Senin, 17 September 2018

Karnaval Desa Sumowono 2018, Hebohnya Topeng Ireng RT 02 RW 02 Nyampuran


Karnaval Desa Sumowono 2018,
Hebohnya Topeng Ireng RT 02 RW 02 Nyampuran

Hai Sob, ketemu lagi.
Semoga selalu dalam keadaan cetar membahana ya Sobatkuh semua.

Masih sering terjebak macet karena ada karnaval nggak, Sob? Memang beberapa hari setelah tujuhbelas Agustus kemarin ada banyak perayaan yang diadakan masing-masing daerah untuk memperingati hari kemerdekaan negara tercinta.

Untungnya media sosial berperan sangat besar. Rute yang akan dilalui sudah banyak dishrea ke medsos, hingga nggak banyak yang terjebak macet. Kecuali memang niatnya mau nonton.




Karnaval juga diadakan di desaku, Desa Sumowono, Ahad tanggal 16 September kemarin. Dalam rangka Merti Desa Sumowono. Untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya selama ini. Atas keberkahan, kelancaran, keselamatan juga semua kebahagiaan di desa tercinta. Desa yang terletak tepat di lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah.

Karnaval kali ini yang ikut sekampung di desaku. Nyampuran, Kenteng, Sawah Gondang, Karang Wetan dan ada beberapa bagian desa yang ikut salah satunya pasar.

Rute sama seperti tahun sebelumnya. Mulai start di lapangan AD yang kebetulan berada di belakang rumahku. Lanjut ke Karang Wetan, Sukorono, Sawah Gondang, Nyampuran dan panggung kehormatan tepat di terminal lama Sumowono. 

Berdoa dan tos dulu
Mulai dari jam 9 pagi, RT 02 RW 02 sudah mulai menggeliat sejak jam 5 pagi. Keputusan bersama tema yang diambil adalah topeng ireng dan brondut. Olala hokya hokya, haha. Gayanya yang tak biasa dengan kostum yang tak biasa, itulah yang menjadi pilihan kami.

Kampungku bersemangat menyambut karnaval kali ini. Hai, Sob, kukasih tahu ya. Kita musti belajar ngreog dan nari semenjak 2 minggu sebelumnya. Aku yang sudah lama banget nggak nari-nari hore kakunya minta ampun ^tutup muka pake sleyer.

Sedikit behind the scene yes, latihan saban malam jam 19.30 WIB di halaman rumahku. Karena tariannya musti muter-muter nggak karuan pindah di depan koramil Kecamatan Sumowono. Depan rumah Pak Riwayat. Wah, hiruk pikuk gangguin orang tidur. Pertama latihan yo jelas amburadul nggak karuan. Lama-lama lumayan deh bisa kompak. Walau kaki pegel.

Tapi semangat membuat kampungku tetap bergairah lho. Baik para pemuda pemudi, anak-anak, bapak-bapak termasuk emak-emak ikut berperan serta. Mulai bagian konsumsi sampai hore-hore tetap saja bersatu padu untuk menampilkan yang terbaik.

Karena dakuw sendiri ikut, jadi ya, foto-foto kurang maksimal. Foto dari RT-ku sendiri nih. Nggak lengkap, diambil dari grup karnaval di WA grup.

Foto dulu habis make up

Saat karnaval RT 02 RW 02 di urutan nomor 3. Sekitar jam 13.00 WIB sudah kelar. Kita makan bareng-bareng sambil meluruskan kaki. Karena kostumnya lumayan berat dengan krincing-krincing di kaki yang beratnya hadeh bikin tepuk jidat garuk meja. Belum topeng di kepala sedikit bikin puyeng karena tak biasa. Haha, ribet banget dahh…


Narsis di jalan panjang yang berliku, jalan lusuh yang berdebu, ea...


Perform

Di depan Koramil Sumowono

Penonton membludak

Yang kecil nggak mau kalah loh

Lavarrr

Senyum dong

Eaaa... eaaa... hokya hokya

CApek banget si topeng ireng leyeh leyeh dulu

Dua buto,  Mas Helmi dan Mas Tian, maaf ya Mas Herdi kucari dikau nggak nemu

Brondut nggak kalah cantiknya
 
Sesekali elpih...


Saat karnaval RT 02 RW 02 di urutan nomor 3. Sekitar jam 13.00 WIB sudah kelar. Kita makan bareng-bareng sambil meluruskan kaki. Karena kostumnya lumayan berat dengan krincing-krincing di kaki yang beratnya hadeh bikin tepuk jidat garuk meja. Belum topeng di kepala sedikit bikin puyeng karena tak biasa. Haha, ribet banget dahh…

Tapi etapinya, keren lho, setiap melangkah krincing-krincingnya itu bikin semangat. Belum kibasan topengnya yang menjulang bisa bikin samping kanan kiri kita mundur ke belakang. Yang pasti hepi dan bikin kerukunan warga tetap terjaga dengan baik.

Sampai rumah tepar kaki kram, yuhuuu. Karnaval yang cukup membuat kita makin saling mengenal satu sama lain. Guyubnya dapet, akrabnya dapet, hore-horenya dapet dan semoga bisa saling menjaga silaturahmi dengan baik. Gitu ya Sob, semog anggak bosan mampir di blogku ini. Salam semanis arum manis yang manis dari dakuw…

Baca juga:
Karnaval Sumowono 2016 
Karnaval Sumowono 2017 

8 komentar:

  1. Ya ampun mbak. Kostumnya bener bener mendebarkan ya. Kebayang panas,sumuknya hehe. Btw selamat udah sukses performnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, begitulah. Tapi menyenangkan. Setengah puyeng gitu mbak :) Karena belum pernah, jadi ya semangat terus makenya haha...

      Hapus
  2. hahahha, rupanya mbak ni yang foto di facebook. kirain siapa.
    kayaknya rame dan banyak objek foto yang bagus kalau ketempat mbak kemarin. acaranya seru pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mas, haha.. seru banget. Setahun sekali acaranya.

      Hapus
  3. Keren mba. kostumnya yang mba pake itu emg khas sana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mas. NGgak khas daerahku sih. Itu udah dikreasikan agak modern mas :)

      Hapus
  4. I will see and refer some information in your post. thank you.

    BalasHapus