Sabtu, 22 Juli 2017

Dua Buku Serial Penuh Imajinasi



Dua Buku Serial Penuh Imajinasi

Dear Sob…
Sobat punya buku favorit? Bagi pecinta buku biasanya ada satu dua buku yang menjadi idola. Bahkan bisa menginspirasi dalam kehidupan keseharian kita. Nah, loh, ada nggak ya, Sob?

Ngebahas buku favorit berkaitan dengan Mbak Vita dan Mbak Anita nih. Arisan Blog Gandjel Rel periode 7 segera dimulai. Mengenai keduanya, mereka sama-sama blogger handal yang patut diacungi jempol.

Dan seperti yang lalu, belum pernah kopi darat juga sama aku hehehe. Btw, aku baru ngeh saat masuk grup bahwa Mbak Anita ini sekampung sama aku. Ahahai, semoga lain waktu bisa bersilaturahmi ya, Sob, amin.

Menilik jauh ke belakang, saat SD tiada lain tiada bukan ada buku yang sampai sekarang tetap menjadi favoritku. Dari buku-buku tersebut imajinasiku bisa melayang kemana-mana. 

2 Buku Serial Imajinatif



Buku apa aja sih?

1.  Lima Sekawan

Sebagai penggemar berat Serial Lima Sekawan, kadang aku masuk banget dalam cerita-ceritanya. Entah mengapa, nama-nama tempat, pulau bahkan nama tokoh yang unik membuatku semakin tertarik pada serial ini.

George, Julian, Dick dan Anne adalah tokoh serial ini. Ada lagi anjing kesayangan Goerge yaitu Timmy, yang selalu ikut dalam setiap kejadian mendebarkan yang mereka alami.

ABG tanggung yang selalu menemukan petualangan dimanapun mereka berada. Yuhuii... asik banget ya, Sob.

Saking sukanya, sering loh, saat baca berasa ikut pusing mikirin kejadian misterius yang mereka alami. Si penulis Enid Blyton bisa membuatku serasa berada dalam lingkup mereka.

Sebagian Koleksi Lima Sekawan


Diantara buku serialnya Sirkus Misterius, Di Pulau Harta, Ke Sarang Penyelundup, Nyaris Terjebak, Memburu Kereta Api Hantu, Jo Anak Gelandangan dan masih banyak lagi.

Pemilihan namanya (yang bagiku sering susah dibaca) juga membuat daya tarik tersendiri. Nama pulau, museum, kota, puri, bahkan pemeran antagonis membuatku lebih banyak bisa berimajinasi.

2.  Trio Detektif

Misteri dalam buku-buku serial Trio Detektif ini juga membuatku terpikat. Sebuah karya Alfred Hitchcock yang membuat kita berpikir cerdas dan logis serta butuh ketelitian cukup tinggi.

Tokohnya si Jupe alias Jupiter Jones, si gempal sang pemimpin yang ingatannya sangat luar biasa dan super cerdas menarik kesimpulan.

Pete Crenshaw dengan tubuhnya yang atletis dan tangkas bergerak. Haha, kadang aku membayangkan si Pete ini dalam mimpiku wkwkwk. Tokoh yang paling aku sukai nih, Sob.

Bob Andrews yang super tekun.

Ketiganya saling bantu membantu dalam menguak kejadian misterius yang muncul di hadapan mereka. Pokoknya membaca serial ini nggak ada bosannya.

Dari kedua serial di atas, membuatku belajar tentang banyak hal. Mungkin memang benar kalau apa yang kita baca mempengaruhi alur otak pikiran kita.

Dari sini juga aku jadi suka sekali nulis cerita petualangan, cermis (cerita misteri) anak. Tapi bagaimanapun, sebuah cerita baik itu misteri atau tidak harus tetap logis.

Tentang ke-logis-an ini kudapat saat nyetripping skenario sinetron. Namanya juga kejar tayang, kadang sudah nyetok 2 episod pun harus diobrak abrik kalau ada artis yang sakit atau ada gubahan sinopsis.

Skenario yang nggak logis bakalan diketawain head leader juga penonton :D. Bahkan, saat si A biasa manggil si B kakak, eh kita lupa tulis Mas, bisa-bisa penonton akan mengernyitkan dahi, hihihi ) ^ampun mulai deh kemana-mana.

Ya sudahlah Sob, mana buku favoritmu?

