Rabu, 23 November 2016

7 Tempat Wisata Sekitar Ambarawa, Ada yang Belum Kamu Kunjungi?



7 Tempat Wisata Sekitar Ambarawa,
Ada yang Belum Kamu Kunjungi?

Hai, Sob.

Tempat wisata di Ambarawa dan sekitarnya tak kalah dengan daerah lain. Jadi, tak usah pusing mau piknik kemana buat Sobat semua yang rumahnya Sumowono, Bandungan, Ungaran, Semarang, Salatiga dan sekitarnya.  

Mungkin ada yang belum tahu tempat wisata mana saja yang keren dan bagus untuk dikunjungi. Meskipun libur akhir tahun dan tengah semester masih lumayan lama. Nggak apa kan bikin rencana dulu. 

Nah, ada 7 tempat wisata yang menakjubkan, rugi kalau sampai nggak mampir:

1.  Candi Gedong Songo
Candi keren ini letaknya di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Candi. Namanya juga Candi Gedong Songo, yang artinya 9 candi.  Sayangnya ada beberapa candi yang rusak. 

Menjelang senja, candinya remang-remang

Terdapat juga patung Hanoman yang sangat legendaris. Menariknya ada sumber air panas asli dari gunung. Airnya mendidih lho Sob dan mengandung belerang. Konon, dengan mandi atau cuci muka dengan air ini bisa menghilangkan penyakit kulit, membuat awet muda dan wajah tampak kinclong. Tertarik nggak sih jadi cantik? Ngacung :D

Patung hanomannya sampai nggak kelihatan :)

Perbukitan di sekitar candi ini membuat pemandangan pinus dan alam di sekitar candi makin tampak syahdu dan mendayu-dayu. Ada juga penyewaan kuda untuk  naik ke atas. Tapi untuk yang nggak terbiasa hati-hati ya, Sob. Jalan dan tanjakan yang naik turun bikin jantung mpot-mpotan. Sampai sekarang aku masih takut. Milih jalan kaki deh walau capeknya tuh di sini #sambil nunjuk kaki :D

Keren kan pemandangannya?
Candi gedong songo dulu dan sekarang beda jauh, Sob. Banyak dibangun  gazebo, jalan menuju atas sudah lebih rapi dan bersih.
                  
Pesan: Bicara yang baik-baik aja ya, Sob. Dan jangan pernah merusak peninggalan bersejarah ini.

Tahu nggak Sob, dari Puncak candi ini tampak desaku yang kucinta, lho, Desa Sumowono. #sekedar pemberitahuan :D

2.  Museum Palagan Ambarawa

Bersama teman-teman Penarawa
Gebyar hari pahlawan 10 Nopember kembali terdengar, sebuah Mahakarya Ambarawa, dari kami untuk negeri telah tertoreh di bumi palagan. Tempat yang digunakan tak lain tak bukan di Museum nan cantik ini.

Loko tua yang unik dan menarik :)

Selain museum mungilnya, ad ataman bermain dengan tanaman yang rindang dan teduh. Pesawat juga loko tua yang bisa dibuat pembelajaran anak-anak kita. Sehingga jiwa perjuangan dan semangat para pahlawan menular ke aset  bangsa ini.

Nah, Sob, ada yang belum ke museum ini?

Kesan: Ada loko tua yang sangat menarik sekali. Bisa buat selfie dan welfie. Ups, jangan nambah corat coret lagi, deh. Eman-eman.

3.  Curug 7 Bidadari

Air terjunnya seger banget :)
Ini sih nggak jauh dari tempatku, Sob. Hanya 5 km dari Sumowono. Tepatnya di dusun Keseneng, Kec. Sumowono. Ada air terjun yang sangat indah yang bisa dinikmati Sobat semua. Pemandangannya masih sangat alami. Nggak bosan deh, Kalau sudah pernah ke sini pingin balik lagi. 

narsis dulu :D

Oh ya, namanya yang mentereng ini bikin banyak orang bertanya-tanya. Ada cewek-cewek cantiknya apa? Konon katanya, ada 7 bidadari cantik yang mandi di kali, hihihi. Bayangkan deh, kita kayak kembali ke jaman-jaman kerajaan masa lampau, ya.

Kalau main sana, jangan lupa mampir tempatku, yuhui :D
Pesan: Kalau bawa anak-anak, harus waspada, karena arusnya lumayan deras, lho.
Kesan: Auranya nggak terbantahkan deh, asli, alami banget!


4.  Bukit Cinta

Mulut naganya, lebar banget
Jaman aku kecil, ini bukit ya hanya bukit doang. Biasa saja sih, tapi kalau kita nongkrong di bukitnya itu, kita bisa melihat pemandangan Rawa Pening yang sangat menakjubkan. 

