan yang telah usang dan tergerus waktu *hallah. 

Mungil ya arem-aremnya

 Biar foto-fotonya makin kece, ya tentu saja pake ASUS ZenFone, dong. Smartphone ini kualitas dan kemampuan fotografinya sungguh yahud. Perangkat kameranya menggunakan PixelMaster Camera yang tentu saja menjadi pilihan tepat konsumen yang ingin smartphonenya bernilai lebih. Ruang penyimpanan internal yang besar mampu menampung foto, video ataupun data lain.

Buat para blogger, ASUS ZenFone pilihan yang sangat tepat!

Begitulah, Sob, jepret kuliner kali ini bikin aku makin sayang sama ASUS ZenFone. Makin sering beli arem-arem. Otomatis menggemparkan dan meningkatkan roda perekonomian pasar, kan? Dan yang pasti kenangan akan sesuatu yang luar biasa itu selalu ada. Untuk dikekepin di hati, heu heu.

Harapanku akan arem-arem ini nggak hanya melenggang di pasar desa atau milik khas kuliner nusantara saja. Tapi bisa seperti rendang, nasi goreng dan sate yang mendunia. Kalau penampakannya menyenangkan dan bikin lidah mesem eh bergoyang, siapa tahu suatu hari nanti arem-arem bisa jadi andalan resto dan andalan kuliner sejagad?

Yuk, ah, makan arem-arem *eh ngeblog dulu. Biar laper sama nulisnya nggak ngganjel di hati.

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel

94 komentar:

  1. iyaa... arem arem menu wajib saat piknik. hihi..

    BalasHapus
  2. hihihi si mba kreatif :) aku jg suka arem2 mba klo di sunda mah buras namanya :)
    gudluck mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda nama sama rasa yo Mbak. Makasih :)

      Hapus
  3. aish... keren euy :) coba fotonya pake sambel kacang mba.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, tapi apa enak ditambah sambal kacang?

      Hapus
  4. Ini Arem-arem penampakannya kayak sushi ya..hihihi..Haduh Mbak, sudah posting artikel lomba. Daku ngedraft aja belum..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, ala sushi memang Mbak. AYu semangat masih ada waktu :D

      Hapus
  5. tu makanan, satu kurang, tambah tiga. penasaran rasanya mbak. dipalembang nggak ada

    BalasHapus
  6. Wah keren. Arem2 ala ala jepang gitu hehe. Besokbikin arem2 isi keju ala belanda.yuk mbak wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, bisa Mbak, isi keju, lumer di dalam ya

      Hapus
  7. Arem-aremnya jadi mirip sushi ya mbak.hehehe

    aku juga suka makan arem-arem ditemani cabe rawit atau saos sambal, enakkk banget! :D

    BalasHapus
  8. Elahhh kreatip banget mbak arem-arem jadi kaya gitu.

    BalasHapus
  9. wih mau foto aja ada sketsa nya ya mbak kreatif banget hihihi...

    BalasHapus
  10. Arem-arem memang jadi andalan piknik, soalnya cemilan ini bahan dasarnya beras jadi sekalian buat bontot simpel banget


    oh ini post lomba ya? ok semoga sukses ya

    BalasHapus
  11. Bagus deh Mbak jadinya <3

    Asus ZenFone, ah... aku suka banget kameranya. Buat edit langsung juga banyak pilihannya. Bisa makin kreatif pas ngedit :))

    BalasHapus
  12. Kreatif nih, tradisional arem2 sama barat sushi

    BalasHapus
  13. Arem-arem...karemankuuu... :)
    BTW, aku sukaa konsepnya... Jempol..

    BalasHapus
  14. Kreatiiif mbak Wahyu, mau dong arem2 ala sushi nya

    BalasHapus
  15. Unyu banget arem2nya mbak jd pengen nyobain

    BalasHapus
  16. Arem arem memang makanan fav sepanjang zaman yaa mba :)

    BalasHapus
  17. Arem arem isi oncom pedas. Makanan yang udah nggak diragukan lagi enaknya, haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah yg isi oncom Mbak :) Mau dong

      Hapus
  18. mantan Dubes Jepang ya neng,,,,,arem arem ini bukanya menu khas jawa ...iya kan?

    BalasHapus
  19. Wah itu arem-arem juga suka banget.... Btw, kenapa mas bojo bisa katam sekolah karena arem-arem mbak? apa karena beliau makan arem-arem tiap hari atau gimana? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ibundanya jualan arem2 Mbak :D

      Hapus
  20. huisss osin aku juga dulu ngikuti, walau udah lupa banget...secara aku dulu masih peyek kwkwkwkw.....itu lemper kok menggoda ya...

