Minggu, 25 Agustus 2019

Inilah Beberapa Cara untuk Menghilangkan Kutu Kucing Peliharaan Anda


Inilah Beberapa Cara untuk Menghilangkan Kutu Kucing Peliharaan Anda

Kutu pada kucing, jika dibiarkan akan menyebabkan terjadinya kelecetan pada kulit kucingnya. Kutu juga dapat menyebabkan alergi dan kemungkinan infeksi sekunder pada kucing.

Selain berdampak buruk bagi kucing itu sendiri, kutu juga akan merugikan pemelihara kucing berkutu tersebut. Biasanya, kucing peliharaan sering bersama dengan majikannya, baik ketika tidur, makan, atau ketika melakukan aktivitas lainnya. Maka, bukan tidak mungkin jika si majikan akan dihinggapi kutu pada kucing peliharaanya.

cara menghilangkan kutu kucing
Foto by brghtside.me


Berikut akan diulas mengenai beberapa cara menghilangkan kutu kucing yang bisa Anda lakukan tanpa dokter hewan.

Memandikan dengan Shampo Khusus
Mandi tentu menjadi salah satu kebutuhan terpenting dalam perawatan tubuh kucing, salah satunya untuk mencegah kutu. Grooming menjadi salah satu finishing yang bagus untuk menghilangkan telur kutu pada kucing. Sampo yang baik untuk menghilangkan kutu pada kucing, yaitu sampo yang beraroma lemon.

Minyak Telon
Ternyata, minyak telon terbukti praktis untuk mengusir kutu pada kucing. Cara menggunakannya sama saja seperti yang digunakan oleh manusia, yaitu dengan mengusapkan minyak pada bagian kulit kucingnya. Oleskan pada bagian tubuh kucing yang terdapat kutu, agar ketika si kucing menjilat tubuhnya tidak sampai pada bagian yang diolesi minyak.

Menyisir Bulu Kucing
Cara menghilangkan kutu kucing berikutnya yaitu dengan rutin menyisir bulu kucingnya. Menyisir bulu kucing biasanya dilakukan setelah kucing dimandikan. Gunakan jenis sisir yang cocok dengan bulu kucingnya. Selain bermanfaat agar kucing tidak berkutu, menyisir bulu kucing juga baik untuk merawat bulu kucing agar lebat.

Air Cuka
Penggunaan air cuka untuk menghilangkan kutu pada kucing ini yaitu dengan cara disemprotkan. Anda bisa mencampurkan air dengan cuka ke dalam panci, kemudian hangatkan dengan api sedang. Jika sudah mendidih, tuangkan air yang sudah dicampur cuka terrsebut ke dalam botol semprot. Cairan pencegah kutu pada kucing siap digunakan. Perlu diperhatikan ketika menyemprotkan cuka pada tubuh kucing yang berkutu, jangan sampai cuka terkena mata atau telinga kucing.

Menggunakan Jus Lidah Buaya
Jus lidah buaya ternyata menjadi salah satu cara menghilangkan kutu kucing yang cukup ampuh. Dalam penggunaannya, campurkan jus lidah buaya dengan sedikit cabe rawit. Kemudian masukan ke dalam botol semprot.

Air Lemon
Alternatif lain dari cara membunuh kutu kucing yaitu dengan menggunakan cairan berbahan dasar lemon. Langkah yang harus dilakukan pertama kali untuk membuat semprotan anti kutu dari lemon ini, yaitu dengan memotong satu buah lemon menjadi 4 bagian, kemudian masukan ke dalam air mendidih. Pastikan semua bagian dari lemonnya terendam air panas. Lemon yang sudah direndam air mendidih tersebut tidak bisa digunakan secara langsung, biarkan semalaman terlebih dahulu, kemudian saring. Air lemon yang sudah disaring tersebut tuangkan ke dalam botol semprot.

Garam
Garam ternyata merupakan salah satu alternatif dari cara menghilangkan kutu kucing, khususnya larva dan telurnya. Caranya yaitu dengan mencampurkan garam dengan air hangat. Kemudian rendam kucing peliharaan Anda pada larutan air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam tersebut.

Membatasi Aktivitas di Luar Rumah
Kebanyakan, kucing yang berkutu adalah kucing yang suka berpetualang. Cara yang satu ini perlu untuk dilakukan agar tercegah kutu pada kucing peliharaan Anda.

Sudah mengetahui cara menghilangkan kutu kucing? Segeralah lakukan beberapa cara yang disebutkan tadi, jika kucing Anda mulai berkutu. Rawatlah peliharaan Anda, agar Anda sebagai pemeliharanya juga tidak terkena dampaknya. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. walah jadi gini toh caranya, kadang kucing saya cuma tak mandiin tapi ya gitu kadang masih suka kutuan. trus sama keluargaku cuma dipetani aja kutunya bukan carai solusinya hehe

    BalasHapus
  2. Trims ulasannya mba. Baby kami suka banget ma kucing. tapi masih ragu buat beliin dia, karena kepikiran perawatannya dan jg mungkin penyakit yang ada di tubuh kucing

    BalasHapus