Selasa, 07 Januari 2020

I’ampelgading Homeland, Bandungan, Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran

Kabut dan mendung selalu punya cara untuk membuatmu kembali
Ke sini...

Mau  banget kan piknik murah meriah dengan dana minim tapi dapat banyak hal baru? Yeay, kalau aku sih mau-mau saja. Kali ini mbolang masih tetap yang serba dekat, murmer dan nggak pakai ribet. Pilihan destinasinya masih berkabut, sekalian nengokin si pohon kesepian. Yap, I’ampelgading Homeland, Bandungan.

I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran



Sebetulnya sudah beberapa kali kutulis tentang objek wisata super kece ini. Tapi tetap saja menarik kan kalau ada hal lain yang baru dan lebih kekinian?

Dan itulah yang terjadi, jenuh dengan beragam kerjaan membuatku kangen kabut. Pagi-pagi pas cuaca sedikit cerah, ke lereng Gunung Ungaran salah satu cara untuk menjaga semangat. Yuk, kita mulai petualangan kali ini.


Perjalanan ke Lokasi I’mpelgading Homeland
Dari Ambarawa, naik saja menuju Bandungan. Tepatnya di Jl. Ampel Gading, Garun, Duren, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614. Terletak di ketinggian sekitar 1300 mdpl, membutuhkan stamina yang kuat untuk kendaraan supaya lancar sampai tujuan.

Akses wisata ini lebih mudah menggunakan sepeda motor. Silakan cek dan ricek kendaraannya dulu sebelum mulai petualangan menuju lokasi, ya. Rem dan segala macamnya.  Karena naik dan turunnya lumayan curam. Tapi tenang, masih aman juga.

Sedangkan kendaraan roda empat, akses jalan belum begitu memungkinkan untuk bertemu dari dua arah yang berlawanan. Memang lebih asik sih naik motor saja. Kalau perlu jalan kaki, hehehe...


Harga Tiket Masuk dan Parkir
Inilah yang paling ditunggu para traveller sejati, haha. HTM alias harga tiket masuk dan biaya parkir. Tentunya murmer gengs. Hanya 5 ribu saja per orang. Dan biaya parkir kendaraan roda dua hanya dibandrol  2 ribu rupiah saja. Murah kan, kan kan...


Kenapa ke I’ampelgading Homeland?
Iyes banget. Nggak hanya sekali dua kali aku ke sini. Whua... Itupun harus ngerayu si partner mengingat medan akses ke sana. Motoran sendiri mana berani? Pasti harus fit kendaraannya. 

I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran
Pintu masuk wisata


Yang bikin kangen tentunya pemandangan kece badai. Dari atas, Kamu bisa melihat Rawa Pening dan Ambarawa. Lalu gunung yang begitu dekat di hadapan mata. Udara yang sejuk, kabut dengan anginnya yang syahdu benar-benar bikin kenangan manis tak terlupakan.
Cantik, pasti, alam selau saja memberi banyak hal baru yang kadang, tak terpikirkan, bukan?


Pohon Kesepian
Kisahnya ada di sini Pohon Kesepian


I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran
Si pohon sendirian



Spot Foto Keren
Yang kekinian tentunya tak terlupakan juga. Spot foto keren. Bisa diambil dalam banyak sudut indah gengs. Ada banyak pilihan menarik. Pintu tanpa dinding, juga puncak I’mpelgading Homeland. Mau naik sepeda listrik juga ada lho. 
I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran
Terlihat dari atas

I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran
Bisa dipilih yang disukai spot fotonya

 
I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran
Ada banyak pilihan buat kamu ambil sisi lain


Mural di Dekat Tempat Parkir
Tak kalah menariknya ada mural epik di dekat tempat parkir. Ada tangga yang oke banget juga untuk spot foto. 
 
I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran
Mural keren

Mural ini ada beberapa macam. Tinggal pilih yang mana paling Kamu suka. Karena aku suka banget street art, nemu mural di puncak gini berasa gimana gitu. Kangen masa lalu, hiksss...


Gua dengan Tangga Cantik
Ada yang kurang tahu deh kalau ada Mbah Rekso Guwo Lumpang. Tangganya yang biasa saja malah bisa dijadikan latar foto nan cantik.

I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran
Tangga dekat gua

 
 Bisa Nge-Camp Juga Lho
Ada yang suka berkemah nggak, sih? Nah, kalau mau Kamu bisa camping di sini. Bisa nungguin mentari terbit dan terbenam sepuasmu. Biasanya, sih, kalau mulai siang, kabut mulai turun juga. So, meski kabut dan dingin, nggak masalah lho kalau mau nge-camp di sini.


