Senin, 10 April 2017

Lotis, Kumpulan Beragam Buah yang Menggiurkan



Lotis, Kumpulan Beragam Buah yang Menggiurkan

Hai, Sob. Selamat hari Senin, semoga berkah untuk hari ini, ya.

Untuk penggemar buah, lotis merupakan camilan yang tak bisa ditolak. Karena dalam lotis sendiri merupakan kumpulan beragam buah yang menggiurkan untuk segera dilahap.

Yes, lotis memang nggak hanya terdiri satu jenis buah. Tapi bermacam-macam buah dengan khasiatnya yang beragam pula. Dan tentunya tak dipungkiri lagi ada banyak manfaat dari buah-buahan ini untuk tubuh kita. 




Andai kita beli di warung, lotis 5 ribu dapat sebungkus kecil dengan sambal lotis yang kadang nggak pas di lidah. Bahkan ada buah-buahan yang nggak cocok dengan kegemaran kita.

Terkadang, isinya bengkoang aja, sedang nanas dan mangga mudanya sedikit. Atau, ketimunnya yang banyak, buah yang lain secuil-secuil. Intinya tergantung saat ini musim buah apa yang termurah, itulah yang paling dibanyakin xixixi *pengalaman. Namanya juga orang jualan, tetunya juga mengharapkan banyak untung ya.

Waktu sekolah dulu, kita juga sering kan Sob, sekedar ngumpul bareng teman dan ngadain acara lotisan. Entahlah nanti sambalnya rasa kayak apa, yang penting kita ngumpul bareng dan bisa heaha hihi bersama teman-teman dekat. Lotis ternyata bikin makin akrab juga sama teman.

Beberapa hari ini hampir tiap hari juga aku bikin lotis sebagai bekal sarapan di warung. Sobat bisa juga kok bikin lotis sederhana ini. Lha wong hanya kupas-kupas buah doang kan nggak susah, ya? Hanya saja kita memang harus meluangkan  waktu sebentar ke pasar atau toko buah untuk mencari buah-buahan yang kita inginkan.

Nah, biasanya yang dipakai adalah buah seperti di bawah ini:
1.     Mentimun.
2.    Bengkoang.
3.    Mangga muda. Karena mangga muda asem banget, aku pilih mangga yang mateng hehehe.
4.    Kedondong. Ini juga asem ya, Sob. Tapi masih ada manis-manisnya dikit.
5.    Nanas. Kalau Sobat ribet mengupasnya, bisa kok diminta kupasin pejualnya sekalian. Eh tapi, nggak tahu sih beda tempat beda penanganan juga.
6.    Melon
7.    Jambu air
8.    Jambu biji
9.    Belimbing
10. Dan lain-lain, sesuai selera Sobat.

Beragam buah-buahan di atas dikupas dan dicuci hingga bersih ya, Sob. Sesudah itu dipotong kecil-kecil atau potong acak sesuai selera.

Untuk resep bumbu lotis atau sambal lotisnya, gampang banget:
1.     3 lombok rawit.
2.    1 siung bawang putih.
3.    2 buah asam.
4.    Secuil terasi.
5.    1 ruas kencur.
6.    Gula jawa yang agak banyak.
7. Garam secukupnya.

Caranya, poin nomor 1 sampai 5 diulek dulu. Kalau sudah halus, baru gula jawanya diulek. Kalau mendadak dikasih gula jawa dijamin deh Sobat kesulitan nguleknya, hehehe. Berat banget. Nah lho bumbu lotis sederhana sekali bukan?

Untuk penyajian, taruh buah-buhan yang sudah dipotong dalam wadah. Cara memakannya, cocolkan buah ke sambal lotisnya, lalu hap masuk mulut. Hem… sensasi beragam buah ini bikin mulut kita bergetar-getar hebat lho. Pokoknya, rasakan sensasinya.

Sudah sejak seminggu yang lalu, lotis ini menjadi menu sarapan keseharianku. Nggak  ngebosenin dan nggak ribet.
Tips nih, biar hemat di kantong, beli buah-buahannya agak banyak seklian. Jadi bisa dibikin lotis beberapa hari ke depan.

Biar Seninmu makin semangat, bikin lotis dengan bumbu lotis yang sederhana seperti di atas aja yuk 😁

Baca juga:
Resep Puding Coklat 
Resep Cara Membuat Jamur Crispy 
Resep Timus 

50 komentar:

  1. rujak ya mbak ini, kalau disini. macam macam buah sama dikasih sambel deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda tipis MAs, rujak kalo di sini diiris tipis kecil kadang diparut terus dicampur sama bumbu rujaknya

      Hapus
    2. lah, kalau beda tipis, berbarti hampir sama donk mbak, heheheh

      Hapus
  2. Mba lotis sama rujak bedakah?jadi teringat abah penjual rujak liat beginian uda lama ga jualan lalu aku merindukan rujaknya hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda dikit Mbak, rujak irisannya kecil campur sama sambalnya

      Hapus
  3. Lotis adalah salah satu camilan yang cocok buat siang-siang gini,tapi mbak kalau terasi nggak di kasih bisa nggak, ya? Soalnya trasi di tempat saya nggak ada yang jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mbak bisa juga dikasih terasi. Leih sedap, kalo aku nggak pake, kalo ibuku yg bikin ditambah terasi dikit

      Hapus
  4. aku habis menikmati rujak mba, aku kalo lotis agak ga tedas wkwkwk
    gigiku sensitip banget soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya Nyi, rujak irisanna kecil2...

      Hapus
  5. Ah...mendadak pengen lotisan mb.. Klo di sini istilahnya kemecer.

    Ini cemilan favorit aku jaman masih gadis mb..soalnya keluargaku penyuka pedes semua.
    Ndilalah kok ya suamiku ga suka makanan bercabe..jadi sekarang jarang.

    Klo kangen, aku bikin lotis sendiri. Pas rumah sepi.. Yang pedesss..dimakan sendiriπŸ˜ƒπŸ˜ƒ klo yang beli jadi itu aku nggak suka..enak mbikin sendiri, lebih segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda selera ya Mbak. up bener, bikin dewe, bisa lebih banyak juga hehehe

      Hapus
  6. lengkap sudah buah-buahannya :D belimbingnya pakai belimbing wuluh mbak...tambah maknyos bikin melek

    BalasHapus
  7. Bedanya lotis sama rujak apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lotis irisan buahnya gedhe, kalo rujak kecil2 Mbak. KAdang diparut juga biar cepet

      Hapus
  8. lotis itu semacam rujak gitu ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda Mbak, kalo rujak irisannya kecil tipis2 dicam\pur sama sambalnya langsung

      Hapus
  9. Wah lotis ya aku baru denger loh, terakhir aku pernah cobanya lontar haha

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/beli-jr-pass.html?m=1

    BalasHapus
  10. ooh rujak?
    dan aku baru tahu ada bumbu rujak yang pake bawang putih.
    tapi seru2 amat sih semuanya soalnya di daerah aku bumbu rujak pake air rebusan ikan pindang Buk. heheheheh

    BalasHapus
  11. saya baru denger istilah lotis. tp klo diliat komposisinya. nampaknya mirip rujak

    BalasHapus
  12. puas bikin sendiri ya mba, sesuai selera

    BalasHapus
  13. Aku sudah punya langganan rujak yang enak pakai banget mbak hihihi....

    BalasHapus
  14. ohh jadi bukan rujak yaa Mbaa walau bahan-bahan yang digunakan hampir sama dengan rujak :)

    BalasHapus
  15. Wes pokok.e mantep tepp .. makan rujak siang-siang :D
    apalagi rumahe mbak Wahyu didaerah lereng gunung ya. Pastinya hawane seger seger dingin.. Makin mantep dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, tahu aja rumahku di lereng gunung :)

      Hapus
  16. Wahhhh enak tuh kalau ada Buah Mangga Muda dan Kedondongnya ...
    hmmmmm ... MantappJaya

    BalasHapus
  17. kalo di tempat saya namanya rujak.dan dgn bumbu tsb, namanya rujak ulek :)

    BalasHapus
  18. Lotis itu buah campuran ya mbak..., ya seperti kalau kita mau bikin rujak.., ada bengkoang, mangga dsb..

    BalasHapus
  19. Miripp samaa rujaak mbak yaa, bumbu-bumbunyaa juga. wah jadi pengeen nih mbak :D cobain lotiss. .

    BalasHapus
  20. kalau diliat-liat mirip rujak nih, yang bedain saosnya nih. Walaj jadi ngier pengen nyoba lotis juga nih

    BalasHapus
  21. Asyik nih makan lotis, eh kalau dan teman-teman sejawatku menyebutnya dengan agak berbeda "petis" biasanya aku tambahkan kacang tanah di bumbunya
    seru nih jadi kangen bikin acara metis bareng teman dan keluarga

    BalasHapus
  22. Wah lotis yang segar, cocok disantap ketika cuaca panas biar keluar keringat πŸ˜…

    Pesen satu, ojo lali loh πŸ˜‚

    BalasHapus
  23. Lotis? sungguh aku baru dengar mbak...pakai kencur juga???aku coba ahhh...asiiik resep baruuu...yesss

    BalasHapus
  24. Saya nggak begitu familiar dengan kata lotis, mbak Wid. Tahunya ya rujak. Lagipula perbedannya hanya pada besarnya irisan saja ya mbak..??

    Saya paling suka dengan rujak cacah mbak, karena irisannya kecil-kecil sekali dan sudah menyatu dengan bumbunya. Buah favorit saya : nanas :)

    BalasHapus
  25. lotis adalah salah satu makanan kesukaanku ....apalagi kalau pas hamil muda gitu ya mbak ...segernya

    BalasHapus