Selasa, 28 Januari 2020

Sukorini Foggy Village, Wisata Kabut Nan Eksotis di Desa Kemitir Kabupaten Semarang


Sukorini Foggy Village, Wisata Kabut Nan Eksotis
di Desa Kemitir Kabupaten Semarang


Hujan dan kabut selalu membawaku kembali, ke sini...


 Bau pinus selalu saja membuat hal menarik dengan kenangan tak terlupakan. Termasuk dakuw nih, hihihi. Kabut, hujan, semilir angin selalu meninggalkan eksotisme tersendiri yang tak mudah untuk diungkap. Di Kabupaten Semarang sendiri, ada ragam wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Dengan pinus dan nuansa alaminya yang alami banget.
 
Wisata Kabut Sukorini Foggy Village Kemitir Kabupaten Semarang


Kali ini tentang wisata hutan kabut dengan pinusnya yang kece badai. Namanya Wisata Kabut Sukorini Foggy Village. Beberapa kali ke sana tak membuatku bosan untuk balik lagi ke bukit mungil ini.
 

Dimana Wisata Kabut Foggy Village?
Wisata Kabut Foggy Village terletak di Desa Kemitir, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jalan menuju area wisata aspal, sangat aman dan nyaman. 

Wisata Kabut Sukorini Foggy Village Kemitir Kabupaten Semarang
Dari puncak Wisata Kabut Sukorini Foggy Village
 
Hanya kelokan tajam dan naik turunnya saja yang harus diwaspadai. Itu  andaikan belum kenal medannya. Dari Ambarawa sendiri naik saja menuju Sumowono. Lanjut terus ambil jurusan Temanggung.
 
Wisata Kabut Sukorini Foggy Village Kemitir Kabupaten Semarang
Di antara pinus

Sekitar setengah jam berkendara saja bisa langsung ditemui Wisata Kabut Foggy Village panuh kabut ini. Dari Sumowono tepatnya di kanan jalan. Tepat di puncak bukit.


Ada apa di sana?
Di dataran tinggi 1.100 mdpl dengan dikelilingi hutan pinus memang tempat yang asyik untuk sekedar nongkrong ataupun ngopi. Tentu saja pemandangannya tak bisa diungkap dengan kata-kata. Super eksotis. Ada apa saja sih di Wisata Kabut Foggy Village ini?
1.    Dari puncak Foggy Village ini Gunung Ungaran tampak dengan jelas, itu kalau pas nggak kabut lho ya.
2     Wisata Kabut Foggy Village ini disebut juga wisata kabut. Ya kita bisa lihat kabut di sana. Sederhana, tapi aku kok suka ya, hehe. Nah, ada saat-saat tertentu kabut datang tanpa diduga. Kabut datang bisanya sore ataupun pagi hari. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Kabut bisa aja datang semaunya. Tapi, tenang saja, kabut ini berasa syahdu banget. Banget dan banget!

Wisata Kabut Sukorini Foggy Village Kemitir Kabupaten Semarang

3.    Ada spot foto menarik juga dapat ditemui di area wisata ini. Yang paling aku suka sih tangga-tangganya. Karena dari banyak pose si tangga ini keren banget. Entah kenapa suka sama si tangga deh aku nih, hihihi.

Wisata Kabut Sukorini Foggy Village Kemitir Kabupaten Semarang
Gazebo di Sukorini Foggy Village

4.    Ada bagian lain dari Wisata Kabut Foggy Village. Yaitu sebuah makam yang terletak di dalam area wisata. 


Kalau capek, lapar, gimana dong?
Tenang, ada banyak warung di depan pintu masuk Wisata Alam Foggy Village ini. Letak warung-warung persis di pinggir jalan membuat tak hanya yang sedang wisata saja mampir di sana. Tapi orang yang sedang melakukan perjalanan kadang mampir sejenak untuk melepas lelah. 

Wisata Kabut Sukorini Foggy Village Kemitir Kabupaten Semarang
Ngopi dulu guys

Ada banyak menu lho di warung-warung ini. Apa saja sih?
1.    Mi ayam dan bakso, adalah makanan yang pas dan tepat di hawa dingin berkabut seperti ini. Panas dan segar.
2.    Beragam minuman juga lengkap lho. Yang sederhana saja. Teh, kopi, susu. Sudah cukup menghangatkan tubuh saat kabut datang menerjang.
3.    Camilan ringan.
4.    Nasi goreng sego jagung. Ini yang khas di Wisata Kabut Foggy Village.


Nasi goreng sego jagung
Nasi goreng biasa saja kita makan dalam keseharian. Lalu apa itu nasi goreng sego jagung? Tentunya nasi goreng dengan bahan dasar sego jagung. Sego jagung artinya nasi jagung. Nasi yang terbuat dari jagung. Dengan beberapa perlakuan dulu sebelum bisa dinikmati kelezatannya.

Wisata Kabut Sukorini Foggy Village Kemitir Kabupaten Semarang
Nasi goreng sego jagung Sukorini Foggy Village

 Nasi goreng sego jagung ini cara membuatnya kayak nasi goreng biasa. Hanya bahan utamanya saja yang diganti. Nggak kalah enaknya. Tentu saja ngangenin. Aku punya kenangan dengan nasi goreng sego jagung ini. Hihihi, jadi piye gitu ya kalau nulis nih. Mendayu sendiri, haha.


Berapa harga tiket masuk alias HTM-nya?
Nggak hanya viewnya yang kece lho, harga tiket masuk (HTM) juga sangat kece. 5 ribu/orang dan parkir sepeda motor hanya dibandrol harga 2 ribu rupiah. Gimana, murmer kan?

