Minggu, 08 Maret 2020

Siap Darling Djarum Foundation di Candi Gedongsongo, Cintai Alam dengan Cara yang Kita Cintai


Siap Darling Djarum Foundation di Candi Gedongsongo,
Cintai Alam dengan Cara yang Kita Cintai


Alam, hutan, bumi... bagaimana caraku untuk membersamaimu
Berubah tak bisa sendirian, butuh kebersamaan

Menapaki jejak sejarah komplek Percandian Candi Gedongsongo memang tak asing lagi buatku. Rumahku hanya sekitar 15 menit dari sana, cukup membuat hapal lika likunya. Dari jaman dulu hingga sekarang yang telah banyak berubah. Candi Gedongsongo merupakan candi Hindu yang terletak di Desa Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
#Siapdarling Djarum Foundation

Mengikuti #siapdarling Bakti Peduli Djarum Foundation di hari Kamis (05/03/2020) membuatku kembali ke candi. Warisan cagar budaya bangsa penuh segala kisah di dalamnya. Program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang mengajak 250 mahasiswa dari berbagai unisversitas. Di antaranya Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Negeri Semarang dan masih banyak lainnya. Keren banget, kan.


Bakti Lingkungan Djarum Foundation
Kali ini Bakti Lingkungan Djarum Foundation bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melalui Program Siap Darling. Bertempat di Komplek Percandian Gedongsongo. Ada sebanyak 868 tanaman dan semak yang ditanam di beberapa titik komplek percandian. 

Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
Penanaman pohon

 Beragam jenis tanaman yang ditanam adalah bambu jepang, hujan mas, pucuk merah, Tabebua Rosea, pinus, puspa serta akar wangi. Tanaman yang ditanam benar-benar disesuaikan dengan kondisi yang ada. Bibit tanaman sendiri berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang terletak di Kudus.

Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
Penanaman pohon Darling Squad


Meskipun kabut dan hujan menghadang, penanaman berjalan lancar dimulai sepanjang komplek percandian. Penuh semangat para Darling Squad menanam pohon dengan penuh kegembiraan. Aku sendiri sampai kagum melihat semangat mereka, para milenial yang tak biasa banget. Saling menyemangati dan benar-benar terjun langsung menghijaukan alam.

Vice President Director Djarum Foundation, Bapak FX. Supanji mengungkapkan butuh langkah nyata kaum milenial agar tumbuh rasa memiliki dan berperan dalam menghijaukan alam. Di situs-situs penuh dengan budaya ini. Tak lupa menularkan kebiasaan baik di lingkungan yang lebih luas.

Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
Candi Darling


Memang butuh waktu lama, tapi untuk jangka panjang entah berpuluh tahun ke depan, hasilnya diharapkan benar-benar nyata. Membuat situs budaya makin terawat, dengan alam yang akan bersahabat dengan kta. Ekonomi terangkat dan wisata, bumi tetap aman karena terjaga dengan baik.


Green Camp 50 Darling Squad, Bergerak Bersama Untuk Lingkungan
Sehari sebelumnya, Rabu (04/03/2020) ada acara Green Camp yang diikuti oleh para Darling Squad. Eh, apa sih Darling Squad itu? Darling Squad merupakan para mahasiswa yang aktif menjadi volunteer di setiap kegiatan lingkungan yang bertujuan untuk memperbaiki jejak kerusakan terhadap bumi tercinta ini.

Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
Bakti Lingkungan Djarum Foundation

Imajinasi dan ide sangat luar biasa untuk kaum milenial. Bukan hanya budaya menunduk dan minim sosial, tapi benar-benar mampu menggugah apa yang ada di depan mata. Menemukan gagasan kreatif dan mampu merealisasikannya untuk membuat konsep lingkungan. Mejadikan bumi menjadi lebih bak lagi.

Seperti yang diungkapkan Ibu Mutiara Asmara, Communication Director Djarum Foundation Bakti lingkungan Siap Darling ini mendukung kobaran semangat kaum milenial yang merupakan penerus bangsa. Dari hati dengan penuh cinta. Siapapun akan ikut mengobarkan semangat untuk bumi ini.


Semangat Siap Darling
Ada 1.942 Darling Squad sejak diluncurkan di tahun 2018 dari 122 Universitas di Indonesia. Dan penanaman yang dilakukan Darling Squad ini juga sudah melingkupi beberapa situs percandian. Kawasan Candi Prambanan, Situs Ratu oko, Candi Ijo, Benteng Van De Bosch, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen serta Komplek Percandian Gedongsongo. 

Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
Para Darling Squad

Dan guys, tahukah Kamu kalau pohon yang ditanam sudah lebih dari 10.800? Luar biasa banget ya. Wow! Dan semoga beberapa tahun ke depan akan terlihat hasilnya. Para milenial tetap semangat menyebarkan virus sadar lingkungan ini.


Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan)
Gerakan keren ini merupakan Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui media sosial sejak November 2018. Agar kaum milenial mencintai lingkungan dan bumi dengan konten positif. Bukan hanya sekedar peduli, tapi benar-benar melakukan aksi nyata agar bumi menjadi lebih baik lagi.


Talk Show Siap Darling
Menjelang siang acara masih terus lanjut. Ada 4 orang super keren yang membuat talk show kali ini benar-benar bukan talk show yang biasa saja. Yaitu Bu Dewi, Mas Iqbal, Pak Hasan dan Mas Lutfi si Prince Darling. 

Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
Talk show seru

 
Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
Bersama Mas Lutfi
Keseruan yang menyasar bagaimana situs adalah warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Penanganan sampah dan bagaimana membuatnya menjadi elegan karena banyak hal yang bisa dilakukan dengan sampah. Bagaimana mengurangi sampah dan membuat banyak orang menyadari untuk mengurangi sampah plastik.


Live Music bersama Ahmad Abdul
Suaranya yang khas banget membuat para Darling Squad nggak kuasa untuk nggak ikut nyanyi. Pokoknya para milenial pasti meleleh dengan Mas Abdul idol jebolan dari Indonesian Idol ini menyanyi. Mulai lagu nuansa sendu hingga lagu yang menggugah semangat para milenial. Eh aku saja ikutan nyanyi di pendopo bawah lho guys.

Siap Darling Djarum Foundation Candi Gedongsongo
Bersama Teman-teman blogger, Mbak Ya Yat, Mbak Sri Subekti, dakuw, Mbak Chella, Mbak Uniek, Mbak Dian Navi, Mbak Ika Puspita, Mbak Nyi Penengah, Mbak Hidayah Sulistyowati, Mas Hadi

 Cerahnya sore sepertinya sayang untuk meninggalkan komplek percandian. Tapi apa daya, sudah saatnya pulang. Semoga selalu menumbuhkan imajinasi baru untuk lingkungan dan bumi yang lebih baik lagi. Suatu hari, aku akan balik sini lagi, dengan penuh cinta yang membumi...

Cintai Alam Kita dengan Cara yang Kita Cintai

#CandiDarlingGedongsongo
#Candidarling
#Siapdarling
#Darlingsquad

0 komentar:

Posting Komentar