Jumat, 23 Desember 2016

7 Tips Menawar Harga di Pasar yang Harus Kamu Tahu



7 Tips Menawar Harga di Pasar yang Harus Kamu Tahu

Hai Sob.

Membeli dengan harga murah dan barang bagus menjadi impian setiap pembeli. Meskipun dengan cara tawar menawar yang alot. Walau tak berlaku di toko tertentu, tawar menawar ini masih berlaku di pasar tradisional, di tempat wisata, atau mungkin di toko-toko yang menjadi langganan Sobat.

Kalau Sobat pedagang dan kulakan, harga yang dipatok juga beda dengan pembeli yang beli eceran. Selama ini, aku juga sering menawar harga saat ke pasar. Itu sudah umum dilakukan Sob. Kalau nggak berani nawar ya nggak usah ke pasar :D  xixixi.

 


Suasana pasar pagi

 
7 tips ini sering kulakukan saat menawar harga. Apalagi saat hidup santun sederhana di Yogyakarta dengan dompet yang minim ini. Ini juga masih belaku sampai sekarang, saat belanja di pasar tradisional atau waktu di area wisata. Cuzz yuk:

1.  Tawar harga separuh (-) 5 ribu dari harga yang ditawarkan
Dikurangi lagi Rp.5.000,-. Contoh harga Rp.50.000,-. Separuhnya Rp.25.000,-, kurangi lagi lima ribu. Jadi tawarlah Rp.20.000,-.

2.  Kadang pedagang ada yang jutek, tinggalin aja
Cuek aja bro. Galak-galak, pindah ke pedagang lain yang lebih ramah. Kan pembeli adalah raja :D

3.  Pakai bahasa daerah setempat
Kalau di daerah Yogya, Jawa Tengah dan sekitarnya tawarlah dengan Bahasa Jawa (kecuali Sobat nggak bisa Bahasa Jawa). Biar lebih akrab hehehe. Ujung-ujungnya dapetin harga murah :D

4.  Beli barang yang banyak
Membeli satu barang vs 20 barang tentulah beda. Andai 1 barang dihargai seribu, 20 barang tak mungkinlah 20 ribu. Biasanya para pedagang akan emmberi harga super murah kalau kita belanja melebihi belanja biasa.

5.  Pura-pura kabur
Kalau pedagangnya sudah nyebelin saat kita mulai nawar, pergilah (walau pura-pura) hehehe. Biasanya mereka akan memanggil kita buat kembali. Saat itulah kita bisa nawar.

6.  Pergi ke pasar siang hari
Ini berlaku untuk pasar sayur. Siang hari sayur sudah tak terlihat segar lagi. Daripada nggak laku, pedagang biasanya jatuhin harga barang. Nah, wajar dong kalau kita nawar dengan harga lebih murah karena abarangnya sudah nggak kinclong.

7.  Membandingkan harga dulu sebelum nawar
Atau mungking gugling dulu harga barang yang akan kita beli di internet, sehingga kita bisa mengira-ngira memang hargana segitu.

Menawar itu sesuatu. Ada teman yang anti menawar barang, railok katanya. Atau karena dananya berlebih. Atau juga memang nggak pede untuk nawar barang. Ada lagi nih teman yang manut sama pejualnya. Ini iya, itu iya, yah… bebas Sob. Kalau di pasar sih namanya emak irit ya acara tawar menawar itu wajib xixixi. Kalau nggak nawar malah pedagangnya bilang, “Ditawar dong Mbak.” #Pasti :D

7 point di atas merupakan tips ampuh dariku. Selama ini oke dan berhasil dengan baik :D. Hanya saja, kalau penjualnya sudah tua renta nggak tega juga. Nggak perlu ditawar deh, borong langsung saja dagangannya :D


93 komentar:

  1. kalau aku suka pura2 kabur dan kadang kabur beneran kalau sudah gak mood walau dipanggil berkali2 hahaha.. dah berubah moodnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, gengsi yo Mbak mbalik lagi. Aku juga sering kalo pejualna susah ditawar. Namanya juga di pasar, hak kita biat nawar :D

      Hapus
  2. kayaknya kendala na nanti di bahasa jawa deh, agak kurang kalau belanja pasar di sana mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp sih pake bhs Indonesia. Tapi pejualna jadi tahu kalo pembelinya bukan orang daerah situ Mas. Tapi eh siapa tahu pembelina sedaerah ma Mas Fajar

