Sabtu, 22 Juni 2019

Waspadai Penyebab Biang Keringat dari Sekarang

Waspadai Penyebab Biang Keringat dari Sekarang

Musim kemarau tidak lama lagi tiba, waspadalah dari gangguan biang keringat yang tidak hanya menimpabalita dan anak-anak saja, bahkan orang dewasa pun bisa terkena dampaknya. Karenanya, kenali penyebab biang keringat, tanda-tandanya dan yang terpenting lagi adalah pengobatannya.
penyebab biang keringat
Foto by womantalk.com


Biang keringat atau yang terkadang disebut dengan ruam panas atau miliaria adalah ruam kecil berwarnamerah berupa tonjolan kecil yang dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit dan menyebabkan sensasi perih yang menyengat.

Cuaca yang begitu panasdengan lingkungan bersuhu lembab mengenai kulit tubuh selama beberapa hari,dapat memunculkan biang keringat. Kemunculannya bisa dirasakan di sekujur tubuh, terutama pada bagian-bagian tertentu seperti wajah, juga leher, punggung dan dada, serta pada bagian paha.
Kemunculan ruam ini bisaberbeda-beda lokasinya antara apa yang dialami orang dewasa dengan apa yangdialami pada bayi. Pada umumnya bayi mengalami ruam panas pada daerah sekitar leher, bagian ketiak, juga pada lipatan-lipatan siku dan selangkangan. Adapun pada orang dewasa, biang keringat dominan muncul pada lipatan kulit yang bersentuhan dengan kain secara langsung.

Penyebab Biang Keringat
Biang keringat pada umumnya tidak memerlukan penanganan khusus, bukan pula sebuah kondisi yang mengharuskannya untuk pergi berobat ke dokter. Kecuali jika kondisi ruam pada kulit tampak semakin parah dan telah berlangsung cukup lama. Hal itu dapat ditandai dengan adanya gejala-gejala infeksi berikut:
- Disertai demam dan menggigil
- Bertambahnya rasa sakit pada ruam kulit
- Terjadi benjolan ruam disertai keluarnya nanah.
- Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening pada ketiak dan selangkangan.

Adapun penyebab biang keringat itu sendiri ialah disebabkan karena terjebaknya keringat di balik kulit yang menyebabkan keringat tidak dapat menguap akibat dari terhambatnya kelenjar keringat tubuh. Pada akhirnya, kulit pun mengalami peradangan hingga menimbulkan ruam.

Ada beberapa faktor yang dapat menghambat kelenjar keringat dalam tubuh, diantaranya:
- Faktor iklim. Iklim tropis yang cenderung bercuaca panas dan lembab sangat rentan untuk memunculkan biang keringat.
- Aktivitas berlebih. Pekerjaan yangmembutuhkan aktivitas ekstra atau olahraga berat yang menyebabkan keringat keluar secara berlebih sering kali menjadi penyebab terjadinya biang keringat.
- Kepanasan. Ketika seseorang menggunakan selimut yang terlalu tebal, atau memakai pakaian yang tebal misalkan, dapat memicu timbulnya biang keringat yang disebabkan oleh tertahannya keringat dalam kain.
- Belum berkembangnya kelenjar keringat. Kondisi ini umumnya terjadi pada bayi, dimana kelenjar keringat pada bayi masih belum berkembang sehingga dapat menimbulkan biang keringat pada kulit. Juga pemakaian kain yang panas dan tidak menyerap keringat dapat menyebabkan biang keringat pada bayi.
- Istirahat berlebih atau bed rest. Pasien yang diwajibkan untuk istirahat total (bed rest) dalamjangka waktu yang lama sangat berisiko mengalami biang keringat.

PENGOBATAN BIANG KERINGAT
Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwa biang keringat bukanlah sebuah kondisi dimana penderita harus mendapatkan perawatan khusus maupun tindakan medis. Namun ada baiknya jika biang keringat dapat diobati secepat mungkin dengan beberapa langkah berikut:
- Menghindari panas berlebih. Mengupayakan untuk menghindari tempat-tempat yang memiliki tingkat suhu panas yang berlebih, atau berteduh dari teriknya panas matahari dapat mengurangi ruam pada kulit. 
- Mengonsumsi obat antihistamin. Penggunaan obat ini untuk meredakan rasa gatal-gatal pada ruam kulit. Baca aturan pakai dan bila sakit tetap berlanjut, bisa Anda konsultasikan kepada dokter tentang apa yang Anda derita untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
- Menggunakan krim hidrokortison. Krim ini sangat efektif dalam mengatasi rasa gatal-gatal dan iritasi pada kulit. Hindari penggunaan krim ini pada area wajah dan terkena mata.
- Memakai losion calamine. Losion ini dapat digunakan untuk meredakan gatal pada kulit, perih dan iritasi.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan yang berkenaan dengan penyebab biang keringat dan langkah-langkah pengobatannya, semoga bermanfaat dan sehat selalu.

0 komentar:

Posting Komentar