Baca juga:

37 komentar:

  1. Wah makasih nih mbak wahyu sudah berbagi cerita tentang buku yang menginspirasinya, kerenlah, ditunggu ya skrip sinetron yang lainnya, semoga kita bisa kopdar segera ya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, yup Mbak Vita, pingin kopdar loh

      Hapus
  2. Ini bacaan semua anak muda jaman dulu ya mba, kangen buku2 masa kecil jadinya. Aku masih nyimpen beberapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, sama Mbak, sampai sekarang masih sering kubaca

      Hapus
  3. Kalau ngomongin petualangan jd inget detective conan mb itu pun hanya nonton filmnya, ketularan temen sekamar..tapi karena jarang ngikuti, feel nya kurang jd ndak seru hehe..

    Bener juga mb, pola fikir kita sangat ditentukan oleh buku2 yg kita baca..aku malah suka nya kisah romantic, tapi dulu si..skrg parenting sjk ada anak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berubah ya Mbak, mungkin karena udah ada asi kecil

      Hapus
  4. Lima sekawan bacaanku juga mbak. Selain donal bebek :)

    BalasHapus
  5. Saya hanya punya satu buku lima sekawan. itu pun sudah brodol hehehe

    BalasHapus
  6. toss mbak.....aku juga suka banget nget 2 buku diatas...

    BalasHapus
  7. Kalo saya sih, hmmm salah satunya Lupus. Bikin saya sakit perut karena kelucuan dan bahasanya yang ringan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, kalo Mas Hilman sih emang bikin ngakak kejer guling2 ya.. wkwkwk

      Hapus
  8. Kalo buku tempo dulu aku sukanya lupus, yg sekarang sukanya raditya dika, cado2, anak kos dodol, dan buku2 komedi semacamnya 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka juga sama lupus akd, mupeng hehehe, bikin ngakak Mbak, Termasuk Mak Irit hehehe

      Hapus
  9. Sepertinya saya udah baca semua nih.dulu waktu di perpustakaan masa sekolah
    Saat ini terbilang langka ya

    BalasHapus
  10. Lima sekawan dan Trio detektif buku kesukaanku juga waktu dulu mbak Wid. Apalagi setelah Lima sekawan difilmkan, saya nggak pernah ketinggalan menonton. Seru sekali, penuh ketegangan dan petualangan yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Mbak Anjar, seruuu tapi menurutku masih tetep seru bukunya ya

      Hapus
  11. Mbak wahyu orang Sumowono? Ayolah mampir ke tempatku. Tempatnya strategis kok. Xixi

    Siapa tahu bisa belajar buat skenario sinetron juga. Hehe

    Aku masa kecil pas SD ga familiar sama buku kecuali buku pelajaran. Lebih ngebolang cari ikan di sawah. Haha
    Kalau bacaan paling majalah bobo atau disney. Setiap pasaran selalu beli yang di Pasar Sumowono itu majalah2 anak-anak, kadang2 aku sewain kalau ada yang mau pinjam. Belajar buat perpustakaan kecil. Uangnya diputer buat beli majalah lagi. Xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk yuk main Mbak Nita.. iya dong Sumowono asli hihihi

      Wkwkw.. iya mbak, dulu banget di depan pasar ada yg jual. Sekarang nggak ada lagi hiksss... suusah nyari buku di sini

      Hapus
  12. Kok sama mba aq jg suka lima sekawan

    BalasHapus
  13. aku mikir apa ya bukunya yang aku favoritin soalnya suka semua halah hahaha tp aku suka buku sama penulisnya maksudnya setiap penulis itu nelurin buku pasti aku suka krn menginspirasi 😂

    BalasHapus
  14. Toss mbak Wahyu...buku kesayangan aku juga Lima Sekawan, hehe

    BalasHapus
  15. Jadi penasaran ingin baca :)

    BalasHapus
  16. Nah itu dia
    Lima sekawan favoritku hehe
    suka lupa waktu kalau sudah mesra apa buku bacaan itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, maunya nyelesein bacaannya dulu ya

      Hapus
  17. Tambahin Sapta siaga, bisa bikin aku nggak kemana-mana jaman masih kanak-kanak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, sapta siaga aku suka baca juga Mbak Irfa

      Hapus
  18. Mau donk ikut arisan gandjel rel...namanya lucu banget,,,kalau aku, buku masa kecil yang paling menginspirasi adalah Musim panas di Desa Bullerbyn...bahkan saking terobsesinya sama desa itu, aku bertekat ke Swedia. Akhirnya keturutan juga ke Swedia,,, hebat banget loh, pengaruh buku terhadap sugesti otak...terutama otakku hahahg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren ya Mbak. KArena ngebaca, sugesti otak postif kita jadi berkejaran untuk mewujudkan mimpi itu. Keren deh. Bisa dijadiin cerita itu Mbak hehehe..

      Itu grup blog daerah Semarang Mbak. Ada grupna di FB

      Hapus
  19. Buku2 kesukaan kita kok sama ya mba hehehee...

    BalasHapus