Sabtu, 07 Oktober 2017

Liburan Berkesan di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup Balikpapan



Liburan Berkesan di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup Balikpapan

Bagi banyak orang tua, mengajak anak-anak berwisata bukan sekadar kegiatan untuk mengisi waktu liburan, melainkan juga sarana yang tepat untuk mengajari mereka banyak hal. Salah satu cara yang sering dipilih adalah dengan mengajak si kecil ke tempat wisata edukasi. Di tempat seperti inilah, anak-anak dapat merasakan kegembiraan sekaligus belajar hal-hal baru yang menarik perhatian.

(sumber : edratna.wordpress.com)



Untuk Anda yang ada di Balikpapan atau berencana liburan bersama anak-anak di kota ini, jangan sampai melewatkan Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH). Ada banyak aktivitas menarik yang Anda dan keluarga bisa lakukan di sini dan tentunya, aktivitas tersebut berkaitan dengan edukasi lingkungan hidup.

Mengenal KWPLH Balikpapan
KWPLH Balikpapan dikenal juga dengan nama Pusat Beruang Madu. Tempat yang berada 23 km di sebelah utara pusat Kota Balikpapan ini memang merupakan tempat penangkaran dan penelitian beruang madu, hewan yang menjadi maskot Kota Balikpapan sejak tahun 2002.

KWPLH didirikan pada tahun 2004; saat itu terdapat tujuh ekor beruang madu yang menempati kawasan seluas 1,3 ha ini.Sejak tahun 2014, KWPLH dikembangkan lebih luas lagi. Bukan hanya eksklusif untuk beruang madu, tempat ini juga menjadi tempat penyelamatan anjing dan kucing yang telantar di Balikpapan. Tempat ini juga menjadi pusat informasi hal-hal yang terkait dengan lingkungan hidup, baik flora maupun fauna.

Fasilitas-fasilitas untuk menerima wisatawan yang hendak mencari tahu tentang lingkungan hidup pun dibangun, membuat tempat ini secara resmi beroperasi sebagai tempat wisata pendidikan lingkungan.



Kandang Beruang Madu
Tujuan utama berkunjung ke KWPLH tentunya adalah untuk melihat beruang madu. Meskipun disebut kandang, tempat tinggal beruang madu ini bukanlah tempat tertutup. Tempatnya masih berupa area hijau yang rimbun sehingga sangat mirip dengan habitat asli hewan tersebut.

Beruang madu yang ada di KWPLH merupakan hasil sitaan dari masyarakat yang secara ilegal memelihara hewan ini. Lama dijadikan hewan peliharaan, beruang madu tersebut tidak bisa lagi dilepaskan ke alam liar. Karena itu, mereka ditempatkan di KWPLH dengan ‘kandang’ yang dibuat semirip mungkin dengan hutan.

Untuk melihat beruang madu, pengunjung harus menyusuri jembatan kayu melewati area hijau yang rimbun. Terdapat kawat pengaman yang memisahkan kandang beruang dengan jembatan tempat pengunjung lewat.

Rumah Kucing
Kalau liburan ke KWPLH bersama anak-anak, jangan sampai melewatkan Rumah Kucing. Di area ini, terdapat puluhan kucing yang sudah dilatih untuk menjadi disiplin oleh petugas. Misalnya, saat tiba saatnya makan, kucing-kucing ini akan makan dari piring masing-masing, tidak akan berebutan makanan satu sama lain. Kucing-kucing tersebut juga diperbolehkan meninggalkan kandang untuk berjalan-jalan di lingkungan sekitar.

Nah, selain Kandang Beruang Madu dan Rumah Kucing, di KWPLH terdapat Zona Foto tempat Anda dan keluarga dapat mengambil gambar dengan tema alam. Sangat menarik, bukan?

Saat liburan di KWPLH, Anda bisa memilih untuk menginap di hotel murah di Balikpapan. Pilihan terbaiknya adalah Airy Rooms, jaringan hotel nasional yang lokasinya sangat mudah ditemukan di Balikpapan. Hotelnya pun mudah dipesan, bisa melalui situs atau aplikasi Airy Rooms di gadget iOS dan Android.



Selain murah dan mudah dipesan, Airy Rooms menjadi pilihan terbaik karena memang menawarkan kamar ber-AC dengan tempat tidur bersih. Di dalam kamar juga terdapat TV layar datar, kamar mandi dengan pancuran air hangat, perlengkapan mandi lengkap, dan air minum gratis.

Untuk bisa menikmati fasilitas hotel murah di Balikpapan ini, Anda dapat melengkapi pemesanan dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer, atau melalui Indomaret terdekat. Jadi, tunggu apalagi? Segera lakukan pemesanan kamar Airy Rooms Anda!



This entry was posted in

5 komentar:

  1. Pertamax... Wah udah lama nih gak mampir kesini lagi.. sepertinya mbak wahyu mulai memasang iklan yah.. hehe

    BalasHapus
  2. Ok, biar murah bisa lewat indomaret ya, ini sangat membantu karena indomaret sudah ada di daerahku hehe

    BalasHapus
  3. wee, pantas ngilang mbak wahyu. jalan-jalan ke balikpapan ya mbak :)

    BalasHapus
  4. Wah seru juga ya, jalan-jalan sembari mengenalkan alam dan banyak hal yang ada di alam. Nginepnya gak usah repot-repot ya Mbak, ada aplikasi yang selalu membantu mencarikan

    BalasHapus