Sabtu, 27 Juni 2020

Cara Mudah Menjadi YouTuber Bagi Pemula


Cara Mudah Menjadi YouTuber Bagi Pemula


Sekarang ini ada banyak orang yang bercita cita menjadi seorang YouTuber. Bagaimana tidak, pendapatan yang bisa didapatkan YouTuber melalui iklan yang ditampilkan di dalam video milik mereka bisa terbilang cukup besar. Kemungkinan kamu salah satu orang yang sering menonton aksi YouTuber favoritmu melalui video mereka yang sangat menarik dan terlihat professional? Dan kemungkinannya kamu juga ingin mengikuti jejak mereka dan bermimpi bisa meraih sukses seperti PewDiePie atau Casey Neistat? 

Cara Mudah Menjadi YouTuber Bagi Pemula
 

Tetapi bagaimana jika ini merupakan video pertama yang akan kamu buat untuk YouTube dengan menggunakan peralatan yang seadanya? Tenang kamu tidak perlu khawatir, karena dengan hanya bermodalkan ponsel saja, kamu sudah bisa memulai menjadi YouTuber pemula. Berikut dibawah ini cara menjadi youtuber yang mudah bagi pemula diantaranya yaitu :

1.      Membuat Channel YouTube
Pastinya untuk bisa menjadi YouTuber sukses itu harus membuat channel YouTube terlebih dahulu. Jika kamu sudah memiliki akun Gmail, maka kamu bisa langsung sign ini menggunakan alamat email yang dimiliki. Tetapi jika belum ada atau tidak memiliki akun Gmail, maka kamu harus membuat channel YouTube dari awal dengan menggunakan alamat email yang saat ini digunakan.

2.      Merencanakan Konsep Konten
Tetapi sebelum membuat channel YouTube, kamu memikirkan terlebih dahulu konsep konten videomu. YouTube menawarkan banyak niche dan konsep yang dapat kamu ikuti seperti YouTuber dengan konten tentang gaming, kecantikan, atau topik apapun sesuai dengan keinginanmu. Setelah mendapatkan konsep yang akan diikuti, sekarang tinggal memikirkan tema apa saja yang akan ditampilkan.

3.      Menyiapkan Peralatan
Jika masih pemula, untuk merekam video yang akan dibuat kamu bisa menggunakan kamera ponsel atau webcam laptop. Yang paling penting dalam tahap awal ini adalah memiliki rasa percaya diri saat berbicara di depan kamera. Pastikan video yang kamu buat memiliki pencahayaan yang bagus, meski hanya mengandalkan sinar matahari.

4.      Konsisten
Seiring dengan semakin berkembangnya kepopuleran konten dan channel YouTube milikmu, maka akan ada banyak orang yang menunggu video baru milikmu. Cobalah konsisten dalam mengunggah video, misalnya saja seminggu sekali. Durasi video yang kamu unggah juga sebisa mungkin harus konsisten.

5.      Edit Video
Meski kamu masih pemula tetapi bukan berarti dapat mengunggah video yang seadanya saja. Supaya terlihat professional dan menarik untuk dilihat, coba edit video yang dibuat sesuai dengan kemampuan. Seiring dengan pertumbuhan channel YouTube milikmu pastinya kamu juga bisa sambil terus belajar meningkatkan kemampuan editing.

6.      Manfaatkan SEO
Untuk bisa menjadi seorang YouTuber yang sukses ternyata tidak hanya tentang dapat mengunggah video yang menarik saja. Tetapi kamu juga harus memperhatikan bahwa ada banyak orang yang mengetahui keberadaan video milikmu. Pasalnya dalam setiap harinya itu akan ada jutaan video yang diunggah di YouTube.  

7.      Mendapatkan Uang Dari YouTube
Saat masih berada dalam level pemula, kamu dapat menghasilkan uang dari YouTube dengan menggunakan AdSense. Tetapi jika Channel milikmu sudah mulai berkembang, kamu dapat mengembangkan sumber pendapatan dari endorsement atau sponsorship.

8.      Berteman Dengan Content Creator Lainnya
Semakin banyak koneksi dengan content creator lain di YouTube, maka akan semakin besar juga exposure yang bisa didapatkan. Kamu tidak hanya dapat meminta bantuan mereka saja, tetapi juga dapat membuat video kolaborasi dengan mereka. Nantinya melalui video kolaborasi tersebut, penonton setia dari rekan YouTuber ini akan menonton aksi kamu dengan rekanmu itu.

Untuk bisa menjadi YouTuber sukses juga kamu jangan lupa untuk berinteraksi dengan penonton dan subscribermu.

3 komentar:

  1. Waow membantu sekali mbk semoga menginspirasi 😍

    BalasHapus
  2. Waow membantu sekali mbk semoga menginspirasi 😍

    BalasHapus
  3. Waow membantu sekali mbk semoga menginspirasi 😍

    BalasHapus