    BalasHapus
  21. Wah kreatif mbak wahyu kreasi arem-aremnya ☺

    BalasHapus
  22. Kreatif banget sih mbaa arem2 dibentuk sushi gituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kan ada ceritanya Mbak Rahmi

      Hapus
  23. Wah kreatif sekali mbak Wid, jempol 4 deh buat dikau :)

    Arem-arem sudah sangat familiar buat kita ya, betul selain mengenyangkan juga rasanya enak gurih dan cara makannya juga simpel.

    Terus kalau sudah disulap jadi sushi pasti harganya nggak boleh serebuan lagi dong mbak, per pisnya sepuluh ribu tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, bisa menaikkan derajat pasar arem2 ya Mbak

      Hapus
  24. bagi mba Wid, enaknyaaaa
    aih si Asus emang keren dan beken ya :-D
    selalu mupeng liat camera dia, cling gitu

    BalasHapus
  25. kelihatannya enak Mbaa, jadi pengen makan deh, hihihi :)

    BalasHapus
  26. Kalau cuma lihat fotonya doang, bakalan ngira itu sushi.

    BalasHapus
  27. Kalau cuma lihat fotonya doang, bakalan ngira kalau itu sushi beneran padahal arem-arem.

    BalasHapus
  28. Waa..ini aku suka mbak. Aku suka yang dalemnya pedes. Sama ditempatku juga seribuan.. Klo ada pilihan arem2 ato lemper, aku milih arem2..

    BalasHapus
  29. Makanan lezat dengan sajian yang bersih difoto pake Asus jadinya bikin ngiler mba. Jadi pengen nyobain, hehe

    BalasHapus
  30. Hahaaayyy...pengin nyomot si arem2 sushinya. Cantik banget dibikin begitu. Mau nyobain aaahh... Ntar beli arem2 trus dipotong2 gitu hihihii... emak males masak :))

    BalasHapus
  31. Hahaha. Emang bener Mbak, arem2 selalu ada kalau pas rapat di sekolah. Kayaknya jadi menu wajib deh. Biar nggak kelaperan.

    BalasHapus
  32. kreatif mbak Wahyu....siiipppp

    BalasHapus
  33. Enaknya...!
    Aku juga suka arem2 Mba..
    Mba Wid kreatif deh bikin arem2 ala sushi 😍

    BalasHapus
  34. Liat ini malah jadi ngiler pengen ngelahap,,,
    Daun pisangnya kalau tipis kayak nori, nanti langsung di lahap aja :D

    BalasHapus
  35. duh..... jam segini ngeliatin arem arem, kalaupun kengen nyari dimana yang jual nih hehehehe. laper euy!

    BalasHapus
  36. arem-arem sama kupat menu wajib waktu piknik...dulu kupatnya sampai dijadikan kalung waktu ke kebun binatang gembira loka hahaha ( jaman masih sekolah di TK pertiwi )

    BalasHapus
  37. Saya ga suka sushi, Mbak. Tapi kalau arem-arem suka banget :D

    BalasHapus
  38. wihh keren mba, beneran kaya shushi ya, awalnya saya liat kirain sushi hahaha. kreatif banget hahaa

    BalasHapus
  39. Susi unik buatan mba Wid kwkwkw

    BalasHapus
  40. Suka yang pedaas, waah arem2 go internasional..ikiih..

    BalasHapus
  41. Lokal citarasa internasional ya mbak

    BalasHapus
  42. Lupa naruh sesuatu klo aku...sering banget..!
    Kunci motor..sisir...hape..itu yang paling sering naruh terakhirnya dimana...

    Eh..pernah juga..sekolah lupa nggak bawa tas. Soalnya pas berangkat nyamperin temen..eh..tasnya ditaruh dulu. Pas nyampe sekolah, baru ingat...tas nggak dibawa serta.😀😀😀

    BalasHapus
  43. Eh..aku salah naruh koment mbak..td kegeser ke postingan sblm ternyata. Untung dimoderasi☺☺☺

    BalasHapus
  44. Baru tau arem - arem dari rising star kunbal tanjungbungo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, arem2 go internasionla Mas :)

      Hapus
  45. Bener sih mba, tiap piknik di mana aja, pasti ada arem2 nyempil di kotak snack, hihii

    BalasHapus