Selasa, 28 Mei 2024

Tradisi Ngalong, Membantu Tetangga yang Punya Hajatan

Tradisi Ngalong, Membantu Tetangga yang Punya Hajatan

 

Ngalong identik dengan tidur terlalu malam atau begadang. Disebut ngalong karena mengikuti kebiasaan hewan kalong yang memang tidak tidur pada malah hari.

tradisi ngalong, jawa, pantura, pati


Namun, berbeda dengan tradisi ngalong yang akan aku bahas kali ini karena tidak ada hubungannya sama sekali dengan kalong.

Yuk, agar lebih jelas, kita ulik tentang tradisi unik yang berasaskan hidup gotong royong bermasyarakat ini.

Apa Itu Ngalong?

Ngalong, merupakan tradisi di Jawa Tengah area pantura khususnya Pati, Rembang dan sekitarnya bertujuan membantu tetangga yang punya hajatan. Hajatan yang dimaksud seperti sunatan, nikahan, ada yang meninggal, memperingati tujuh bulanan hingga syukuran kelahiran bayi.

tradisi ngalong, jawa, pantura, pati


Jadi, kalau ada orang punya hajatan, tetangga atau saudara dekat akan ngalong atau membantu di tempat orang yang punya gawe tersebut. Adapun maksud membantu dalam banyak hal mulai dari memasak, mencuci gelas piring kotor, menata tempat dan lain sebagainya.

Ngalong memang tidak tentu jamnya tergantung kesibukan masing-masing. Hanya saja, ada kalanya ngalong dari pagi hingga malam apabila memang benar-benar dibutuhkan. Meskipun kesannya hanya membantu, tetangga tetap harus meluangkan waktu dan tenaga semaksimal mungkin.

Memang, ngalong tidak diwajibkan, tapi jika ada orang yang punya hajatan dan tidak ikut ngalong, biasanya akan menjadi pertanyaan tetangga satu dengan yang lainnya. Kalau alasannya tidak jelas, bisa lho jadi bahan pembicaraan sesama orang yang ngalong.

Di luar itu semua, ngalong benar-benar membantu dengan ikhlas tanpa pamrih. Pada umumnya orang yang punya hajat setelah acara selesai akan memberikan semacam ucapan terima kasih berupa bingkisan makanan berat yaitu nasi lengkap dengan lauk pauknya. Pemberian dalam jumlah banyak dan cukup untuk makan sehari seluruh anggota keluarga.

Ngalong VS Rewang

Di daerahku sendiri meskipun masih masih wilayah Jawa Tengah, membantu tetangga yang punya hajat disebutnya bukan ngalong tetapi rewang.

Apa beda ngalong dengan rewang? Tidak ada bedanya sih, hanya beda istilah saja tergantung wilayah. Mau ngalong atau rewang pada intinya sama saja yaitu membantu orang yang sedang punya hajat.

Manfaat Ngalong

Banyak sekali manfaat ngalong yang bermuara pada asas gotong royong atau saling membantu. Salah satunya sebagai ajang sosialisasi dan kumpul untuk lebih dekat dengan tetangga.

tradisi ngalong, jawa, pantura, pati


Selain itu dari ngalong dapat banyak belajar hal baru. Khusus ibu-ibu biasanya penempatan di dapur alias masak memasak. Nah, ini kesempatan untuk tahu resep masakan ala daerah setempat sekaligus cara memasak dalam skala besar.

Adapun yang perlu dihindari adalah ‘ngomongin orang’. Karakter yang suka ngomong nggak beradab perlu diabaikan agar tidak ikutan menggibah. Meski berat, harus dihindari banget ini, ya.

Tradisi ngalong selalu memberikan banyak cerita dalam setiap kondisi berbeda. Ada pengalaman menarik saat ngalong, bisa tulis di komentar, ya, salam!


Baca juga:

Tradisi Saparan

Tradisi Nyadran

0 komentar:

Posting Komentar