Minggu, 23 Oktober 2016

Lomba Baca Puisi Tingkat SMP/SMA Dalam Rangka Festival Rawa Pening 2016



Lomba Baca Puisi Tingkat SMP/SMA
Dalam Rangka Festival Rawa Pening 2016

Penarawa, juri dan peserta lomba
Hai, Sob.

Membaca puisi memang susah-susah gampang. Aku ingat waktu dulu mendapat tugas baca UUD `45 saat upacara bendera. Lutut bisa gemetaran saking groginya. Untunglah, minggu-minggu berikutnya aku kejatah jadi pengibar bendera. Kalau ini sih rombongan bertiga, kepanikan dan ketegangan nggak begitu kental. Aman damai deh sampai lulus SMA, hehehe.

Aku jadi kagum saat lihat lomba puisi yang diadakan dalam rangka Festival Rawa Pening di lapangan Pangsar Ambarawa, Kab. Semarang, Jawa Tengah, 22 Oktober 2016. Lomba yang digawangi Penarawa (Penulis Ambarawa) ini merupakan urutan acara dalam Festival Rawa Pening yang dibuka sejak kemarin. Peserta lomba merupakan siswa-siswi SMP dan SMA wilayah Ambarawa. Keren banget!

Para peserta menunggu giliran perform

 Juri untuk lomba kali ini adalah pakar teater Salatiga, juga pembaca puisi yang mampu menghipnotis pemirsanya, Mas Daniel Godan. Bersama Ibu Amie Williams, seorang pecinta seni dan suka sekali langgam Jawa. Lomba dibagi dalam babak penyisihan dan babak final. Akan diambil 6 peserta terbaik, lalu diambil 3 terbaik untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3.
Dewan juri, Mas Daniel dan Bu Amie William

 Diantara semilir angin lapangan pangsar dan beberapa pengunjung yang mulai berdatangan, para peserta mulai membacakan puisinya. Perform mereka? Wow sangat! Kulihat dari awal sampai akhir, tak ada satupun yang grogi apalagi sampai lutut bergetar. Ada sih satu dua peserta tangannya gemetaran. Tapi bisa mereka tutupi dengan baik. 

Mas Agus Surawan, ketua Penarawa  membuka acara

Mas Daniel baca puisi, semua terhipnotis
Bu Sarwo Endah perform, suaranya menggelegar (Foto by: fb Sarwo Endah)

Juri sempat bingung menentukan 6 peserta yang akan maju babak final. Untunglah, melalui perdebatan yang alot, berhasil juga mengumumkan ke 6 peserta tersebut. Sebelum ke 6 peserta tampil kembali, dari Penarawa menampilkan beberapa anggotanya untuk membacakan beberapa puisi yang terdapat dalam buku Antologi Puisi Ambarawa Seribu Wajah. Diantaranya Arnold, Bu Sarwo Endah, juga Mas Agus Surawan.

Baca juga: BEDAH BUKU, KOPDAR PENARAWA DAN TIPS 

Kemudian, ke 6 peserta ini tampil lagi dengan memilih satu puisi diantara 2 puisi pilihan Mas Daniel. Dan, hasilnya? Mereka mampu membawakannya dengan sangat baik. Walaupun ada juga kata dan artikulasi yang belepotan, secara garis besar, mereka sudah mampu menuguhkan yang special buat para juri dan penonton.

Juri makin bingung menetukan 3 pemenang utama. Skornyapun beda tipis. Akhirnya, Mas Daniel mengumumkan ketiga pemenang yang terbaik. Berikut Ketiga pemenang lomba baca puisi tingkat SMP dalam angka Festival Rawa Pening:
1.    Adhi Danar Dono (SMPN 1 Ambarawa)
2.    Febri Sibarani (SMP Lentera Ambarawa)
3.    Nindia Kusuma (SMPN 1 Ambarawa)

Adhi Danar mantap sekali (foto by: fb Sarwo Endah)

Febri Sibarani, suaranya keren (Foto by: fb Sarwo Endah)

Nindia, lembut dan mantap (Foto by: fb Sarwo Endah)

  
Bagi yang belum menang, tetap semangat, ya.  Masing-masing pemenang nantinya akan mendapatkan piala, piagam dan buku Antologi Ambarawa Seribu Wajah dalam acara penutupan Festival Rawa Pening tanggal 30 Oktober yang akan datang.

Baca juga: 6 JURUS BIKIN JUDUL
Baca juga: 7 CARA MENGGALI IDE NULIS 

Para pemenang dan dewan juri (foto by: fb Sarwo Endah)
Narsis dulu hehehe...

Oh ya, selain kategori SMP, ada juga lomba cipta puisi untuk siswa SMA. Jurinya Mbak Seruni dari Solo dan Pak Joko dari Penarawa.

Murah banget kan Sob?

Stan Penarawa ramai oleh pengunjung

Arnold, Mbak Hany, Bunga, kita maksi dulu

Dipilih dan diborong, yuk

Rehat sejenak
 
Festival Rawa Pening ini berlangsung dari tanggal 21-30 Oktober 2016. Yang belum lihat masih ada waktu. Rugi lho kalau nggak ke sana. Banyak stan yang menyediakan berbagai kebutuhanmu, Sob. Ada sepatu, baju, tanaman hidroponik dan masih banyak lagi. Jangan lupa mampir stan Penarawa ya. Ada banyak buku-buku, kaos yang bisa dipilih, dibeli lalu dibawa pulang. Penasaran? Datang saja langsung ke Festival Rawa Pening.

Jadwal lengkap Festival Rawa Pening di Pangsar Ambarawa

           Tunggu apalagi? Yuk ah langsung ke Pangsar...


3 komentar:

  1. wow, komplet banget liputannya mbak, berasa hadir di kegiatan deh.... Wah, weekend yang sibuk tapi menyenangkan ya. jadi kangen masa-masa bu Tati jadi walikota Tanjungpinang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, walau rempong Mbak.
      Kenangan bersama Bu Tati bisa ditulis di blog juga tuh Mbak Cit :)

      Hapus
  2. waah... asyik banget ya ada acara seni seperti ini. sepertinya di kota saya blm ada deh, kalo ada pengen daftarin anak saya hihihi

    BalasHapus