Senin, 22 Juli 2019

Tahapan Perkembangan Anak, Penting Orang Tua Pahami!

Tahapan Perkembangan Anak, Penting Orang Tua Pahami!


Dalam perkembangan anak, terdapat beberapa tahapan yang ada.Berikut ini tahapan perkembangan anak yang perlu untuk diketahui.


Anak anak seiring berjalannya waktu tentu mengalami perkembangan. Tumbuh kembang dari anak seharusnya menjadi momen yang ditunggu oleh orang tua. Perkembangan anak sangat penting untuk membantu tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, orang tua memiliki fungsi yang sangat berarti dalam pertumbuhannya. Alangkah baiknya, setiap orang tua memahami perkembangan anak dengan baik.
 
perkembangan anak
Foto by generasimaju.co.id

Dengan mengetahui tahapan perkembangan dari anak, tentu dapat menyesuaikan pada kebutuhannya. Hal ini untuk mengoptimalkan apa yang menjadi tumbuh kembang dari sang buah hati. Karena itu, pencapaian pada setiap perkembangannya harus dipahami lebih dalam. Jangan sampai, orang tua tidak paham perkembangan anak dan memberikan penanganan yang tidak tepat. Simak ulasan lebih lengkapnya ada pada artikel ini.


Tahapan Perkembangan Anak Lengkap

Bagi para orang tua, tentunya harus paham mengenai apa saja tahapan dalam perkembangan dari anak. Berikut ini tahapannya:

Usia 1 Tahun

Anak pada usia 1 tahun sudah cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Tentunya, dapat melakukan banyak hal yang diberitahukan. Jadi, para orang tua juga dapat mengajarkan hal yang baik dan buruk untuk dilakukan. Jangan sampai, anak terlanjur besar dan tidak memahami hal ini.

Selain itu para orang tua juga sudah bisa mengajarkan anak mengenai kosakata yang bisa digunakan. Serta, dapat lebih bijak dalam memilih perkataan. Bahkan, para orang tua bisa lebih leluasa dalam bermain bersama dengan keluarga ataupun teman lainnya.

Usia 2 Tahun

Pada usia ini, sudah cukup bisa mengikuti arahan dari orang tua. Jadi, para orang tua juga bisa melakukan support melalui merangkai kata dengan baik. Jangan biarkan anak anda tumbuh dengan perkataan yang tidak baik. Karena, akan sangat tidak baik nantinya anak tersebut.

Disisi lain, anak juga menjadi lebih ekspresif. Jadi, para orang tua hendaknya lebih memahami mengenai hal ini. Serta, dalam mendampingi anak anaknya untuk berekspresi dengan baik. Jangan terlalu mengekang posisi dari anak. Biarkan untuk memahami pentingnya berekspresi dengan apa yang disukai.

Usia 3  Tahun

Pada usia ini, anak sudah dapat memahami dengan baik. Karena, untuk perkembangan dari otak anak sudah begitu baik. Periode ini mengajarkan untuk anak anak agar lebih paham bagaimana langkah dalam bersosial. Karena, untuk kehidupan sosial harus dipahami dengan benar oleh anak anak.

Untuk itu, alangkah baiknya sebagai orang tua sudah memahami hal tersebut. Tetap berikan pendampingan yang memang layak untuk diberikan. Tidak hanya itu, pada fase ini juga anak anak akan lebih gemar meminta. Namun, orang tua dapat memberikan penjelasan dengan baik.

Usia 4 Tahun

Fase 4 tahun ini harus di pahami lebih dalam oleh para orang tua. Karena, pada fase ini bisa saja anak anak melakukan banyak hal yang aneh. Namun, tugas orang tua memang cukup penting dalam pendampingan. Bahkan, anak anak bisa saja meminta secara rutin kebutuhan yang diperlukan.

Tetapi, para orang tua dapat memberikan yang memang sesuai untuk kebutuhannya. Jangan sampai, anak tergiur dengan barang yang memang tidak cocok dan kurang bermanfaat. Jadi, peran orang tua sangatlah dibutuhkan!
 

Bagaimana, sekarang anda sudah paham bukan mengenai tahapan perkembangan anak? Jadi, jangan sampai salah dalam memberikan yang sesuai pada anak. Pastikan untuk selalu memperhatikan kebutuhan anak dengan baik. Semoga bermanfaat!



0 komentar:

Posting Komentar