Jumat, 28 Oktober 2016

Singkong Goreng Ala Ala



Singkong Goreng Ala Ala

Hai, Sob

Besok malam minggu, masak, yuk! Memang ada hubungannya masak sama malam minggu? Ya nggak juga, sih. Kalau ada rencana mau keluar main, monggo, ya. Kalau di rumah saja, masak adalah pilihan tepat biar nggak jenuh.

 Nggak perlu masak yang berat-berat. Bahan baku kali ini hanya singkong. Kalau orang Jawa bilangnya telo pohong.

Di halaman depan rumah, di kebun bahkan di dekat kebun salak, singkong ini tumbuh subur sekali. Siapa lagi kalau bukan bapakku yang merawatnya. Pupuknya hanya pupuk kandang biasa. Hasil dari memelihara ayam kampung, ditambah sampah dapur. Sekitar 7-8 bulan, singkong ini bisa dipanen, lho. Tinggal cabut saja. Singkongnya pasti sudah nikmat untuk dibuat camilan. Khusus ketela  hasil kebun ini sudah 2 tahun, Sob.



Yang paling gampang ya bikin singkong goreng. Mungkin banyak yang sudah terbiasa makan singkong goreng ini. Waktu di Yogya, orang menyebutnya balok. Wakakak, tentulah aku tertawa ngakak saat itu. Baru tahu singkong goreng berjudul balok. Balok, kubus, atau prisma segitiga? hihihi. 


Memang banyak makanan sejenis, lain daerah lain nama ya, Sob. Hanya saja kalau di Yogya itu singkong goreng ini benar-benar rasa balok. Keras! Mungkin singkongnya nggak dikukus dulu ya. Itulah mungkin kenapa dinamakan balok.

Pohon singkong depan rumah, ada yang tinggi, ada yang pendek

 Bikin singkong goreng ini caranya biasa saja. Langsung cekidot, ya:
1.    Pisahkan singkong dari kulitnya.
2.    SIngkong dicuci hingga bersih
3.    Kukus singkong sekitar 45 menit.
4.    Angkat, potong dan iris kecil sesuai selera.
 

Bumbu yang diulek:
1.  3 Bawang putih. Dilihat banyak sedikitnya singkong ya Sob. Kemarin sih 1 pohon, jadi banyak banget. Tapi hanya kugoreng separuh. Separuhnya masuk kulkas.
2.    Garam secukupnya.
3.    Air secukupnya, campur rata.
4.    Siapkan juga minyak goreng, ya.

Singkong yang sudah dibumbu, diamkan dulu sekitar 15 menit
Cara membuatnya:
1.  Singkong yang sudah dikukus dan diiris masukkan dalam bumbu yang diulek, diratakan ya, Sob. Diamkan kurang lebih 15 menit. Supaya bumbunya merasuk.
2.    Tuang minyak goreng dalam wajan. Didihkan.
3.   Masukkan singkong yang sudah dikasih bumbu, goreng dalam minyak yang mendidih.
4.    Tunggu sampai kekuningan, angkat, tiriskan.
5.    SIngkong goreng siap dihidangkan.

Kalau sudah matang, tiriskan dulu, ya

Ada beberapa orang yang menambah bumbu dengan penyedap rasa. Suka-suka sih, Sob. Kalau aku sih, rasa singkongnya yang alami sudah manis, legit dan empuk jadi satu. Jadi nggak perlu ditambah penyedap rasa. Benar-benar alami dan original. Ada juga resep camilan misoa di sini.  

Tips: Singkong banyak mengandung zat pati sebagai penambah energi. Bisa jadi saat Sobat bosan dengan menu-menu biasanya, singkong jadi pilihan utama menu ke kantor.  

Mudah sekali kan, Sob. Mumpung musim hujan nih. Di desaku hampir tiap hari hujan, jadi singkong goreng ala-ala ini digemari anak, suami, juga Mbah Kung dan Uti. Makanan ndeso yang nikmat ini bisa disantap ditemani segelas teh manis. Biar mantep teh manisnya pakai gelas yang gede ya Sob :D

Selamat mencoba!

4 komentar:

  1. udah lama banget saya gak goreng singkong nih... kalo dikukus dulu kayaknya lebih empuk ya mba...

    BalasHapus
  2. baru kemaren aku makan singkong rebus

    BalasHapus