            So, buat Kamu yang lagi binung mau kemana weken minggu ini, bisa diagendakan ke Wisata Kabut Foggy Village ini. Kabutnya, viewnya, pinusnya dapat banget. Nggak bakal nyesel sampai sana deh. Jangan lupa ajakin aku ya... ya...


Baca juga:

21 komentar:

  1. Wisata Kabut Foggy Village ini mampu mendramatisir panasnya petang ini di Bengkulu. Kali ini tempat sama kaya di Curup Kota Sejuk dan area Liku 9 di Bengkulu Tengah.

    Kabut Foggy mampu membius ke suasana damai dan menyejukkan hati.

    BalasHapus
  2. Wisata Kabut Foggy Village ini mampu mendramatisir panasnya petang ini di Bengkulu. Kali ini tempat sama kaya di Curup Kota Sejuk dan area Liku 9 di Bengkulu Tengah.

    Kabut Foggy mampu membius ke suasana damai dan menyejukkan hati.

    BalasHapus
  3. foggy village,dari namanya udah keren ternyata pemandangan alam yang disuguhkan gak kalah keren ya, sejuk dan indah sekali. sego jagung juga kesukanku, perpaduan yang pas ini

    BalasHapus
  4. Wah penasaran, gmn tu rasananya nasi goreng sego jagung..

    Unik

    BalasHapus
  5. sekilas kaya di baturaden kalau di sini, aku tadi berpikir makanan apa yang unik selain mi ayam dan bakso, eh ada nasi goreng sego jagung, enak kah kak? jadi penasaran pengin nyoba rasanya gimaana

    BalasHapus
  6. makamnya siapa tuh mba ditengah tempat wisata? lumayan murah juga sebenarnya 5k perorang. Bawa keluarga besarpun tak masalah

    BalasHapus
  7. Nasi goreng sego jagung ini seperti apa rasanya ya? Namanya aja sudah cukup unik. Ditambah dengan diolah menjadi nasi goreng. Nampak mantap dinikmati saat hujan dan kabut sedang turun tebal ditemani segelas teh hangat tawar.

    BalasHapus
  8. Duh.. Aku mau plesir ke Kabupaten Semarang aja belum jadi². Padahal Jogja - Ungaran/Semarang juga gak jauh-jauh amat yak.
    Btw, jadi kepo sama nasi goreng sego jagung. Selain kepo rasanya, juga kepo ada fakta apa di balik kesyahduan makan nasi goreng jagungnya *eeeaaaa

    BalasHapus
  9. Wisata kabut, berbeda ya Mbak tapi pasti mengasyikkan ya.
    Hmm, itu nasi goreng segonya bikin penasaran deh. Bahan dasarnya dari nasi dicampur jagung gitu ya? *salah fokus 😁

    BalasHapus
  10. nuansa pegunungan dan hanya 5rb utk masuknya. murah banget

    BalasHapus
  11. Ini wisata yang cocok buat bareng teman-teman nih. Kalau main ke Semarang, harus masuk list jalan-jalan hehe.

    BalasHapus
  12. Tempat wisata keren banget nih, dengan menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa dan bisa makan juga disini dengan membeli makanan yang ramah dikantong.

    BalasHapus
  13. Wahhh asyik Bet nihh.. jadii pengen coba kesana nihh, mumpung di semarang

    BalasHapus
  14. Kelihatannya menarik dan seru banget ya. wisata kabut. apalagi harga tiket nya terjangkau cuma rp5.000 saja. mudahan bisa berkunjung ke sana ya. soalnya suka banget wisata alam yang unik-unik,seperti wisata kabut yang satu ini

    BalasHapus
  15. Kebayang udara disana sejuk banget deh, pemandangannya juga masya allah indah sekali.

    BalasHapus
  16. Selain pemandangannya, aku juga concern dengan makanannya. Duh, suka banget kalau ke daerah sejuk kayak ini. Seger dan adem aja. Konsep back to naturenya dapat.

    BalasHapus
  17. Sepertinya, foggy village ini cocok untuk destinasi wisata yang suka explore alam bebas ya kak. Pemandangannya aja bagus gitu. Mountaint view always is the best

    BalasHapus
  18. Pemandangannya syahdu ya mbak apalagi sambil menikmati secangkir kopi dan sepiring Nasi Goreng Sego Jagung yang unik hmmm... jadi pengen kesana juga

    BalasHapus
  19. Destinasi wisata yang murah meriah banget ini ya Mbak cuma lima ribu plus bayar uang parkir udah bisa menikmati wisata kabut dan view indah di sana apalagi udaranya juga pasti segar sekali ya

    BalasHapus
  20. Tempat wisata di Semarang dan sekitarnya, termasuk di Kabupaten Semarang jadi makin banyak ya sekarang. Aku udah lama banget ini tak ikut pulang kampung ke Semarang bareng suami jadi udah tak tahu lagi kalau perkembangan tempat wisata di sana udah maju, salah satunya yang baru tahu ya foggy village ini. Keren ya pemandangannya

    BalasHapus
  21. Wah keren mbak Wid, sebagai tetangga aku malah baru tahu ada wisata ini. Mana kereeeeen dan pasti adem ya. Pingin ke sana tapi begitu liat Julio, ahhh nanti dulu. Hehehehe

    Sego goreng jagungnya bikin pingin. Udah lama nggak makan ituuuu

    BalasHapus