      Hapus
    2. hahahha jarang tapi mbak, ketemu dijawa pedagang yang satu daerah disana :)

      Hapus
  3. ketujuh yang sangat makjleb ketika kita hendak membeli sesuatu di pasar, dengan melaksanakan ke tujuh tips tersebut semoga harganya bisa digoyang oleh mamang penjualnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, Mang Lembu memang deh. 1 tips kayaknya udah mampu menggoyang penjualna MAs :D

      Hapus
  4. Jurus pura-pura kabur dan pindah pedagang jadi aksi menawar yang unik dan ampuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...kebayang ajah kalau kemudian di cuekin sama pedagangnya....#nyesel deh

      Hapus
    2. Itu juga sering terjadi Mang Lembu. Tapi sebagai pembeli ya langsung bablas jalan, haha.. cuek bebek

      Hapus
    3. padahal ngedumel, begini: huh dasar mamang pedagang nggak ereuh(bhs.Prancis)...nggak paham kalo saya pura-pura kabur, mo balik lagi tengsin....hadeuh

      Hapus
    4. HAduh, aku juga pernah ngerasain gitu. Awal2 maluuu diperhatiin orang krn dipanggil2 penjualnya hahah

      Hapus
  5. nah aku suka ga bisa nawar mba, apalgi klo liat muka pedagangnya melas suka ga jadi mba maksa diturunin harganya :D *sok2an yak pas sampe hotel lalu guling2an nyesel kemahalan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, yg peting nggak sampai nangis kejer guling2 Mbak hihihi

      Hapus
    2. wanita emang gituh....makanya tak doain kejer-kejer, guling-guling sampe tepar (baca: pingsan seharian)

      Hapus
    3. huwa wkwkwk, doana bikin ngakak Mas :D

      Hapus
  6. Naah..aku paling gak bs niih tawar menawar.. Hiks.. Trims tipsnya mba..

    BalasHapus
  7. Waduh aku paling nggak bisa nih mbak soal tawar menawar. Beneran... Sampe ibuku sebel pokoknya kalau belanja nyuruh aku. Nggak tau kenapa pokoknya nggak ada bakat nawar barang. Makanya kalau belanja sih lebih milih tempat yang harga pas atau online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kalau jarang ke pasar memang nggak tegaan Mbak. Tapi kalau udah sering, keal penjualnya pasti berani dan pede nawar. Coba deh hehehe

      Hapus
  8. Pernah juga punya pengalaman tawar menawar barang dipasar, rata-rata pada emosi kalau kita tawar separuh harga. Sampai pernah dicuekin juga, padahal cuma ngetes doang..hi..hi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, biasa itu Mas Indra. Begitulah para pedagang :)

      Hapus
  9. Makasih tipsnya mba, saya termasuk yang nggak pandai nawar nih huhu. Apalagi di pasar sayur kadang kasian lihat mbok-mboknya hihi. Tapi kalau kelewatan ngasih harga ya saya tawar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp Mbak, aku juga kadnag nggak tega. Tapi kalau udah sering jadi biasa hehehe

      Hapus
  10. pernah pakai bahasa daerah setempat, hehe
    aku malah bingung sendiri
    penjualnya terus-menerus dengan bahasanya
    aku malah nggk mudeng, penawaranku dikasih apa nggk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, jadi ngobrol bahasa plane ya. saling nggak paham. Pedagang kadang gitu Mbak, mungkin bahasa isyarat lebih pas kalo pas gitu

      Hapus
    2. haha bahasa planet, yah bahasa isyarat, gagal dapat harga mumer nih
      😂😂😂😂

      Hapus
    3. hahahah, harus nyeok banyak bahasa yo Mbak :D

      Hapus
  11. Biasanya kalau di toko juga ada tawar menawar mbak. Misalnya mau beli sepatu merek tertentu. Sebelumnya aku search dulu tuh di olshop. Setelah tahu harganya nah pas di toko aku bisa kira2 deh mau nawar.