Pulang, Perhatikan yang Berikut Ini
Apalagi ya, susah diungkap dengan kata. Pastinya, setelah puas lihat kabut dan view yang kece ini saatnya pulang. Males, ya?

 Saat pulang juga harus diperhatikan perjalannya. Kenapa? Karena ada beberapa turunan tajam yang mau nggak mau harus sigap dengan rem kendaraan. Buat motor matic, ada beberapa titik tertentu disediakan tempat berisi drum dengan air dan botol bekas air mineral. Bisa siram rem di situ dan istirahat beberapa menit. Supaya mesin kendaraan aman kembali.

I’ampelgading Homeland, Bandungan,  Wisata Keren Lereng Gunung Ungaran


Kapan kita kemana lagi? Nha, itulah, kadang kaki melangkah tanpa rencana sama sekali. So, berjalan saja sesuai hatimu, gitu ya? Lalu, kapan Kamu mau ke I’ampelgading Homeland?

Kabut bakal bikin Kamu kembali...

Baca juga:

16 komentar:

  1. Harga murah trus banyak spot fotografi... menang banyak.. bawa kluarga besar juga ..seru pastinya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes Mas, terjangkau banget banget deh pokoknya...

      Hapus
  2. Pas baca openingnya, saya otomatis bersorak.. mau.. mau..
    Siapa yang tidak suka wisata keren, tapi pas di kantong ya, Mbak hahaha.
    Dan ini keren sekali. Tiketnya juga terjangkau.

    Saya beberapa kali ke Semarang dan lewat Ambarawa dan Ungaran, Mbak. Jadi pengin mampir. Apalagi asyiknya naik motor ya hehehe. Semoga bisa segera ke sana.

    BalasHapus
  3. Banyak spot fotonya yang menarik ya. Pastinya seru nih bisa jalan-jalan ke sana.. apalagi tempat wisatanya bisa untuk camping juga.

    BalasHapus
  4. Dari segitu banyak penjelasannya, aku cuma tertarik dengan pohon kesepian. Pernah baca artikel ada juga tempat wisata namanya rumah jomblo. 😅

    Jadi penasaran dgn kisah pohon ini

    BalasHapus
  5. Wahhh.. abis ini boleh deh kesana. Deket juga jaraknya dari rumah nih

    BalasHapus
  6. Wahh hebat yaa spot i am pelgading homeland di bandung.. saya paling suka dengan sunyi dan sejuk nya alam

    BalasHapus
  7. Kabut bakal bikin kamu kembali.

    Aih asik nih kalimat penutupnya. Ternyata Ungaran punya wisata sekeren ini. Tapi kalau ke sini, saya sepertinya harus ikut tour deh karena malas bawa kendaraan dan suka lelah habis jalan jalan jadi takut saja, kan banyak turunan tajamnya ya mas.

    BalasHapus
  8. Ah jadi kangen sama Bandung. Sejak meninggalkan Jakarta, jadi lama belum kesana lagi.

    BalasHapus
  9. Capek nggak kak? Hehe. Semarang yang terkenal panas punya wisata alam Iampelgading juga ya, aku nanti ngajak temanku yang di sana ah

    BalasHapus
  10. Wah deket nih.. masukin daftar main aah. Tapi harus ceki-ceki motor dulu ya.. apalagi matic. Pernah Kita ajak Naik sampai Mawar.. panas banget sampai baunya nggak enak.. tapi seru sih..

    BalasHapus
  11. Waktu masih tinggal di Semarang, hampir dua minggu sekali aku sama Pewe ke Bandungan. Boncengan naik motor, cuma buat menikmati udara yang sejuk dan dingin. Trus di Bandungan makan tahu Bandungan dong. Duh enak banget itu tahunya. Jadi kangen pengen ke sini lagi

    BalasHapus
  12. Sudah wisuda ini mau cept2 otw bandung dong, sampai jumpaaa kakkk. Makasih refrens wisata nya hhe

    BalasHapus
  13. Terakhir ke Semarang, yang menjadi wisata tujuan saya sama loh kak, di daerah Bandungan juga. Tapi beda arah dikit ke arah Sumowono, tepatnya Candi Gedong Songo. Pasti udah terkenal deh itu, walau tidak benar-benar ada 9 candinya karena terkikis oleh waktu dan bencana alam..

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah ke Bandungan & Ambarawa. Padahal pengen banget ke sana. Selama ini cuma denger cerita ibu dan teman² lain yg udah pada ke sana. Semoga next time bisa ke sana deh, secara Yogya-Ambarawa kan dekat :)

    BalasHapus
  15. Nama pohonnya menarik ya mbak. Pohon kesepian. Kayakny bukan cma manusia aja yg kesepian. Pohon pun jga. Dan butuh teman. Hehe

    BalasHapus