Sabtu, 29 Oktober 2016

Nasi Jagung, Menu Sederhana yang Nikmat



Nasi Jagung, Menu Sederhana yang Nikmat

Hai, Sob.

Pernah makan nasi jagung? Yap, nasi yang terbuat dari jagung yang sudah digiling halus. Di pasar desaku, Sumowono, ada beberapa pejual nasi jagung. Rasanya, hampir sama satu sama lain. Yang bikin nggak sama hanya ubo rampenya.

Nasi jagung terbuat dari jagung yang sudah digiling. Supaya lebih mudah, biasanya orang langsung beli gerit. Sehingga mengurangi waktu memasak yang relatif lama.

Kemarin aku sempat beli nasi jagung langgananku. Jualnya di emperan pasar. Sebenarnya si ibu penjual punya los di dalam pasar, tapi kalau pagi, dia nongkrong dulu di emperan. Aku jadi heran.

“Kan lebih enak jual di los, Bu? Kalau di sini, hujan turun bisa kena air semua,” kataku heran.
“Iya, Mbak. Tapi di dalam masih sepi, jadi ya di sini, dulu,” jawab Ibu penjual sambil senyum.
“Oh,” jawabku sambil manggut-manggut.

Nggak penting juga ya percakapannya. Ya nggak apa, soalnya pasar memang habis dibongkar. Masih banyak penjual yang di emperan, mengenalkan ke para langganannya kalau pindah kios atau los. Pelanggan bingung juga kan kalau penjual kesayangannya hilang nggak tahu rimbanya?

Baca juga: Singkong Goreng Ala Ala 
Baca juga: Udang Lada Hitam Spesial 

Sambil nungguin si Ibu membungkus nasi jagung yang menggiurkan lidah itu. Aku sempat tanya-tanya, habis berapa tenggok sih dalam sehari? Ternyata lumayan lho, sampai 3 tenggok penuh dia bisa habis dalam sehari. Wah, moga makin laris, ye Bu.

Dah mupeng kehabisan nasi jagung. Ternyata si ibu penjual  masih menyimpan banyak di bawah meja hihihi
 
Teman makan nasi jagung ini adalah urap. Pada dasarnya aku memang suka makan sayuran, jadi urapnya sering kurang kalau beli hehehe. Ditambah bumbu urap biasa. Dari kelapa (agak muda, tapi bukan degan, ya) kasih cabai, bawang putih, kencur, gula jawa, garam, jadilah bumbu kelapa yang siap dinikmati bersama kluban-nya.

Selain itu ada ikan asin yang setia mendampingi. Ikan hanya digoreng biasa atau dikasih tepung, terserah. Sebungkus nasi jagung ini di sini hanya dihargai Rp.3000,-/bungkus. Dapatnya lumayanlah, bikin kenyang sampai sore kalau kita makannya siang. Di lain pejual, kadang masih ditambah dengan sayur gori (nangka). 

Penampakannya, nasi jagung, urap dan ikan asin

Oh ya, tahukah Sobat bahwa dalam jagung sendiri terdapat banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh? 80% kandungan dalam jagung adalah karbohidrat. Selain itu, terdapat vitamin A, B, fosfor, kalium, juga protein, lemak dan air. Banyak ya gizinya yang terntu saja sangat berguna bagi tubuh kita.

Baca juga: 7 Cara Mudah Tubuh Sehat Saat Sibuk

Saat Sobat bosan dengan nasi, lauk dan sayur di rumah, bisa lho sesekali makan nasi jagung ini. Rasanya hem… bikin Sobat makin ketagihan, deh.


15 komentar:

  1. Wah. Sudah lama tidak makan nasi jagung... bagaimana rasanya

    BalasHapus
  2. Belum pernah makan, tapi dari penampakan kelihatan enak bangeet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir sini Mbak Dewi, dijamin ketagihan deh :)

      Hapus
  3. Nasi jagung juka kesukaanku banget Mba.. Endesss! Kalau pulang wonosobo aku minta bikinin Ma'e :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw, sering bikin sendiri ibunya Mbak?

      Hapus
  4. waktu saja kecil dulu di daerah asalku, Banjarnegara bagian utara masih banyak nasi jagung dengan berbagai variasinya, sekarang punah....
    dan kalaupun ada yang jual di kota, rasa nya beda gak seperti yang pernah dulu aku rasakan, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Mas, mungkin dari jagungnya sendiri kebanyakan pestisida bisa.
      Atau ubo rampenya mas?
      Salam kenal Mas :) Makasih udah mampir...

      Hapus
  5. jadi kangen nasi jagung di ngaliyaann :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, rasanya tetep beda ya di lain tempat

      Hapus
  6. Ini makanan tradisional yang bisa saya pilang super top :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, menyahatkan Mas :)
      Stuju banget!

      Hapus
  7. di Serang gak ada yg jual nasi jagung mba :( pengen nyoba deh...

    BalasHapus
  8. Duhh pengen banget nihh mba wahyu...pengen ngerasain ihhh.. mbaa

    BalasHapus