Senin, 08 Juli 2019

Ragam Motif Batik Nusantara


Ragam Motif Batik Nusantara



Indonesia memiliki banyak sekali motif nusantara dalam pakaian batik. Berikut ulasan lengkap motif batik nusantara terbaik dan berkualitas.


Batik merupakan salah satu kain khas dari Indonesia. Penggunaan batik bagi masyarakat Indonesia tentu tidak bisa dilepaskan. Batik memiliki ciri khas tersendiri dan menawarkan nilai estetika yang tinggi. Tidak heran, jika harga dari batik tersebut masih cukup mahal. Terutama, untuk proses pembuatannya jelas membutuhkan waktu cukup lama.
 
batik
Foto by republika.co.id


Saat ini, sudah cukup banyak pilihan motif batik yang ada. Setiap motif memiliki makna dan bentuknya masing-masing. Penggunaan batik tentu sangat baik digunakan pada era sekarang. Karena, motif dari batik yang ada juga lebih modern. Apa saja motif batik nusantara yang ada? Simak penjelasan lebih jelasnya pada artikel ini.

Ragam Motif Batik Nusantara
Cukup banyak motif batik yang beredar dan memiliki banyak peminatnya. Berikut ini ragam motifnya antara lain:

Motif Batik Solo
Di daerah Solo, begitu banyak pengrajin dari batik. Terdapat kain batik yang cukup banyak peminatnya yaitu Batik Sogan. Ciri khas dari batik ini yaitu memiliki gelombang dan berwarna coklat. Gelombang tersebut memiliki air sebagai sungai bengawan Solo. Tentunya, melambangkan ketenangan dari jiwa seseorang.


Dalam pembuatan batik ini tentu menggunakan konsep tradisional. Artinya, bahan pewarna yang digunakan begitu alami. Jadi, memang memiliki daya meresap yang tinggi. Dengan begitu, untuk warna pada batik tidak mudah luntur. Tentunya, motif batik Solo sangat cocok untuk anda pilih!

Motif Batik Jepara
Daerah Jepara sudah cukup dikenal dengan motif batiknya. Untuk batik Jepara lebih banyak dikenal oleh masyarakat sebagai batik kartini. Karena, untuk variasi perpaduan dari warna dan objeknya begitu baik. Seperti untuk warna ada yang dibuat seperti pola, ataupun hanya mengenai objek yang ada.


Tetapi, sampai saat ini permintaan akan ekspor dari batik Jepara juga cukup tinggi. Tidak heran, karena untuk kualitas dari batik yang ditawarkan bernilai ekonomis tinggi. Serta, untuk urusan estetika yang diberikan jelas begitu memukau. Dijamin, banyak orang yang tertarik untuk memilikinya!

Motif Kraton
Untuk motif jenis ini cukup eksklusif, karena hanya bisa digunakan oleh keluarga kerajaan saja. Memang, di zaman dahulu batik hanya boleh digunakan untuk keluarga kerajaan saja. Banyak dari orang dahulu yang belum menggunakan batik.


Namun, seiring dengan berjalannya waktu penggunaan batik kraton sudah bisa secara bebas. Artinya, masyarakat biasa juga dapat menggunakannya. Tentunya, hal ini sangat berarti agar dapat memberikan penggunaan batik yang lebih nyata. Jadi, kesan eksklusif kini tidak hanya dimiliki oleh keluarga kraton saja. Melainkan, semua masyarakat juga bisa menggunakannya.

Motif Batik Pekalongan
Dijuluki sebagai kota batik, Pekalongan jelas memiliki banyak sekali pilihan motif batiknya. Umumnya, di daerah ini lebih cenderung pada motif fauna dan flora. Untuk kemudian di padukan dengan corak warna yang khas. Sehingga, menghasilkan batik yang berkualitas.


Menariknya, untuk produk dari batik Pekalongan tidak hanya di jual dalam nasional saja. Melainkan, sudah masuk ke dalam pasar internasional. Karena, memang banyak sekali peminat dari motif batik Pekalongan. Bahkan, ekspor yang dilakukan sudah cenderung begitu rutin. Tentunya, untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi!


Begitulah ulasan lengkap mengenai ram motif batik nusantara. Bagaimana, sangat keren bukan? Memang, penggunaan motif batik ini tentu sangat direkomendasikan. Dijamin, anda akan tampil dengan lebih keren. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar