Jumat, 21 Oktober 2016

Misoa, Camilan Nikmat di Waktu Senggang



Misoa, Camilan Nikmat di Waktu Senggang

Misoa siap disantap, ditemani teh dan tablet :D
Hai, Sob…

Banyak ragam camilan di negeri kita ini. Beragam pula cara memasaknya. Dengan dikukus, digoreng ataupun dioven. Kali ini, aku mau kasih resep misoa. Makanan lama yang sudah mulai pudar dari belantara camilan ini finishingnya dengan digoreng.

Sebenarnya sih, sudah agak lupa dengan camilan ini. Tapi mendadak ingin bikin saat ada teman kuliah WA aku dan minta resepnya. Dulu, si teman yang bernama Inong (nama sebenarnya Irmawati) ini pernah mampir dan menginap di rumahku. Saat itu kebetulan Ibu bikin misoa. Ternyata Inong suka banget, apalagi kalau dicocol saus tomat/sambal.  Kalau aku lebih nikmat pakai cabai rawit.


Wah, jadi kangen sahabat lama nih. Biar kangennya hilang, bikin makanan kesukaannya saja kali, ya...

Okelah, Sob, camilan ringan nan nikmat ini bisa kita bikin sendiri. Buatnya gampang nggak pakai ribet. Mau tahu caranya? Baca langkah-langkahnya di bawah ini, ya:


Bahan misoa:
1.    Misoa 1 bungkus (dipisahkan ya, biar tidak menggumpal).
2.    Ebi sebungkus kecil (rendam dalam air panas).
3.    3 buah wortel diiris kotak kecil.
4.    4 batang daun seledri diiris kecil.
5.    7 gelas blimbing air.
6.    Penyedap rasa secukupnya.
7.    Minyak untuk menggoreng.

Misoa mentah dipisahin gini biar tidak menggumpal saat direbus

Bumbu yang diulek:
1.    5 siang bawang putih.
2.    Merica 1 sendok teh.
3.    Ebi yang sudah direndam.
4.    Garam secukupnya.


Lalu, siapkan juga loyang yang sudah diolesi sesendok teh minyak goreng. Supaya misoa tidak lengket di loyang. Langsung lanjut ke cara buatnya, ya.

                        Cara buatnya:
1.    7 gelas air direbus.
2.    Masukkan irisan seledri dan wortel.
3.    Masukkan bumbu yang diulek.
4.    Biarkan sampai mendidih, beri penyedap rasa sedikit saja.
5.    Diicip.
6.    Setelah dirasa enak dan pas rasanya, masukkan misoa.
7.    Aduk, kurang lebih 5 menit, sampai menggumpal.
8.    Angkat.
9.    Taruh di atas loyang yang sudah diolesi minyak, ratakan.
10. Biarkan dingin. Iris kotak atau lonjong, sesuai selera.

Bumbu, irisan wortel dan seledri dimasukkan semua

 
Masukkan misoa, aduk sampai mengental kurang lebih 5 menit

Taruh di atas loyang yang sudah diolesi minyak goreng

Ratakan adonan misoa

Tunggu hingga dingin, ya

Iris sesuai selera. Bisa kotak, bisa lonjong

Jangan lupa baca RESEP ES KRIM SPESIAL

Sekarang, kita siapkan bahan adonan tepungnya:
1.    Tepung terigu ¼ kg.
2.    1 butir telur.
3.    Garam sejumput saja.
4.    Air secukupnya.
Caranya: tepung terigu, telur dan air diaduk sampai tercampur merata. Jangan terlalu cair atau terlalu kental. Pakai perasaan ya, Sob, hihihi.

Dah beres semua, saatnya kita menggoreng misoa.
1.    Siapkan wajan dan minyak goreng, biarkan mendidih.
2.   Ambil misoa yang sudah diiris, masukkan dalam adonan tepung, masukkan ke dalam minyak panas. Kecilkan nyala kompornya/sedang.
3.    Angkat kalau sudah matang dan menguning.
4.    Hidangkan bersama cabai rawit atau saus tomat/sambal. 

Wih, jadi banyak, ya

Langsung disantap, yuk!

Mudah banget kan, Sob? 1 bungkus misoa jadi banyak sekali lho. Sobat bisa membikin separuh bungkus saja. Kalau aku sih, agar menghemat, sebungkus misoa kubikin semua. Goreng sepruhnya. Yang separuh taruh kulkas, bisa tahan sampai 2 hari. Jadi saat senggang bisa langsung digoreng. Tinggal bikin adonan tepungnya saja.


Tips:    Ebi bisa diganti udang mentah. Caranya, bersihkan sampai bersih kulit udang, lalu diulek langsung bersama bumbunya. Rasanya? Lebih harum dan sedap.

           Bagi Sobat yang mau coba bikin, bisa bagi hasilnya di sini :D


            







4 komentar:

  1. mbaa Waaaaaaaaaahyu, bikin laper pagi-pagi
    mau dongggggg bagiin sini :-D

    BalasHapus
  2. baca resep ini jadi ingat, sayapun pernah bikin misoa, tapi berhubung masakan saya tdk di toel anak2 dan suami, jadi gak pernah bikin lagi deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, pada kurang suka kali Mbak santi :D

      Hapus