Di dekat dermaga

Pemandangan Rawa Pening tampak menakjubkan

Beda dulu lain sekarang Sob. Bukit cinta sekarang bikin auranya menggelegar buat didatengin. Gimana nggak sih, tempatnya sudah nyaman sekali. Ada dermaga yang bisa buat nyewa kapal kecil nelayan. Bisa lihat pemandangan sepuas-puasnya, tempatnya bersih.

Pinus dan cemaranya adem banget. Ada pula pendopo untuk acara-acara keren. Dan ada mulut naga yang besar sekali saat kita mulai masuk ke area ini.

Kesan: Ke sini nih selalu bikin kita pingin tahu lebih jauh tentang legenda Baruklinthing. Rawanya apik sekali.

Namanya bikin jatuh cinta nggak sih, Sob?

5.  Museum Kereta Api Ambarawa


Kereta api yang dipajang (Sumber:Indonesia Adventure)
Museum kereta api ini sekarang sedang berbenah secara besar-besaran. Di dalam museum ini banyak sekali sejarah tentang perkeretaapian yang bisa kita dapat. Alat mesin yang masih kuno, serta beberapa lokomotif uap yang super keren sekali.

Aku ingat, dulu jaman SD aku lomba pramuka pesta siaga di sini. Juara 2 bro, lawannya SD-SD dari kota-kota. SD-ku sendiri yang dari desa di puncak gunung. Ke museum ini naik truk, beramai-ramai. Pengalaman yang tak terlupakan banget.

Hai hai, siapa yang belum mampir sini?

Pesan: Ajak anak-anak kalau ke sini, karena masih ada kereta api yang bisa diajak jalan-jalan, degnan menyewanya. Menarik, kan?


6.  Eling Bening
Salah satu acara Penarawa di Eling Bening

Waw, kalau ini pemandangannya super duper keren. Tak mau kalah deh sama yang lain. Tempat wisata yang masih tergolong baru ini sudah banyak peminatnya. Penulis Ambarawa pernah punya gawe di Eling Bening juga lho.

Buat foto-foto juga asyik :)

Gimana nggak sih, kita bisa nongkrong dan bersantai ria atau berenang di sini dengan sangat nyaman, indah dan damai sejahtera. Hehehe. Di sini juga permnah digelar acara Penulis Ambarawa.

Pesan: Jangan sampai lupa bawa kamera!


7.    Klenthing Kuning

Seger banget airnya :)

Grojogan atau air terjun ini terletak di Desa Kemawi. Hanya sekitar 5 km dari Desa Sumowono. Pemandanganna tak kalah alami dengan Curug 7 Bidadari, Sob. Sekarang tempat ini juga mulau ramai dikunjungi para wisatawan. Selain air terjun yang keren ini, pemandangan alamnya juga sangat menarik.

Mampir juga di Kota Cinta yang Bikin Kamu Bahagia ya.


Selain 7 tempat wisata di atas, monggo kalau ada yang mau nambahin :D


70 komentar:

  1. Objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jempol mbak Wahyu Widyaningrum. Ayooo ke sini. Yg belum yang ketujuh mbak.klenting kuning

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke sana jangan lupa mampir ya Bu :)

      Hapus
  2. Wow 7 tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi
    Pas nih bentar lagi akhir tahun
    Waduh jd banyak pilihan

    Ok aku folback ya, smg bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, menarik banget.
      Oke Mbak maya, tegkyu :)

      Hapus
  3. Daku blm prnah ke air trjun 7 bidadari mbakk
    Pengeen..
    O ya mau nambahin: yg blm krsebut : umbul sidomukti hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sudah melayang2 di otak. Tapi aku sendiri belum pernah ke situ Mbak :D

      Hapus
  4. Mba, ke Curug Bidadari & Klething kuning aksesnya susah gak? Misalnya bawa Lansia / balita memungkinkan gak? Pengen ke sana iih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak Mbak, gampang. Mungkin banget bawa balita. Cuma di area arus kadang deras kalau musim hujan, kita harus save anak2

      Hapus
  5. wah nomor 3, 4, 7 belom :( apalagi eling bening itu hits instagram bgt deh kayaknya temen2ku udah banyak yg upload foto disitu. xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bagus Mbak, kapan2 main Elben deh :)

      Hapus
  6. wah, kapan ya bisa ke sana... belum pernah menginjak eh mengunjungi kota itu. kalau #kotacinta mah tiap hari hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kalau ke tempatku nanti m uterin semua Mbak Cit :)

      Hapus
  7. cakep viewnya...
    jadi pengen kesana....


    4mrana.generasi.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, monggo :)

      Aku mo komen webna nggak bisa hiksss...

