Jumat, 29 September 2017

Tips Agar Perkedel Kentang Tak Hancur Saat Digoreng



Tips Agar Perkedel Kentang Tak Hancur Saat Digoreng

Dear Sob, mo wiken nih. Masak yuk.
Kentang memang bahan mentah yang sangat popular di kancah per-resep-an Indonesia. Dia bisa menjadi teman dalam sup, sebagai sambal goreng kentang yang super pedas, atau kentang krispi yang yummy itu. Olahan kentang nggak bakalan ada habisnya di bumi pertiwi ini. Kandungan gizinya juga tak diragukan lagi.

Sumber gambar: www.instagram.com/begehr11


Salah satu olahan yang sangat banyak dijumpai adalah dijadikan perkedel kentang.
Siapa suka makan perkedel kentang? Aku salah satu penggemarnya. Selain rasanya yang lembut dan endes di mulut, perkedel kentang ini agak penuh perjuangan membuatnya Sob. Kenapa? Ya karena agak rempong. Tapi namanya juga kesukaan, tak masalah meski ribet dan rempong hehehe.

Awalnya, kalau bikin perkedel kentang ini nggak begitu sukses. Yang lembeklah sehingga nggak bisa dibentuk. Harus langsung dicemplungin ke wajan saat menggoreng. Pernah juga walau sudah dikasih telur secukupnya tapi tetap saja penampakan pas digoreng bikin nyeseg hehehe.

Ternyata kentang memang ada yang kadar airnya tingi, ada yang biasa saja. Yang berkadar air tinggi ini yang bikin kentang jadi lembek saat dibikin perkedel. Pilih kentang yang sudah matang dan tua ya, Sob. Tapi tenang, dengan tipsku ini, kentang segala jenis nggak masalah.

Yakin, deh kalau cara membuat perkedel kentang pasti sudah sangat tahu, ya. Bahan yang digunakan tentu saja kentang. 1 kg kentang atau sesuka sobat. Bumbu yang dihaluskan yaitu 4 siung bawang putih, merica secukupnya serta garam.

Caranya kupas kentang hingga bersih. Kemudian iris sedang. Lalu goreng hingga matang.
Sambil menggoreng kentang, kita uleg bumbunya hingga halus.

Sesudah bumbu halus, kentang yang sudah kita greng tadi ikut kita haluskan. Kalau masih panas habis ditiriskan, dijamin cepat halus. Nggak susah juga nguleknya. Harus super cepat hehehe.

Siapkan 1 butir telur. Nah ini nih tips yang baru kutemukan. Biasanya aku pakai telur ya putih sama kuningnya. Nah, biar kesat dan nggak hancur saat digoreng, pakai putih telurnya saja ya. Kuningnya kita pakai saat menggoreng perkedel.

Untuk 1 kg kentang bisa dipakai 1 atau 2 putih telur. Kemudian campurkan dalam bumbu dan kentang yang sudah kita uleg halus tadi. Sesudah tercampur rata, baru deh dibentuk bulat gepeng atau bentuk sesuai selera. Dijamin nih, adonan perkedelnya kesat, mudah dibentuk juga.

Penampakan perkedel kentang siap disantap
 
Kalau sudah siap dibentuk semua. Tinggal panaskan minyak goreng.
Siapkan kuning telur tadi, tambahkan sedikit garam diaduk rata. Ini bisa untuk olesan perkedelnya.  Kalau kurang bisa tambah dengan 1 butir telur. Pakai kuning dan putihnya nggak masalah. Atau tanpa dilapisi telur juga oke kok.

Siap deh perkedel digoreng. Insyaallah waktu menggoreng perkedel nggak hancur. Oh ya, kalau mau lebih oke lagi bisa ditaruh dalam wadah tertutup, lalu taruh dalam kulkas sekitar setengah jam. Waktu digoreng makin mulus. Hasilnya tambah enak dipandang mata.

Eh, ada pula yang bikin perkedel kentang ditambah udang, cincangan daging, irisan seledri atau ditambah bawang goreng. Bikin makin lezat sih, tapi itu tergatung persediaan dalam kulkas ada nggak ya? Hihihi…

Mudah sekali kan tisnya, yuk masak :)

Baca juga:





 

6 komentar:

  1. Kayaknya sama dengan cara masak mertuaku nih. Emang ha hancur perkedelnya.

    BalasHapus
  2. yeee akhirnya ketemu juga rahasia biar ga ancur :-D

    BalasHapus
  3. Iya ketimbang direbus mendingan digoreng aja, jadi lebih bagus pas digorengnya. Apalagi kalau pakai wajan teflon. Makin banyak isiannya, perkedel jadi makin enak.

    BalasHapus
  4. saya gak berani goreng
    berani makan saja hehe

    BalasHapus
  5. Wah aku juga malah pakai kuning dan putih telurnya, em em, besok kucoba lagi bikin perkedel hanya pakai telur putih yg dimasukkan ke dalam kentang. Aku suka perkedel bikin sendiri Mbak, daripada beli

    BalasHapus
  6. Wow mbak,,,begitukah ternyata....aku sudah praktekin telur dalam teh itu dan enak...perkedel ini pasti juga akan aku praktekin,,,jadi putih telur itu fungsinya kayak merekatkan gtu kali ya :D

    BalasHapus