Selasa, 10 Oktober 2017

Hebohnya Workshop Menulis Cerita Anak di SMPN 2 Bandungan Satu Atap Benar-Benar Bikin Takjub!



Hebohnya Workshop Menulis Cerita Anak di SMPN 2 Bandungan Satu Atap
Benar-Benar Bikin Takjub!


Dear Sob, masih semangat nulis hari ini?

Bulan bahasa penuh dengan energi yang harus dimaksimalkan. Salah satunya dengan adanya Workshop Menulis Cerita Anak yang diadakan oleh SMPN 2 Bandungan satu Atap sabtu tanggal 7 Oktober 2017 kemarin.

Seru, bersama anak-anak penuh semangat!


Kupikir acaranya di sekolah, ternyata bertempat di Balai Desa Kenteng Bandungan. Ruangan yang cukup luas membuat semangat harus sebesar baja juga. Yel-yel yang bikin ruangan penuh energi. 


Ye, kompaknya...

Acara dimulai pagi pukul 08.00. Alhamdulillah cuaca cerah, penuh semangat pula aku menuju Balai Desa Kenteng. Eh di sana, sudah ada beberapa ibu guru nan cantik yang sudah siap serta anak-anak yang penuh semangat, Dik Ida, Bu Egga serta ibu satu lagi daku lupa namanya uhuksss. Maafkan njih bu.

Apalagi yel-yelnya oye, keren sangat dan kompak. Ruangan yang sunyi sepi mendadak bergemuruh oleh kekompakan mereka menyuarakan yel-yel. Gerakannya juga wih, salut deh.

Biar nggak ngantuk

Tak perlu lama-lama, materi kumulai dengan kuis. Kuis yang nggak harus mikir ini kubikin agar anak-anak nggak ngantuk. Hasilnya, ternyata banyak loh yang suka menulis. Selamat deh, para calon penulis hebat!



Berikutnya kukasih materi menulis cerita anak yang singkat, padat dang nggak pake membingungkan, hehehe. Apalagi membosankan. No no no. Bahaya kan kalau dikasih materi malah menguap melulu. Wah kan menguap bisa menular tuh ke yang  lain.

Alhamdulillah materi tersampaikan dengan lancar jaya. Tanya jawab yang penuh tawa tapi serius santai, antusias dan jiwa muda membuat semangatku juga naik.

Pertanyaannya yuhui, detil-detil banget. Mulai dari cara menulis yang baik, bagaimana kirim ke media, apa  motivasi menulis dan banyak banget keingintahuan mereka yang bikin aku takjub. 

Wah hebat nggak sih ternyata mereka sangat ingin tahu dengan dunia literasi ini.



Pada serius hihihi


Karya yang keren-keren

Di akhir acara langsung action dong. Menulis cerita anak dengan tema bebas. Minimal 3 paragraf. Sambil menunggu, Mas Haikal dan Mas Faiz baca puisi di depan. Wih, soulnya dapet banget sih. Mereka bisa membaca dengan penuh penjiwaann dan pas dengan karakter mereka. Pokoknya nggak dibuat-buat. Ini ajaran dari Bu Maria Utami mungkin ya. Beliau kasih pelatihan menulis puisi di hari sebelumnya. Salut deh.

Akhirnya didapatkan 3 tulisan tebaik yang berhak mendapatkan buku dariku. Tulisannya tentang bullying, fabel dan cerita dengan deskripsi yang keren punya. Membuat aku, Mas Agus dan Pak Artoyo yang datang menemaniku ikut takjub.

Bersama Guru dan OSIS SMPN 2 Bandungan satu Atap

 Karya-karya polos yang indah dan penuh daya kreatifitas ini memang tinggal dipoles, dipoles dan terus dipoles. Karena semua serba berproses. Proses nggak akan mengkhianati hasil, bukan?

Sekitar jam 11 akhirnya acara selesai. Kami sempat ngobrol-ngbrol dulu bersama Bu Egga tentang gerakan literasi yang insyaallah akan terus digiatkan. Sukses buat anak-anakku SMPN 2 Bandungan Satu Atap. Semoga gelora semangat dan raa ingin tahu ini terus membara. Tak hanya teori tapi action, action dan action.
Semangat menulis!

Baca juga:

2 komentar:

  1. semoga semakin banyak acara seperti ini, memancing kreatifitas adik-adik ke arah positif, seperti kita blogger. hehe. andai deket, pasti mas datang

    BalasHapus
  2. Sepertinya lamaaa banget aku nggak ngumpul bareng kawan-kawan Penulis Ambarawa. dan seneng bacanya kawan-kawan terus bergerak dan menginspirasi anak-anak.

    BalasHapus