      Hapus
  8. Aku tahunya dulu Ambarawa itu ya cuma Gedong Songo sama museum kereta api.
    ternyata banyak juga yg menarik spotnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang banyak yang baru Mbak Levina :)

      Hapus
  9. Yang belum dikunjungi kelenthing kuning, 7 bidadari dan eling bening hehe

    BalasHapus
  10. Baru pernah ke Gedong Songo sama Bukit Cinta..

    Padahal sering lewat juga daerah sana. Mupeng nih Mba.. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir kalo sempet Mbak, nggak rugi deh pokoknya :)

      Hapus
  11. Balasan
    1. Yes, itu salah satu yang belum kusebut :)

      Hapus
  12. Pernah ke ambarawa akan tetappi belum pernah mamppir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 kalau ada waktu bisa mampir ke salah satu wisata di atas Mas :)

      Hapus
  13. Dari 7 tempat wisata di sekitar ambarawa ini, baru satu yang sudah saya kunjungi. Keluarga saya pernah berkunjung ke Musium Kereta Api Ambarawa. Sayang, waktu itu nggak sempat naik kereta uapnya.

    BalasHapus
  14. harta karun tersenmbunyi dari ambarawa ya mbak

    BalasHapus
  15. cuma gedung songo yang pernah kudatangi hiks :-D
    Ajak aku ke sana Kak

    BalasHapus
  16. Curug Kembar Bolodewo Banyu Biru termasuk gak ya mbak..
    Umbul Sidomukti kaya'e juga bagus lho mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah ke sana malahan Ndi :D

      Hapus
  17. Curug Kembar Bolodewo Banyubiru termasuk gak ya mbak..
    Ada juga Umbul Mukti Jimbaran termasuk wisata Ambarawa gak ya..

    BalasHapus
  18. huwaa... tempatnya keren2. saya pernah ke Bandungan :) (bangga amat) hehe

    BalasHapus
  19. hmmm, kapan saya bisa menginjakkan kaki ke sini yah??

    BalasHapus
  20. Ohh..Mba Wahyu ini Semarang ya?? Deuuhh..bisa ga y jd guide jika singgah ke sana. Hehehe

    Unggaran..duh,duh..sering denger blm menapaki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan semarang Mbak, desanya lagi hihihi
      Siap Mbak siti :)

      Hapus
  21. wah tempatnya menggoda untuk dikunjungi

    BalasHapus
  22. mantap nih Ambarawa, terakhir aku baru city tour aja di Semarang

    -M.
    http://inklocita.blogspot.co.id/2016/11/impulsive-weekend-trip-awal-mula.html

    BalasHapus
  23. wahh..mba wahyu..bagus juga yah tempatnya..pokoknya seru nih kalo aku kesana...

    BalasHapus
  24. wah aku belum pernah ke ambarawa mbak. jadi pengen main ke sana deh...

    BalasHapus
  25. Indah... indah,,, indah benar-benar indah. sayang seribu sayang, belum bisa liburan kesana karena :
    1. jauh
    2. gak beruang
    3. belum ada libur panjang
    4. heheheheheh

    BalasHapus
  26. Mau ke Ambarawaaaaa....
    Kemarin anakku yg gede sama Bapaknya baru sampe Semarang. Anakku nagih nih pengen ke museum kereta Ambarawa. Hahaha.

    BalasHapus
  27. Saya suka wisata alam, Mbak. Tertarik air terjunnya :D

    BalasHapus
  28. ayo mba kapan ajak aku ke sana :-D

    BalasHapus
  29. Yeee....!! semua tempat itu sudah aku datangi...! Hehehe.

    BalasHapus
  30. Tempat wisata kalau ada yg bisa naik perahu pokoknya asyik banget, haha... Paporit ya bukit cinta aja deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah ngeri naik perahu, takut kebalik mbak hihihi. Yup bener bukit cintahhhh

      Hapus
  31. Yang belum eling bening sama museum kereta api..
    padahal kalau museum aku sering lewat hloh mbak, Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yowes langsung mampir di museum mas, sayang loh...

      Hapus
  32. Aku kaget pas liat yang bukit cita mbak....
    judulnya bukit cinta tapi fotonya itu ada orang mau dimakan buaya.... hehhehhehe :P
    Indonesia ini banyak tempat wisata menarik yah..tapi kurang publikasi. Aku aja ga tau tempat ini kalo gak ke blognya mbak :( aku mau nabung ah, cita2ku mau keliling indo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga kapan2 bisa mampir bukit itu mbak :)

      Hapus
  33. Klenthing Kuning, namanya unik dan nggak asing ya mbak Wahyu, langsung ingat Ande-ande Lumut dan yuyu kangkang :)

    Ternyata banyak ya daerah wisata menarik nggak jauh-jauh dari semarang, tapi saya belum kerkesempatan singgah semua. Harus diagendakan bersama keluarga nih :)

    BalasHapus