    Kalau di pasar aku hobi banget tuh nawar. Tapi kalau beli sayuran aku kan ada langganan ya jadi gak nawar. Soalnya sudah dikasih harga bakul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak Ika. Bener banget kalo kita udah kenal, si Mbok bakul udah kasih harga pas

      Hapus
  12. Membandingkan harga biasanya aku lakuin hihihi, kadang kalau nawar itu suka kasian sama yg jual, apalagi kl yg jual ibu2 gitu.. jd suka ngga tega mbaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh Mbak, hehehe, kadang ada ng gak teganya jugak. Tapi sesekali nawar juga asik lho

      Hapus
  13. Hahhhaha..poin2nya biasa saya lakuin
    Kadang klo lg males atau ga tega ya wuiss..ga terlalu jauh harganya :D

    BalasHapus
  14. tolong URL akun disqusnya dipasang dong, agar silaturahmi baliknya saya jadi mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gabegitu ngerti MAs hiksss... dari dulu mo komen bingung. Caranya gmn sih?

      Hapus
  15. bisa dipraktekin buat belanja online ga bun? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah nawar kalo online Mbak :D

      Hapus
  16. Aki paling ga jago kalo masalah nawar nawar gini.

    Sering awalnya nawar setengah harga dulu tapi ga pernah berhasil.

    Pernah juga pura pura pergi. sayangnya si penjual ga manggil manggil lagihuaaa.

    Belanja onlen ajalab enakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, udah pergi segala penjualnya tetep cuek?
      Yup Mas, online udah serba pas apalagi pas banyak diskonan nih

      Hapus
  17. Aku kalo banyak belanjanya pasti ada nawar, minta turunin harga sama ibu2 penjual di pasar. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo belanja banyak pasti diturunin harganya Mas. KAlo masih nawar, ya biasanya masih mau nurunin lagi sih :)

      Hapus
  18. Beneeer tip-nya tapi suka ga tega kalau nawarnya jauh

    BalasHapus
  19. saya tak biasa nawar di pasar mbak. kayak sungkan gitu. tapi sekarang, sedikit2 nawar, alhamdulillah... walau tak bisa keren seperti ibu saya. hehe. tips menarik untuk diterapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, ini tipsna ibu2 memang hehehe. Monggo kalo mau dicoba :D

      Hapus
  20. Semenjak kerja di kota saya ga pernah ke pasar lagi, dulu sih sering pas di kampung n masih pengangguran.

    Terus skrng sering belanja ke Mart yang harganya harga pas. Kebiasaan ga pernah nawar.

    Kebiasaan itu kebawa2 kalau belanja di pasar tradisional. Saya mikir, palingan para pedagang cuma Mark Up 1-3 ribuan (untuk sayur) doang, ya udah gpp deh sekalian sedekah.

    Kalau beli pakaian di pasar tradisional memang harus ditawar setengah harga, begitu juga sama barang2 rumah tangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul3, bener banget itu Mas. Tapi gpp nawar, di pasar tradisional udah hal biasa.

      Bener kalo baju harus ditawar memang Mas :)

      Hapus
  21. Wah mbak kalo aku mau beli lombok harganya 4000 terus aku tawar setengahnya jadi 2000 terus aku kurangin 5000 ....

    Bisa2 ngak makan itu tukang lomboknya mbak...heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, nggak yo Mas, Penjual kan belinya dlm jumlah lumayan, minus yg busuk or kepaten (pasnya) timbangan. Harga hpp udah ada jadi mereka udah naikin plus naikin kalo orang nawar juga :D

      Hapus
  22. Kalo aku sih nomer 4, nomer 5, sama nomer 7.. Nomer 4 tuh karena emang saya kalo belanja suka sekalian, terus nyetok di kulkas.. Kalo nomer 5 tuh biasanya kalo udah males puter puter pasar.. Kalo nomer 7 sih emang kewajiban, biar nggak ditipu pedagang.. Pokonya kalo belanja lamaaaa, tapi menang banyak.. ;p

    BalasHapus
  23. Mantap nih tipsnya... No.5 sering saya praktek kan tapi kebanyakan gagal :(

    BalasHapus
  24. bener banget niii tipsnya.. makasih informasinya ya mbakk.. membantu sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung dicoba juga boleh Mbak hehehe

      Hapus
  25. Sayaa suka ndak tegaa mbak buaat nawar gtu.. Jadi lebih ke survey harga pasarnya berapa kalau uda wajar segitu yasudah. . Hehehe makasih mbak tipsnyaa, bulek biasanya pake jurus ampuh pura" kabur terus nanti pasti dipanggil lg sama penjualnya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, masih ampuh kok jurus pura2nya itu Mbak :)

      Hapus
  26. kalo saya, kalo harganya sepertinya memang segitu, gak pernah nawar2, apalgi kalo nawarnya berlebihan, suka kasihan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak. Ibu2 kayak kita emang udah hapal harganya jadi tahu kalo dinaikinnya kebangetan

      Hapus
  27. Paling gak bisa kalo harus nawar, apalagi separuh harga. Suka gak enak sama penjualnya

    BalasHapus
  28. Yupp, pura-pura kabur itu ampuh sekali mbak Wid, saya sudah membuktikan berkali-kali. Herannya pas nawar misalnya 10ribu terus kabur, pedagangnya manggil tapi masih nawar lagi, 12ribu ya bu.. terus saya kabur lagi, dan akhirnya dipanggil lagi dengan saya sebagai pemenangnya, hehehe..

    Kalau mau nawar 1/2 harga - 5.000 (ini kayak rumus apa gitu..) saya harus lihat2 pedagangnya mbak, kalau belum2 udah pasang muka kejam mending melipir cantik aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, iya Mbak. Bener deh emang begitulah, dipanggil, masih nawar lagi. Ini fakta banget haha..
      Geli lagi baca melipir cantik wkwkwkw :D

      Hapus
  29. Saya suka sungkan nawar. huhuhu.. Paling ya bandingin harga aja. Cari tahu harga sebelum membeli atau nanya dulu di penjual situ berapa, di penjual sana berapa. Di mana yang murah itu yang dibeli. Tapi pernah nawar harga rendaaah dari yang ditawarkan maksudnya emang ga kepengin beli. Supaya ada alasan buat kabur, eh, ternyata penjualnya mau. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, lha nek kayak gini harus tetap dibeli hihihi

      Hapus
  30. Saya kalau ada belanjaan yg ditawar cukup tanya, "Pasnya berapa?" Belanja ber-tele2 gitu malas 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nih salah satu tips juga Mbak Nita :) keren, musti dicoba juga nih

      Hapus
  31. Wah, boleh-boleh nih tipsnya dicontek. Hehehehe...

    BalasHapus
  32. Biasanya nawar kalau di pasar lokasi pariwisata. Tapi kalau yang jualan sayur dan buah di sekitar rumah, gak pernah nawar Mbak. Gak enak..hihihi..

    BalasHapus
  33. Aku gak pernah tega buat nawar barang ke pasar. Ingat kalo ke mall aja gak pernah nawar :(

    BalasHapus
  34. Aku paling anti sama pedagang yg judes hihi
    Apalagi klo kita lagi milih2 barang e langsung dirapi rapiin ihik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, memang ada juga pedagang yg kayak gitu Mbak :) bikin nggak nyaman belanja ya

      Hapus
  35. save, bermanfaat nih :)
    bisanya klw ibu2 emang jagonya dengan hal tawar menawar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, namanya juga emak irits Mas :D

      Hapus
  36. Gw pernah belagak beli makanan pake bahasa padang yang standart, eh uda nya langsung ngomong pake bahasa padang lengkap trus gw merasa bego hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh, ganyambung alis gagal paham dong Mas Toro wkwkwk

      Hapus
  37. walaupun saya sndri g bakat dlam urusan tawar menawar, tp pas baca postingan di atas slalu membuat senyum2, inget saat blanja bersama teman yang ahli dalam hal tawar menawar, dan walaupun mreka laki2, tp kayakx hampir sma dngan trik2 d atas, apalagi yang nomer 5......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, banyak yg udah coba trik nomor 5 :D

      Hapus
  38. Nah siapa tuh yg suka pura-ra kabur, Kalau pake jurus yg ini takutnya si pedagang cuek, padahal kita sudak cocok banget sama barangnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seringnya kalo nggak dipanggil lagi sih, malu buat ballik Mas wkwkw

      Hapus
  39. ibu ibu emang paling suka harga miring :)

    BalasHapus
  40. Saya setuju 7 taktik tersebut.
    Namun kalau pedagangnya embah2 biasanya langsung saya oke saja.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur.

    BalasHapus
  41. Biasaa lah ibu - ibu selalu nawar harga..saya juga sama sebagai laki-laki suka nawar kalau harga nya jauhh...hhehe

    BalasHapus
  42. kayanya ada yg blm dimasukin yakni "the power of perempuan" yg kadang mesti gunain jurus tega

    BalasHapus